Sufisme, Fisika Quantum, Dan Apa Hubungannya ?

SHARE:

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala, sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

Sebagai usaha untuk memahami hubungan dari keduanya, saya hanya copas artikel aja. Dan saya berharap postingan berikut ada manfa'atnya. 

Ada kesejajaran dalam Sufisme dan dalam teori kuantum. Pandangan fisikawan modern saat ini sangat mirip dengan pandangan yang diselenggarakan oleh para Sufi. Berbeda dengan pandangan dunia mekanistik dari Barat, untuk para sufi segala hal dan peristiwa dirasakan oleh indera saling berhubungan, terhubung, namun disebabkan aspek-aspek yang berbeda atau manifestasi dari realitas akhir yang sama. Bagi para sufi "Pencerahan" adalah sebuah pengalaman untuk menjadi sadar akan persatuan dan saling keterkaitan segala sesuatu, untuk melampaui gagasan dari terisolasi diri individu, dan mengidentifikasi diri dengan realitas terakhir.

Ilmu pasti dinyatakan dalam bahasa yang sangat canggih matematika modern, sedangkan Tasawwuf didasarkan pada meditasi dan bersikeras pada kenyataan bahwa wawasan Sufi 'tidak dapat dikomunikasikan secara verbal. Realitas seperti yang dialami oleh para Sufi benar-benar menentu dan tidak dibedakan. Sufi tidak pernah melihat kecerdasan sebagai sumber pengetahuan mereka, tetapi menggunakannya hanya untuk menganalisis dan menafsirkan pengalaman Tasawwuf pribadi mereka. Sejajar antara percobaan ilmiah dan pengalaman Tasawwuf mungkin tampak mengejutkan mengingat sifat sangat berbeda dari tindakan pengamatan. Fisikawan melakukan eksperimen yang melibatkan kerjasama rumit dan teknologi yang sangat canggih, sedangkan kaum sufi mendapatkan pengetahuan mereka murni melalui introspeksi, tanpa mesin apapun, dalam privasi meditasi atau berzikir. Untuk mengulangi percobaan di modern satu partikel dasar fisika telah menjalani bertahun-tahun pelatihan. Demikian pula, pengalaman Tasawwuf mendalam membutuhkan, secara umum, bertahun-tahun pelatihan di bawah seorang guru yang berpengalaman. Kompleksitas dan efisiensi aparat teknis fisikawan adalah cocok, jika tidak melebihi, dengan bahwa dari kesadaran mistik itu-baik fisik maupun spiritual-di Dzikir dalam. Jadi para ilmuwan dan para sufi telah mengembangkan metode yang sangat canggih mengamati alam yang tidak dapat diakses orang awam.

Dzikir

Tujuan dasar dari Dzikir adalah untuk membungkam pemikiran dan untuk mengalihkan kesadaran dari rasional ke modus intuitif kesadaran. Silencing dari pikiran dicapai dengan memusatkan perhatian seseorang pada satu item, seperti bernapas seseorang, suara Allah atau La ilaha illallah. Bahkan Salat performing dianggap sebagai Dzikir untuk membungkam pikiran rasional. Jadi Salat mengarah pada perasaan damai dan ketenangan yang merupakan karakteristik dari bentuk yang lebih statis Dhikr. Keterampilan ini digunakan untuk mengembangkan mode meditatif kesadaran. Dalam Dzikir, pikiran dikosongkan dari semua pikiran dan konsep-konsep dan dengan demikian siap berfungsi untuk jangka panjang melalui modus intuitif. Ketika pikiran rasional adalah dibungkam, modus intuitif menghasilkan kesadaran luar biasa; lingkungan berpengalaman secara langsung tanpa filter pemikiran konseptual. Pengalaman dari kesatuan dengan lingkungan sekitarnya merupakan ciri utama dari keadaan meditasi. Ini adalah keadaan kesadaran di mana setiap bentuk fragmentasi telah berhenti, memudar ke dalam kesatuan dibedakan.

Insight Menjadi Kenyataan 

Sufisme didasarkan pada wawasan langsung ke sifat realitas, dan fisika didasarkan pada pengamatan fenomena alam dalam percobaan ilmiah. Dalam fisika model dan teori adalah perkiraan dan merupakan dasar untuk penelitian ilmiah modern. Dengan demikian pepatah Einstein, "Sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak pasti;. Sejauh mereka pasti, mereka tidak menunjukkan realitas" Setiap kali sifat penting dari hal ini dianalisis dengan akal, harus tampak absurd atau paradoks. Ini selalu diakui oleh para Sufi, namun telah menjadi masalah dalam ilmu hanya sangat baru-baru ini, misalnya Cahaya sebagai gelombang atau foton atau dualitas cahaya. Great berbagai fenomena alam milik lingkungan makroskopik para ilmuwan 'dan dengan demikian untuk bidang pengalaman indrawi mereka. Karena gambar dan konsep intelektual bahasa mereka disarikan dari pengalaman yang sangat, mereka cukup dan memadai untuk menggambarkan fenomena alam. Namun dunia atom dan sub-atomik itu sendiri terletak di luar persepsi indera kita. Pengetahuan tentang masalah pada tingkat ini tidak lagi berasal dari pengalaman sensorik langsung, dan karenanya bahasa biasa kita, yang gambar dari dunia indera, tidak lagi cukup untuk menggambarkan fenomena yang diamati. Seperti yang kita menembus lebih dalam dan lebih ke alam, kita harus meninggalkan lebih dan lebih banyak gambar dan konsep bahasa biasa. Probing di dalam atom dan menyelidiki struktur, sains melampaui batas imajinasi indera kita. Dari titik ini, hal itu tidak bisa lagi mengandalkan dengan kepastian yang mutlak pada logika dan akal sehat. Fisika kuantum memberikan ilmuwan dengan sekilas pertama dari sifat penting dari hal. Seperti para Sufi, fisikawan sekarang berhadapan dengan pengalaman nonindrawi realitas dan, seperti kaum sufi, mereka harus menghadapi aspek paradoks dari pengalaman ini. Sejak saat itu, model, dan gambar fisika modern menjadi mirip dengan orang-orang Tasawwuf para sufi.

Komunikasi Masalah.

Para ilmuwan menyadari bahwa bahasa yang umum kita tidak hanya tidak akurat, tapi benar-benar tidak memadai untuk menggambarkan realitas atom dan subatom. Dengan munculnya mekanika Relativitas dan Quantum dalam fisika modern itu sangat jelas bahwa pengetahuan baru ini melampaui logika klasik dan bahwa hal itu tidak dapat digambarkan dalam bahasa biasa. Demikian pula di Tasawwuf itu selalu menyadari bahwa realitas melampaui bahasa biasa dan para sufi tidak takut untuk melampaui konsep logika dan umum. Masalah bahasa yang dihadapi oleh para sufi adalah persis sama dengan masalah fisika modern menghadapi. Baik fisikawan dan sufi ingin berkomunikasi pengetahuan mereka, dan ketika mereka melakukannya dengan kata-kata pernyataan mereka paradoks dan penuh dengan kontradiksi logis. Paradoks ini merupakan karakteristik dari semua yang mempraktikkan Tasawwuf dan sejak awal abad ke-20 mereka juga karakteristik fisika modern.

Dualitas Light

Dalam Fisika Quantum, banyak situasi paradoks yang terhubung dengan sifat ganda cahaya atau - lebih umum - radiasi elektromagnetik. Cahaya menghasilkan fenomena gangguan, yang berhubungan dengan gelombang cahaya. Hal ini terlihat ketika dua sumber cahaya yang digunakan menghasilkan pola terang dan redup cahaya. Di sisi lain, radiasi elektromagnetik juga menghasilkan "fotoelektrik" efek: bila panjang gelombang cahaya pendek seperti sinar ultraviolet atau sinar-X atau sinar gamma strike permukaan beberapa logam, mereka bisa "knock off" elektron dari permukaan logam, dan karena itu harus terdiri dari partikel bergerak. Pertanyaan yang bingung fisikawan begitu banyak pada tahap awal adalah bagaimana teori kuantum radiasi elektromagnetik secara simultan dapat terdiri dari partikel (yaitu entitas terbatas pada volume yang sangat kecil) dan gelombang, yang tersebar di area yang luas dalam ruang. Baik bahasa maupun imajinasi bisa menghadapi realitas semacam ini sangat baik. Sufisme telah mengembangkan beberapa cara berbeda untuk menangani aspek-aspek paradoks realitas. Karya Attar, Hafiz, Ibnu Arabi, Rumi, Bustami, menunjukkan dll mereka penuh dengan kontradiksi menarik dan bahasa mereka kompak, kuat, dan sangat puitis dimaksudkan untuk menangkap pikiran pembaca dan membuangnya dari trek akrab penalaran logis. Heisenberg bertanya Bohr: Dapatkah alam mungkin begitu absurd seperti yang terlihat kepada kita dalam percobaan ini atom?

Setiap kali sifat penting dari hal-hal yang dianalisis dengan akal, harus tampak absurd atau paradoks. Ini selalu diakui oleh para Sufi, namun telah menjadi masalah dalam ilmu pengetahuan di abad 20. Dunia makroskopik adalah dalam bidang pengalaman indrawi kita. Melalui pengalaman indrawi yang bisa menggambar gambar, konsep-konsep intelektual dan menyatakan mereka dalam bahasa. Bahasa ini sudah cukup dan memadai untuk menggambarkan fenomena alam. Model mekanistik Newton alam semesta yang dijelaskan dunia makroskopik. Pada abad ke-20 keberadaan atom dan partikel subatom atau "blok bangunan" akhir dari alam eksperimental diverifikasi. Dunia atom dan sub-atomik itu sendiri terletak di luar persepsi indera kita. Pengetahuan tentang masalah pada tingkat ini tidak lagi berasal dari pengalaman sensorik langsung, dan karenanya bahasa biasa kita, yang mengambil gambar dari dunia indera, tidak lagi cukup untuk menggambarkan fenomena yang diamati. Seperti yang kita menembus lebih dalam dan lebih ke alam, kita harus meninggalkan lebih dan lebih banyak gambar dan konsep bahasa biasa. Dari titik ini, hal itu tidak bisa lagi mengandalkan dengan kepastian yang mutlak pada logika dan akal sehat. Fisika kuantum memberikan para ilmuwan dengan yang pertama kali melihat sifat penting dari hal. Seperti para Sufi para ahli fisika sekarang berhadapan dengan pengalaman nonindrawi realitas dan, seperti kaum sufi, mereka harus menghadapi aspek paradoks dari pengalaman ini.

Fisika Modern

Menurut Sufi, pengalaman mistik langsung realitas adalah peristiwa penting, yang getar dasar-dasar pandangan dunia seseorang, yang adalah peristiwa yang paling mengejutkan yang pernah bisa terjadi di alam kesadaran manusia (as-Shuhud). Mengganggu setiap bentuk pengalaman standar. Beberapa sufi menggambarkan sebagai "bagian bawah ember menerobos."

Fisikawan di bagian awal abad ke-20 merasakan banyak cara yang sama ketika dasar-pandangan dunia mereka terguncang oleh pengalaman baru dari realitas atom, dan mereka menggambarkan pengalaman dalam istilah yang sering sangat mirip dengan yang digunakan oleh Sufi. Jadi Heisenberg menulis: "... perkembangan terakhir di fisika modern hanya dapat dipahami ketika seseorang menyadari bahwa di sini dasar-dasar fisika sudah mulai bergerak, dan bahwa gerakan ini telah menyebabkan perasaan bahwa tanah akan dipotong dari ilmu pengetahuan." Penemuan modern fisika mengharuskan perubahan mendasar dari konsep-konsep seperti ruang, waktu, materi, menyebabkan objek, dan efek, dll, dan konsep-konsep ini begitu mendasar untuk cara kita mengalami dunia, bahwa ahli fisika yang dipaksa untuk mengubah mereka merasakan sesuatu yang mengejutkan . Dari perubahan ini dunia baru dan sangat berbeda-view lahir yang masih dalam proses pembentukan. Teori Quantum menyiratkan keterkaitan esensial dari alam. Teori kuantum memaksa kita untuk melihat alam semesta bukan sebagai koleksi benda-benda fisik, tetapi lebih sebagai web rumit hubungan antara berbagai bagian dari suatu kesatuan yang utuh. Ini adalah cara para Sufi telah mengalami dunia.

Ruang - Waktu

Para Sufi tampaknya mampu mencapai negara nonordinary kesadaran (Shuhud) di mana mereka melampaui dunia tiga dimensi dari kehidupan sehari-hari mengalami realitas, lebih tinggi multidimensi. Dalam fisika relativistik jika seseorang dapat memvisualisasikan realitas ruang-waktu empat-dimensi, akan ada apa-apa paradoks sama sekali. Para sufi memiliki pengertian tentang ruang dan waktu, yang sangat mirip dengan yang tersirat oleh teori relativitas. Dalam Tasawwuf, tampaknya ada intuisi yang kuat untuk karakter "ruang-waktu" realitas. Para Sufi telah mengalami keadaan disolusi lengkap (Fana) di mana tidak ada perbedaan lagi antara pikiran dan tubuh, subyek dan obyek. Dalam keadaan pengalaman murni, tidak ada ruang tanpa waktu, tidak ada waktu tanpa spasi, mereka saling meresap. Untuk fisikawan gagasan ruang-waktu didasarkan pada percobaan ilmiah sedangkan untuk Sufi itu didasarkan pada Tasawwuf. Model relativistik dan teori-teori fisika modern adalah ilustrasi dari dua elemen dasar dari Tasawwuf-pandangan dunia Tahwid-dari alam semesta dan sifatnya intrinsik dinamis. Ruang yang melengkung ke derajat yang berbeda, dan arus waktu di tingkat yang berbeda di berbagai bagian alam semesta. pengertian kami ruang Euclidean tiga dimensi dan aliran linier waktu terbatas untuk mengalami biasa kita tentang dunia fisik dan harus sepenuhnya ditinggalkan ketika kita memperluas pengalaman ini. Para Sufi berbicara tentang perpanjangan dari pengalaman mereka di negara-negara dunia kesadaran yang lebih tinggi, dan mereka menegaskan bahwa negara-negara ini melibatkan pengalaman yang sangat berbeda ruang dan waktu. Mereka menekankan bahwa mereka tidak hanya melampaui ruang tiga-dimensi biasa dalam meditasi, tetapi juga - dan bahkan lebih kuat-bahwa kesadaran biasa waktu adalah melampaui. Alih-alih suksesi linear instants, mereka mengalami yang hadir tak terbatas, abadi, namun dinamis. Dalam dunia spiritual tidak ada pembagian waktu seperti masa lalu, sekarang dan masa depan, karena mereka telah mengontrak diri menjadi momen tunggal masa kini di mana kehidupan quivers dalam arti sebenarnya.

Kesetaraan Massa - Energi

Einstein menunjukkan massa-energi kesetaraan, melalui persamaan matematika sederhana, * E = mc 2. Fisikawan mengukur massa partikel dalam unit energi yang sesuai. Massa tidak lain hanyalah suatu bentuk energi. Penemuan ini telah memaksa kami untuk mengubah konsep kita tentang partikel dalam cara yang esensial. Oleh karena itu partikel dianggap sebagai "Quanta" atau kumpulan energi. Jadi partikel tidak dilihat sebagai terdiri dari berbagai dasar "hal." Tetapi energi dikaitkan dengan aktivitas, dengan proses, yang berarti bahwa sifat partikel subatom secara intrinsik dinamis dan mereka adalah bentuk dalam entitas empat-dimensi dalam ruang-waktu. Oleh karena itu partikel subatomik memiliki aspek ruang dan aspek waktu. aspek ruang mereka membuat mereka muncul sebagai objek dengan massa tertentu, waktu aspek mereka sebagai proses yang melibatkan energi setara. Ketika partikel subatomik yang diamati, kita tidak pernah melihat mereka sebagai zat, tetapi apa yang kita amati pola ini terus berubah dari satu ke yang lain atau tari berkesinambungan energi. Partikel dari dunia sub-atomik tidak hanya aktif dalam arti bergerak sangat cepat, mereka sendiri adalah proses. Keberadaan materi dan kegiatannya tidak dapat dipisahkan. Mereka namun aspek yang berbeda dari realitas ruang-waktu yang sama.

Kaum sufi, di negara-negara nonordinary mereka kesadaran, tampaknya menyadari interpenetrasi ruang dan waktu pada tingkat makroskopik. Jadi mereka melihat dunia makroskopik dengan cara yang sangat mirip dengan ide fisikawan 'partikel subatom. Untuk para Sufi "segala sesuatu diperparah tidak kekal" - fanah. Realitas yang mendasari semua fenomena berada di luar segala bentuk dan menentang semua deskripsi dan spesifikasi, maka menjadi tak berbentuk, kosong atau berlaku. Untuk kaum sufi semua fenomena di dunia tidak lain hanyalah manifestasi ilusif dari pikiran dan memiliki realitas sendiri.

Kesimpulan

Teori-teori pokok dan model fisika modern menyebabkan pandangan dunia, yang secara internal konsisten, dan selaras sempurna dengan pandangan Tasawwuf. Pentingnya kesejajaran antara pandangan dunia fisikawan dan sufi adalah tanpa keraguan. Keduanya muncul ketika orang bertanya ke dalam sifat penting dari hal-ke alam yang lebih dalam dari materi dalam fisika, ke alam yang lebih dalam dari kesadaran dalam Tasawwuf-ketika ia menemukan sebuah realitas yang berbeda di balik penampilan duniawi dangkal kehidupan sehari-hari. Fisikawan mendapatkan pengetahuan mereka dari percobaan sedangkan sufi dari wawasan meditasi. Terlihat Sufi dalam dan mengeksplorasi kesadaran nya pada berbagai tingkatan. Pengalaman dari tubuh seseorang, pada kenyataannya, sering dianggap sebagai kunci untuk pengalaman Tasawwuf dunia. Kesamaan lain antara fisikawan dan sufi adalah kenyataan bahwa observasi mereka terjadi di alam, yang tidak dapat diakses oleh indra biasa. Untuk fisikawan alam dunia atom dan sub-atomik, dalam Tasawwuf mereka adalah negara nonordinary kesadaran di mana dunia akal adalah melampaui. Baik bagi fisikawan dan sufi, pengalaman multidimensi melampaui dunia indrawi dan karenanya hampir tidak mungkin untuk mengungkapkan dalam bahasa biasa.

Quantum Fisika dan Tasawwuf adalah dua manifestasi komplementer dari pikiran manusia; fakultas yang rasional dan intuitif. Fisikawan modern pengalaman dunia melalui spesialisasi ekstrim dari pikiran rasional, para sufi melalui spesialisasi ekstrem dari pikiran intuitif. Keduanya diperlukan untuk pemahaman yang lebih lengkap dari dunia. Tasawwuf pengalaman diperlukan untuk memahami sifat terdalam dari hal-hal dan ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan modern. Oleh karena itu kita memerlukan interaksi dinamis antara intuisi Tasawwuf dan analisis ilmiah.

Sumber : http://science-islam.net/article.php3?id_article=793&lang=en

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Sufisme, Fisika Quantum, Dan Apa Hubungannya ?
Sufisme, Fisika Quantum, Dan Apa Hubungannya ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp6cn93BaH5XAVGmkL2DnPZAs6iIYmDpKHWnSj8jMNOg1juijcBB0s9SdACyHSx5IBwEMZBSmIruGBLCHm_TQi3iKFIFtuJvtpYiplnWEIOFToQ8ZvG3PRlRoBTdcXlnW8JuQsziZ5pH4/s320/quantum+sufi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp6cn93BaH5XAVGmkL2DnPZAs6iIYmDpKHWnSj8jMNOg1juijcBB0s9SdACyHSx5IBwEMZBSmIruGBLCHm_TQi3iKFIFtuJvtpYiplnWEIOFToQ8ZvG3PRlRoBTdcXlnW8JuQsziZ5pH4/s72-c/quantum+sufi.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/04/sufisme-fisika-quantum-dan-apa.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/04/sufisme-fisika-quantum-dan-apa.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy