Monday, 31 January 2011

Menikah ??? Siapa Takut...

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas baginda Rasulullah SAW.

Berawal dari sebuah pandangan, jantung ini berdegup kencang, berlanjut saling mengirimi salam. Bahkan terkadang saat mengaji-pun satir (pembatas untuk memisahkan jama'ah putra dari jama'ah putri) tidak menjadi halangan, kita sering lempar-lemparan gulungan kertas yang isinya sekedar " i lup u", atau kadang pake strategi pinjem meminjam buku untuk bertanya kabar dan menyampaikan sesuatu. Hahh...!! hare gene pake gulungan kertas, ga punya hape cinn ???. Heii nyong, emangnya saat mengaji boleh pake hape, emangnya bisa gunain hape seenak udele dewe !!! (he,,he,,, di tempat kami ngaji, hape dikumpulin tiap jam 9 malam, boleh diambil lagi sehabis ngaji ba'da subuh). Dunia mungkin tertawa melihat "pacaran ala santri" (kita menyebutnya dengan ta'aruf). Ketemuan hanya saat ada acara ro'an (kerja bakti) bersama, mau apel harus nunggu lebaran (beneran,,, kami hanya dikasih waktu 5 hari untuk mudik lebaran) itupun waktunya habis untuk meladeni pertanyaan-pertanyaan ayahnya,, hufth...

Heii,,, sudah curhatnya. Kini mari cari bersama apa sih tujuan nikah ?
Firman Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala, insyaallah kurang lebih artinya :
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS An-Nur : 30)
 
“Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; sebab puasa dapat menekan syahwatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5066 ; kitab an-Nikaah, Muslim, no. 1402). 

Yup,, tujuannya untuk menahan pandangan dan menjaga kemaluan. Menikah adalah fitrah manusia,  fitrah semua makhluq-Nya yang memang diciptakan saling berpasangan,  diciptakan untuk saling menumpahkan rasa sayang, untuk saling mengisi dalam suka dan duka. Firman-Nya insyaallah kurang lebih artinya :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS Ar Rum : 21)

Duhh,,, sungguh indah firman-Nya. "...Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." Maha Benar Engkau Yaa Allah, dengan segala firman-firman Mu.

Semoga bermanfa'at.

4 comments :

  1. Assalamu'alaikum...

    Manusia di ciptakan memang berpasang pasangan, dan itu merupakan salah satu bukti atas Kekuasaan Allah.

    Doaku semoga kamu di beri oleh Allah keselamatan di dunia ini dan keselamatan di akhirat kelak.

    Istrimu adalah cermin bagi dirimu. Kamu akan di hormati orang apabila istrimu pandai merawat cermin yang ada padanya.

    SALAM BAHAGIA

    ReplyDelete
  2. @ Mas Filar
    Wa'alaikum salam warohmatullah,,,,
    Makasih nasehat dan do'anya mas, amin, amin, amin.

    (beneran,,, sampeyan nih mirip kakak pertamaku. Beliau yg memotivasi sy selama ini baik masalah duniawi maupun ukhrowi. Beliaulah yg mendukung sy masuk pesantren, beliaulah yg ngajarin sy wiraswasta. Dari zero to hero, dari jualan kolor -cd- keliling, hingga sekarang beliau punya toko pakaian di pasar dan di rumah ndiri, alhamdulillah...)

    ReplyDelete
  3. @Samaranji

    Beruntunglah kamu punya kakak yang bisa memberikan motivasi.

    Saya juga punya kakak, hanya saja dia lebih mengedepankan masalah dunia.

    Terkadang kalau saya ngomong tentang akhirat ada rasa aneh dari sinar matanya. Tapi kalau sholat keknya dia nggak pernah tinggal.

    Sebenarnya dgn menulis di blog juga memberikan refresh memori di otak.

    Zaman mendekati kehancuran, perteguh iman di dada, Insya Allah saya juga begitu, Doain saya selalu memegang tali Allah Yang Maha Kuat.

    Di antara doa2 kaum muslimin akan ada mendapat respon yang cepat dari Allah. Selalulah berdoa kebaikan untuk kaum muslimin wahai saudaraku. Kita tidak tahu doa yang mana di kabulkan oleh Allah.

    Assalamu'alaikum....

    ReplyDelete
  4. @ Mas Filar
    Wa'alaikusalam warahmatullah,,,

    Indah nian kalimatnya,,, "Selalulah berdoa kebaikan untuk kaum muslimin wahai saudaraku. Kita tidak tahu doa yang mana di kabulkan oleh Allah."

    makasih mas...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...