Wednesday, 16 November 2011

Jangan Terkecoh, Kawan !

أبانا الذي في السموات . ليتقدس اسمك. ليأت ملكوتك. لتكن مشيئتك على الأرض كما في السماء. يعطينا هذا اليوم لتذوق الطعام. كما يمكنك أيضا يغفر لنا الذين ظلموا وتؤدي بنا الا الى اغراء. لكن نجنا من الشرير. لأن صاحب انت من المملكة والقوة والمجد إلى أبد . امين

“Abaana alladzi fis samawati. Li yataqaddas ismuka. Li ya’ti malakutuka. Li yakum nasyi’atuka kadzalika ‘alal ardhi kama fis sama’. Khubzana kafafana a’thinal yauma. Waghfirlana dzunubana, kama naghfirnahum aidhon. Lakin najjina minasy syariri. Lainna lakal mulk. wal quwawal majdu ilal abad.
Amien”


Mungkin dari kita berpikir kalimat di atas adalah potongan ayat Al-Qur’an  atau kalimat dalam hadits. Ternyata kalimat diatas adalah doa baku dari agama Kristen, yang jika diterjemahkan :

“Bapak kami yang di langit (surga). Dikuduskanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga. Berikanlah kami pada hari ini makanan yang secukupnya. Seperti kamu juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan Kemuliaan sampai selama-lamanya). Amien.”

Nah loh....Bagi kita yang gak mudheng babar-blas bahasa Arab, jika kalimat diatas dijadikan kaligrafi, kita mungkin bangga memajang kaligrafi ini. Disini terlihat jelas betapa amat sangat kreatifnya penulis dan penerbit. Yang bodoh kita. Mereka tahu kita orang Islam tapi orang Islam yang babar pisan tidak tahu baca dan tulis Arab, tahunya ya cuman segala sesuatu yang berbau Arab itu Islam, semua yang berjenggot itu Islam, semua yang bercadar itu Islam. Tidak semua orang Arab beragama Islam, kawan. Orang Arab Lebanon, Mesir, Suriah banyak yang beragama Yahudi dan Nashrani tapi tetap menggunakan bahasa Arab dalam keseharian, kitab2 Injil dan Talmud mereka juga berbahasa Arab. Mereka menyebut "Tuhan" dengan panggilan "Allah", jadi menurut mereka kata "Allah" hanyalah bahasa Arab dari kata "God".

So, jangan terkecoh kawan. Jangan belajar Islam secara instan. Jangan sepotong2, mulailah dari alif-ba-ta, jadilah Islam yang kaffah. Semoga kita senantiasa mendapat taufiq dan hidayah.

Semoga bermanfa'at.

20 comments :

  1. Wah,... sy kesindir.. cuma punya ilmu sepotong sepotong -__-a

    ReplyDelete
  2. dari frasa أبانا الذي في السموات sudah aneh sekali. ya, banyak sekali yang sekarang begitu, ada juga yang menyatakan bahwa "Jihad" sudah dikenal pada masa Kristen awal. jadi ada "Jihad" juga dalam Kristen. Eh, dodo eh.

    ReplyDelete
  3. sama kyk aku sob, msh sepotong-spotong...
    namanya jg belajar kan sob?

    ReplyDelete
  4. aku jadi malu cause ampe saat ini masih belum bisa baca al'quran :(

    ReplyDelete
  5. @ OutbounMalang : Thank's...salamkenal juga.

    @ Mis 'U : Syukurlah... he,,he,, enggak nggak. Yang penting pengamalannya ga sepotong2, kan ?. Mbak tentu masih ingat konsep "uthlubul 'ilmi minal mahdi ilal lahdi" ,kan... menuntut 'ilmu dari ayunan hingga liang lahad... Sungguh luar biasa konsep ini dalam Islam.

    @ KAng USup : Yeahh,,, begitulah. Kalo kita cuman baca transliterasinya aja. Bisa2 "aladzina" dibaca alad-zina (alat zina)...

    @ Penghuni 60 : saya juga masih seupil... Belajar bareng ya Sob. Apa yg kuketahui belum tentu kau ketahui, dan apa yg kau ketahui belum tentu kuketahui.... Yuk berbagiii...

    @ Jurnal Rachmat : Belum bisa apa belum mauu ? hayoo...

    ReplyDelete
  6. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back
    Happy blogging and selalu berkunjung

    ReplyDelete
  7. @ anime lover : Tentu, kawan... Thank's.

    ReplyDelete
  8. hahay.. ngakak ana bacanya....

    siip siip suatu pencerahan yang baru..

    tkyu friends

    ReplyDelete
  9. masyaallah sob,,saya kok jd minder nih,, bahasa arab sy masih minim banget,,oh ya salam kenal y ,,izin follow

    ReplyDelete
  10. @ Nurmanto : Thx juga, kunjungannya...

    @ Alkahfi : Wedheww,,, sy salah satu penggemarmu koq Mas. Bahasa Arab gak penting yang plg penting "bahasa Al Qur'an". Izin follow ? sangat dipersilahkan, suatu kehormatan malah....

    ReplyDelete
  11. wah... makasih infonya sobs.... saya baru ngeh nih... akan lebih berhati-hati nantinya... trims yach..

    ReplyDelete
  12. Astaghfirullah.. semoga kita semua lebih hati-hati mulai hari ini. Terima kasih sudah berbagi ^___^

    ReplyDelete
  13. @ Alaika abdullah : Ehh.. Embak Julia Robert lagi... Iya Mbak, jangan sungkan2 pula utk mengingatkan sy ketika lalai iiaaa...

    @ Della : Eh...personel Cherli Belle datang ke sini... ;D. Sama2 Bubilll...

    ReplyDelete
  14. Hush.. Cherry Belle-nya jangan dibawa-bawa, atuh :D

    ReplyDelete
  15. Beberapa orang dari kalangan muslim menuduh bahwa hal semacam ini adalah salah satu siasat para misionaris dalam menjalankan proses kristenisasi. Saya tidak setuju. Ada banyak penduduk di negara2 timur tengah yg beragama kristen, dan menggunakan bahasa arab sebagai bahasa resmi, dan saya rasa mungkin doa di atas hanyalah salah satu bentuk doa yg biasa mereka panjatkan, tanpa ada niatan lain. Namun sekali lagi, banyak orang yg mengkait-kaitkan hal semacam ini dengan kristenisasi terstruktur. Saya rasa itu adalah bentuk demonisasi beberapa oknum dari pihak muslim terhadap kekristenan. Mengingat anda mencantumkan posting ini dalam tag konspirasi, saya berasumsi bahwa anda juga memiliki pendapat yg sama(atau tidak?). Namun saya menghargai upaya anda untuk memisahkan agama islam dari tradisi dan budaya arab, bahwa islam adalah agama yg seharusnya berdiri sendiri dan melepaskan keidetikannya dengan budaya arab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tanggapi dalam postingan ::DI SINI::. Makasih.

      Delete
  16. saya copas ya kang gambar dan link-nya :)

    ReplyDelete
  17. to all islam..!!

    AL FATIHA adalah doa penyembahan harian Yahudi dan Kristen
    AL FATIHA dalam bahasa Arab atau Tefilla Happatha dalam bahasa Ibrani dikenal sebagai suatu doa untuk penyembahan harian. Ini sudah dilaksanakan oleh orang-orang Yahudi diteruskan oleh orang-orang Kristiani, bahkan didoakan oleh orang-orang Islam

    Beshem Eloah Harakhman HarakhimimHodu la-YHWH Rabun Ha‘olamimHarakhman Harakhimin, Melekh Yom HaddinElekha na‘bod Adonai le’orekh yamimNeheni be’orakh mishor lehayyimLalekheth be’orakh hatstsadiqqimLo halakh be‘etsath risha‘im welo hassagimAmen
    (Tefilla Happatha, Christian Prayer dalam Bahasa Ibrani)

    bismillâh ir-rahmân ir-rahîmal-hamdulillâhi rabb il-âlamînar-rahmân ir-rahîmmâliki yawm id-dîniyyâka na`budu wa iyyâka nasta`înihdinâ s-sirât al-mustaqîmsirât al-ladhîna an`amta `alayhim ghayr il-maghdûbi `alayhim wa la d-dâlîn Amin
    (Dalam bahasa Arab, berdoa bersama dengan Al Fatiha dari saudara kita kaum Muslimin)

    ReplyDelete
  18. Dlm teks religius dari jaman Sufyani (661-684 AD) ada sebuah kepercayaan monotheistic TETAPI TIDAK ADA RUJUKAN KPD MUHAMAD! Namanya hanya muncul setelah 690 AD. Tulisan Muhammad Rasulullah tampil pertama kali dlm uang keping Arab-Sassania dari th 690 AD, di Damascus. Lebih penting lagi, ketiga unsur kepercayaan kpd Tauhid, Muhamad Rasulullah dan rasul Allah wa-’abduhu (sifat kemanusiaan Yesus) ditemukan dlm tulisan ‘Abd al-Malik dlm the Dome of the Rock, tertgl 691 AD. Sebelum masa itu, prinsip-prinsip kepercayaan Muslim tidak dapat dipastikan.
    Jadi selama 60 tahun penuh setelah kematian Muhamad, kalimat syahadat Arab TIDAK MENCAKUP MUHAMAD. Tetapi sebuah prinsip kepercayaan monotheis yg mengembangkan konsep Judaeo-Kristen dlm gaya literature khusus. Saat syahadat dgn nama Muhammad diberlakukan selama periode Marwanid (setelah 684 AD) tiba-tiba bentuk deklarasi itulah yg tampil sbg satu-satunya bentuk dlm dokumen-dokumen formal. Jadi peningkatan status Muhammad sbg nabi universal hanya terjadi pada akhir abad ke 7, lama setelah kematiannya!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...