Kamis, 10 Februari 2011

Al Qur'an Al Kariim : Baca, Analisa, Amalkan

18 komentar
Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala. Shoolawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas Baginda Rasulullah Muhammad SAW.
 
Al-Qur’an adalah wahyu Illahi, telah diturunkan kepada Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Alihi Wa Sallama sebagai penerang, petunjuk dan pedoman serta rahmat yang kekal abadi sampai hari akhir nanti sekaligus menjadi mu'jizat dan bukti kebenaran risalah Rasulullah SAW. Dimana ketika mu'jizat-mu'jizat sebelumnya sirna ditelan masa, musnah digilas perputaran roda zaman, terkubur bersama wafatnya para Rasul pembawanya, Tetapi Al-Qur’an  tetap tegak memancarkan nur Illahi ke seluruh persada bumi. Al-Qur’an  merupakan pusaka.

Khosyah,,,

2 komentar
Alhamdulillah, washsholatu wassalamu 'ala Rasulillah SAW.
Salah seorang Sahabat pernah bercerita bahwa pada suatu hari ia masuk ke dalam salah satu masjid. Ketika itu ia melihat seorang anak laki-laki yang berumur kurang lebih sepuluh tahun sedang melakukan salat dengan khusyuknya. Setelah anak itu selesai melakukan salat, sahabat itu mendekatinya dan bertanya sesuatu kepadanya, dan terjadilah dialog antara keduanya.

Rabu, 09 Februari 2011

5 Kado Pengantin

2 komentar
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta'ala. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan atas Baginda Rasulullah SAW, keluarga, sohabat, serta para pengikutnya.

Berikut ada beberapa ‘kado pengantin’ dari Abah Syeikh yang berhasil saya rangkum  untuk kita jadikan ‘pengingat’. Loh koq cuman 5 ? He,,he,, ini sekedar apa yang saya tangkap aja, sesuai ilmu cetek saya tentunya. Soalnya ke-5 hal berikut yg selalu diulang-ulang beliau bila menikahkan santri sih. Walaupun sepertinya dikhususkan untuk para pengantin, namun ada baiknya lho bagi para sedulur yang masih ‘jomblo’ ikut mengintip sedikit isi ‘kado, yuk...

Amalan 3B

2 komentar
Seorang pemuda sowan kepada seorang Ustadz mengadukan masalahnya,,,
Pemuda  : "Ustadz, mengapa saya tidak pernah menemukan jodoh saya? Mengapa saya belum berhasil mendapatkan seorang pacar sekalipun?"
Ustadz    : "Gadis seperti apa yang kau inginkan?"
Pemuda  : "Saya menginginkan gadis yang putih, cantik, tinggi, pintar, kaya, perhatian dan mencintai saya."
Ustadz    : "Ohhh ... kalau begitu kamu harus melaksanakan amalan 3B. ‘B’ yang pertama adalah berusaha, apakah kamu sudah cukup berusaha?"
Pemuda  : "Wah .., yang namanya usaha tuh sudah saya lakukan dengan maksimal. Sudah sangat banyak tempat yang saya lalui demi mendapatkan gadis impian saya itu."
Ustadz    : "Kalau begitu kamu harus melaksanakan ‘B’ yang kedua, yaitu berdo'a bila perlu berdoa dan berpuasa!"
Pemuda   : "Ustadz, setiap hari saya berdoa untuk hal ini, bahkan insyaallah rutin berpuasa senin-kamis ....!"
Ustadz     : "Wah, mungkin kamu harus melaksanakan amalan ‘B’ yang ketiga …"
Pemuda   : "Apa itu, Ustadz?"
Ustadz     : "Bercermin !"

Kamis, 03 Februari 2011

Sekilas Tentang Laksamana Cheng Ho

6 komentar
Alhamdulillah segala puji bagi Allah Azza Wa Jalla, sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

"Kami telah ... melihat di lautan, gelombang besar seperti gunung naik setinggi langit, dan kami telah menetapkan mata pada daerah barbar jauh tersembunyi dalam transparansi awan cahaya biru, sementara layar kita, angkuh membentangkan seperti awan, siang dan malam terus mereka cepat seperti sebuah bintang saja, melintasi ombak liar seolah-olah kita menginjak suatu Jalan Pintas publik. "
 
Kata-kata itu ditulis oleh seorang laksamana Tiongkok terkenal sejarawan modern mengenal sebagai Zheng He/ Cheng Ho. Cheng Ho adalah seorang Muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao, berasal dari provinsi Yunnan. Ketika pasukan Ming menaklukkan Yunnan, Cheng Ho ditangkap dan kemudian dijadikan orang kasim. Ia adalah seorang bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, namun beragama Islam.