Kamis, 08 Maret 2012

Blogger Istiqomah : Gampang Gampang Susah Bro!

Bismillahirohmaanirrohiim, Alhamdulillah, wassholatu wassalamu 'ala Rosulillah sholallahu 'alaihi wasallam.

Eh... dari judulnya dah keliatan ya, kalo mau ngelanjutin yang kemaren? Hehe, pasti si Haris Samaranji kehabisan ide nih buat posting. Yah ini sih cuman mau nulis sesuatu yang tertunda, karena tulisan kemaren terkendala oleh batasan waktu dan aturan kalimat baku makanya lanjutan yang sebenarnya udah liar tak tertahankan untuk ditumpahkan ini saya tulis dipostingan baru. Kalo postingan lalu sy edit, takut didiskualifikasi entar. Langsung ajah deh, nggak usah panjang lebar, kalo kepanjangan kasian emak2, kalo kelebaran pada nangis tuh bapak2 *eits dilarang piktor (pikiran kotor) :D


Beberapa kendala menjadi blogger istiqomah (konsisten), cekidot :

Kehilangan Motivasi : skip >>> kemaren kan udah...
Kehilangan Inspirasi : skip >>> ini juga udaaaah, yang iqro' itu kan?
Walaupun sudah, bagaimana kalo kita lakukan muroja'ah (pengulangan) lagi? setuju kan,,,, kamu? kamu? hey kamu yang lagi ngupil, setuju enggaaaak?.... enggaaak! *plaak (cah ngeyel emang kudu dikeplak).

Kehilangan Motivasi

Ngeblog untuk ibadah? Aaah... terlalu menyederhanakan masalah! Ya iyalah, ituh kan motivasi yang relevan untuk para primus (pria mushola), kita masih mudaaa meeen! kita dikelilingi kehidupan hedonis yang sekuler, masak dah capek2 ngeblog ditengah sinyal lemot, capek jeprat jepret kadang koneksi lelet, capek2 nulis eeeee disuruh niatin untuk ibadah... Ibadah ke Masjid dong pak Ustadz, bukan di warnet lah...kita masih muda, ustadz!, butuh apresiasi ketika nunjukkin kreasi, butuh aplaus yang mampu memompa kreatifitas biar otak gak aus, butuh tepuk tangan dan pujian "wuaaah kamu hebat, guys!", dan yang lebih penting nih ya ustadz, kita butuh duiiit, sekali lagi duit buat makan, masak ujung2nya... niatyin ibadyah yeeaaaa! mudah amat ngomong gitu, beuh.

Haha... :D, ada nggak ya diantara kita yang mikir gitu, atau cuman imajinasi sy aja yang kelewat binal. Jadi ginih brader en sister, yah enggak papa kalo kita belum bisa meniatkan untuk ibadah, it's okey. Allah Ta'ala enggak ngelarang koq kalo niat kita ngeblog sekedar nyalurin hobi, hepi hepi atau bahkan untuk mencari sesuap nasi, firman-Nya kurang lebih artinya:

QS Al Qashash, 28 : 77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni’matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan


Wow, enak kan? Yah itulah Islam, ajarannya begitu masuk akal, rasional dan proporsional. Kalo ngeblog diniatin untuk hepi hepi, ya silahkan, tapi ada syaratnya tuh... liat lagi ayat di atas. Yup, hepi hepi tapi diringi dengan menebar kebaikan dan tidak menimbulkan kerusakan.

Kehilangan Inspirasi

Iqro' dong solusinya... kemarin kan sudah, menyederhanakan masalah lagi? ya enggaklah. Iqro' kan cakupannya begitu luas, kawan. Gak perlu baca buku2 tebal hingga bikin mata kita diharuskan pake kacamata, gak perlu modal besar untuk menghasilkan sesuatu yang mampu berpengaruh besar bagi lingkungan kita.

Bagi kita yang suka berpetualang, bisa kita baca kan bahasa2 alam, bagaimana pohon menjerit ketika ditebang secara serampangan, bagaimana sungai mau muntah ketika dibuat timbunan sampah, bagaimana udara kota yang enggan memberikan O2 karena kita juga enggan menanam pohon penghisap CO2. Bagi kita yang ahli tutorial ngeblog, desain grafis, bikin animasi, atopun otak atik html, biar pembaca nggak bosan sah2 saja jika kita menyelipkan curhat pribadi, pembaca juga manusia boy! yang pasti punya rasa empati, hanya pembaca egois ajah yang menyerap 'ilmu kita tapi nggak ngucapin terima kasih.

Bingung mikirin tema blog? Yaelah... kita ngeblog bukan untuk jadi budak mbah gugel, tuliskan aja apa yang mau kita tulis. Berasa nggak mutu? garing? haha,,, kawan, hidup ini sebuah proses dan biarkan tulisan kita berproses bersama dengan perasaan kita, keahlian kita, 'ilmu kita, dan kehidupan kita. Minat dan keahlian kita tentu berbeda, itulah mengapa kita diperintahkan untuk berjama'ah agar kita bisa memetik hikmah bahwa, apa yang saya ketahui belum tentu kauketahui dan apa yang kauketahui belum tentu kuketahui, yuk berbagiii...

Kehilangan Koneksi

Bagaimana kalo niat udah membuncah, ide2 dikepala udah mo tumpah ruah, tapiii... sinyal internet enggak mendukung, bikin esmosiii apalagi kalo listrik mati. Aaaaarghh... Kalo jadi orang kaya sih enak kali ya, ketika sinyal gak ada dan listrik belum nyala bisa ngeblog lewat BBM, lah kita? Cool men~... sellow aja, ciptakan kebahagiaan di tengah kesusahan, ini hanya masalah perasaan. Kita bisa mencatat ide2 di buku catatan, enggak jaman? enggak ngedukung go green? Hhh... kata siapa penulisan lewat buku menyebabkan global warming, kata siapaa~?

Justru penulisan lewat buku adalah salah satu metode back to nature, loh bukankan dengan literasi lewat kertas menyebabkan kita menghabiskan pohon2 kelewat batas? Hey,,, wake up kawan, itu cuman akal2 para penebang hutan yang enggak bertanggung jawab, alasan itu digunakan agar pohon yg digunakan untuk produksi kertas bisa diminimalisir, sedangkan sisanya? mereka gunakan yg tidak semestinya... sekali lagi itu hanya alasan. Penggunaan internet berlebihan justru menghabiskan sumber daya alam energi listrik, dan ini lebih berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Gunakan kertas secara proporsional, dan jangan lupakan reboisasi untuk kesejahteraan bumi, kawan. *ngelantur* haha.

Truss, apa dong solusinya jika kehilangan koneksi internet? Yaaaah, enjoy aja. Istirahatlah, tinggalkan kesibukkan dunia maya jadikan hal ini sebagai peringatan bahwa mungkin kita sudah lama mengabaikan kehidupan nyata. Bersosialisasi lewat maya sih enggak papa, tapi jangan abaikan dung orang2 di sekitar kita di kehidupan nyata. Masak kita mau terus2n ber- haha hihi didepan monitor ataupun senyam senyum ndiri sambil kepala nunduk membaca ponsel, tapi melupakan orang2 tercinta di sekitar kita yang lebih membutuhkan perhatian  dan kasih sayang. Kehidupan maya emang dapat mendekatkan orang2 yang jauh di sana, namun, jangan malah menjauhkan orang2 terdekat kita di kehidupan nyata.

Makasih, jika kawan2 berkenan membaca, menambahkan, maupun mengoreksi. Sungguh indah jika kita membiasakan diri untuk hidup dalam sinergi berjama'ah. Semoga bermanfa'at.

32 komentar :

  1. Panjang juga tulisannya, salut :D
    oia emang bener tuh, hutan gundul sih bukan terpengaruh sama produksi buku..
    tapi lebih kemanusianya, yg beranggapan buku itu merusak lingkungan. Sok nyari perhatian, biar dianggap pahlawan x ya.. :D
    Dan satu hal lg, Al-Quran pun kertasnya jelas diambil dari pohon juga. Itu jelas kan kalau hutan nggak akan habis buat dibikin buku selebar dunia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya ini panjangnya proporsional loh, Mas. Kalo kepanjangan kasian para wanita,,, males baca maksudnyah :D. Iya tuh, siapa yaaa yg bikin gosip kalo buku itu mengakibatkan hutan gundul.

      Hapus
  2. Ambil hikmanya aja, ketika Kehilangan motivasi, Kehilangan inspirasi dan Kehilangan koneksi saatnya untuk beristrhat dan melakukan aktifitas dunia nyata sambil menunggu semuanya kembali normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'oh, kang... stay cool...
      Makasih, Kang. kunjungan dan masukannya...

      Hapus
  3. Hahaha, nak tiba-tiba modem mati pas lagi ngeblog ki cen nyebahi. Tapi selow aja lah ya... nggak bikin mati ini, hehehe.

    Primus aku ga tahu tuh. Taunya remas, remaja masjid. Tapi kok piye yah kalau remas namanya, ahahaha... Dilarang piktor!

    kalo kelebaran pada nangis tuh bapak2 *eits dilarang piktor (pikiran kotor) :D <- aku ra dong ik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya Rames, remaja mesjid :P...

      Oooow, ya jelas pada nangis dung bapak2, lah wong mulut kecil punya emak2 aja komplainannya kadang bikin pusiiing, gimana kalo mulutnya lebaarrrr, nangis, guling2, cakar2 bantal, nggilani san. :D

      Hapus
  4. iya jangan sampai kita lupa sama kehidupan nyata kita... biarkan blog kita jalan-jalan sendiri aja dibaca orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'ii... kapan skripsi, Kang?

      Hapus
  5. wuiiihh... mantep tulisannya... :D

    aye ga istiqamah jadi blogger -___-a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, mbak...
      Ada banyak variabel yg bikin kita gak istiqomah jadi blogger sih, salah satunya ya mo fokus di kehidupan nyata. Yang penting kan masih istiqomah jadi muslimin muslimah kan yaa..

      Sukses selalu Mbak....

      Hapus
  6. Orang lagi pilek kok malah ditampar, muleh ae lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooo,,, jadi sampeyan yang ngupil di pojokkan itu, sialan... bloggku kamu kotori ama upil garingmu itu ya, Kang?
      Bersihin, cepet! *ngacungin parang*

      Hapus
  7. kalau kehilangan inspirasi biasanya jeda sejenak dulu :D
    lalu setelah itu go lagi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. go Maya go Maya go!!! \^O^/

      Hapus
    2. kalo kehilangan motivasi bisa dengan jeda sejenak ga ya??? hihihihi

      Hapus
    3. @ Kaito : tauuuk, hihihi....

      Hapus
  8. Okey, mantap! Ini ada Award buat kamu sebagai Blogger Istiqamah ^^
    Link: http://jabanahsadah.blogspot.com/2012/03/versatile-blogger.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih Mas... jadi inget award dari Mas Nando dan Mas Wawan penghuni60 juga belum sy pasang.... InsyaAllah secepatnya deh...

      Hapus
  9. @ll : Makasih semuanyaaa, udah berkenan membaca, dan memberi masukkkan tulisan saya. Selamat bersiap2 menunaikan ibadah sholat jum'at....

    BalasHapus
  10. iyaaaa, emank susah2 gampang siiihh...
    sama halnya seperti ada bentol di ketek..
    gak di garuk gatel, kalo di garuk geli..
    *halah..
    hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wedewwww, anak geje datang dimari,,, ngasih quote gatot lageee....
      Jadi blogger istiqomah tuh kayak mo ngupil tapi pas lagi pilek, Wan. Gimana mo dapet upil, lah masih encer gituh :p

      Woiiii,,, kemaren jadi kiper ngapain ajah, koq bisa kalah 2-0 ama Brunei sih :(

      Hapus
  11. Emang gampang gampang susah kalau mau jadi blogger sejati. Blogger pemula kebanyakan lagi masa percobaan dan latihan. Tapi kalau sudah lama, sudah mulai focus menggarap blognya.
    3 pendukung dalam ngeblog, niat, semangat, jaringan internet, dan koneksi internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh,,, jadi 4 dunk, Bang? haha...
      Yo'i... Makasih, Bang....

      Hapus
  12. Harus pandai-pandai mengatur waktu, jika online terus, kasian juga dengan orang di sekitar kita, mereka asyik curhat ama kita, kita malah haha hihi dengan hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap,,, makasih Bli... kunjungan dan masukannya ;)

      Hapus
  13. Kalo akuu... Akuu... Yanti... Eh, kalo kendalaku paling pas trik internet gratisannya lagi co.id! Bhahaha, atau ketahuan operator trus kena blokir! Bhahaha

    o ya, dah tak polbek, kang! Bye bye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Embuh,,, aku yo yak enti, yak eruh.... derita lu, Kang :p
      Makasih polbeknya,,, sy gak minta loh... :D

      Hapus
  14. bro, kamu anak pondok yah?
    Foto mu mengingatkan ku dengan kakak sepupuku yg begitu betah di pondok pesantren, dia udah 15tahun di pondok,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak,,, saya anak kost, kostannya deket Pesantren gituh, jadi ya mau enggak mau harus ikut ngaji ;)

      Emang wajah saya pasaran koq, Mas. Mudah dijumpai di Mall2, sering dijadiin manekin buat promo produknya Hugo Boss, kadang Dolce Gabbana, yang sering sih Calvin Klein... :P

      Hapus
  15. okkk keren nihhh. bagus banget. keep posting yah^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Boy... Do'akan sy jadi blogger istiqomah yaaa.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...