Boleh Ga Sih Ziarah Qubur ?

SHARE:

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan atas Baginda RAsulullah Muhammad SAW.


Bingung juga menyikapi hal "Ziarah Qubur", apalagi ada sebagian dari umat Islam yang ga mempercayai adanya siksa kubur (adzab di alam barzakh). Ada juga yang masih dalam keraguan menyikapi siksa kubur, dan kini beliau -pemilik blog- sudah di alam qubur (semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan dosanya mendapat maghfiroh-Nya). Di satu sisi, sebagai umat Islam tentu kita punya kewajiban untuk saling mendo'akan dan disisi lain ada saudara kita yang terlalu lebay dalam berdo'a di tempat kubur.
Apakah Ziarah Qubur Infiltrasi Dari Agama Lain ?
Foto-foto berikut semoga menjadi bahan penilaian :










Adakah Perintah Berdo'a Di Tempat Kubur ?

A'udzubillahi minasy syaithoonirrojiim...
وَلاَ تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِّنْهُم مَّاتَ أَبَداً وَلاَ تَقُمْ عَلَىَ قَبْرِهِ إِنَّهُمْ كَفَرُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُواْ وَهُمْ فَاسِقُونَ   
Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendo'akan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik. (QS At Taubah, 9 : 84)

Yups,,, ayat diatas adalah larangan agar kita tidak menshalati jenazahnya dan "berdiri" (ditafsirkan sbg - berdo'a-) dikuburan mereka. Lalu siapa yang dimaksud "mereka" ?. Mari telusuri pada ayat sebelumnya...

QS. At Taubah, 9 : 81-83. Insyaallah kurang lebih artinya :

9.81. Orang-orang yang ditinggalkan (tidak ikut perang) itu, merasa gembira dengan tinggalnya mereka di belakang Rasulullah, dan mereka tidak suka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah dan mereka berkata: "Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini". Katakanlah: "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui.

9.82. Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan. 

 9.83. Maka jika Allah mengembalikanmu kepada suatu golongan dari mereka, kemudian mereka minta izin kepadamu untuk keluar (pergi berperang), maka Katakanlah: "Kamu tidak boleh keluar bersamaku selama-lamanya dan tidak boleh memerangi musuh bersamaku. Sesungguhnya kamu telah rela tidak pergi berperang kali yang pertama. Karena itu duduklah bersama orang-orang yang tidak ikut berperang".

Tafsir : insyaallah disini
Asbabun Nuzul : insyaallah disini

Apakah lafadz تَقُمْ (taqum) yang sebenarnya berasal dari akar kata qooma (berdiri) dapat diterjemahkan dengan "berdo'a" ?. Bagi kita yang awam masalah nahwu-sharaf,  mungkin ada baiknya kita telusuri padanan katanya dalam Al Qur'an Al Kariim (dapat di search engine dng kata kunci  تَقُمْ  di sini ), yup,,, insyaallah kita menemukan kata tersebut terdapat juga dalam QS At-Taubah, 9 :108), malahan diterjemahkan sebagai "bersembahyang" (?).. A'udzubillahi minasy syaithoonirrojiim...

لاَ تَقُمْ فِيهِ أَبَداً لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُواْ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguh-nya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih. (QS. At-Taubah, 9 : 108)



Kesimpulan :
  1. Adanya larangan menshalati jenazah dan berdiri (berdo'a) di kuburan orang2 yang enggan berjihad jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. (untuk makna "jihad" di masa sekarang, mari kembalikan pada fatwa para 'ulama).
  2. Jika point ke-1 adalah larangan yang diberlakukan bagi "mereka", masihkah berupa larangan bagi yang tergolong "bukan mereka" ?
  3. Jika ada sebagian umat Islam yang melarang berdiri (berdo'a) di kuburan saudara umat Islam lain, bukankah berarti dia menganggap/ menuduh saudara sendiri masuk dalam kategori yg disebut dalam QS At-Taubah, 9 : 81-84 tsb. (mungkin, kondisi inilah yang diharapkan oleh para musuh Islam yakni umat Islam mudah mengkafirkan saudara Islam sendiri)
Namun bagi saya, saudara islam lain yang mengkritisi "ziarah qubur" patut kita dengarkan. Kita tentu setuju, bahwa akan selalu ada penyimpangan sekecil apapun ketika kita sudah berusaha untuk benar-benar menjadi umat Islam yang kaffah.


Selebihnya, mari senantiasa berdo'a untuk memohon perlindungan dari kesesatan. A'udzubillahi minasy syaithonirrojiim, Bismillahirrahmaanirrahiim.


رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ
(Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". (QS Ali Imran, 3:8)

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfa'at.

COMMENTS

BLOGGER: 20
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Boleh Ga Sih Ziarah Qubur ?
Boleh Ga Sih Ziarah Qubur ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8IMdYkjy7BHneoEchoFfHCAlaN1iQEnrZ2-XcOwVOOc-cenbZ3HRM5yg4yMF7y1cCQrESbiSUXyA3kWC4dZf4-bC5RVtM701ki3zhCgSmO16p6R2BtK4wQuwNgxV-HUNGuW-wJS0eDkY/s320/ziarah-kubur.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8IMdYkjy7BHneoEchoFfHCAlaN1iQEnrZ2-XcOwVOOc-cenbZ3HRM5yg4yMF7y1cCQrESbiSUXyA3kWC4dZf4-bC5RVtM701ki3zhCgSmO16p6R2BtK4wQuwNgxV-HUNGuW-wJS0eDkY/s72-c/ziarah-kubur.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/03/boleh-ga-sih-ziarah-qubur.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/03/boleh-ga-sih-ziarah-qubur.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy