Thursday, 22 March 2012

Saya Bukan Aku Dan Gue

Saya bukan seperti anda berdua, maka jangan paksa saya untuk menyebut diri dengan "aku" apalagi "gue".

Aku menghormati pilihan kalian, tapi sama loh ya... jangan paksa aku untuk mengucapkan "saya"  berasa tua bang'geth tau gak sih lo, lebih mending pakai "gue" deh.

Kalo Gue bebas guy's... terserah elo elo pada mo nyebutin proname itu bijimana, tapi jangan kucilin gue dong, gue tetep cinta Bahasa Indonesia koq.


Dan tahu gak sih, ketiga kata tersebut ternyata tetep ada koq dalam KBBI online, dan kita gak perlu memperdebatkan mana yang pantas digunakan, yang penting kita bisa menempatkan segala sesuatu pada tempatnya koq.

Bahkan dalam Al Qur'an Terjemahan DEPAG RI, gak ada tuh kata "saya" untuk menyebut Allah Ta'ala dan Rosulullah SAW yang ada malah kata "Aku" karena,,, "aku" lebih egaliter sedangkan "saya" yang lebih berkesan menghamba berasal dari kata "sahaya" dimana "ha" dilebur sebagaimana "sahaja" menjadi "saja".

UPDATE...
Jika elo, elo, dan eloh ngerasa mencintai Bahasa Indonesia, coba dee sowan ke blognya Pak Mars... gue dan eloh bisa ngetest seberapa banyak kosakata yang kita ketahui. Buruaaaan cepet sowan ke sono, berhadiah jutaan rupiah dan emas batangan loh *eh salah salah, cek ndiri aja dah... (eh tapi,,, jangan sekarang... nih kan udah mepet Sholat Jum'at). Yuk ah...

Semoga bermanfa'at. Cling! *eh...

38 comments :

  1. aku lebih nyaman pake aku saya,,
    kalo gue gua ane, g biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau pakai bahasa Indoneria
      Yen aku tak nggo boso Jowo ngoko :)

      Delete
  2. hehe.. yg penting bisa tau maksudnya :D
    salam
    #cling.. *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas... ini Mas Ari Tunsa ya?
      Salam juga,,, makasih.

      Delete
  3. Hihi aku pernah mau nulis tentang ini tapi mentok di judul, hahahaha... Judulnya Apalah Arti Kata Ganti Orang Pertama~

    Menurutku sih sama aja... tergantung ngomong sama siapa juga. Aku kalau di sekolah ya pakenya gue-lo tapi di blog dan di rumah akyuu kamyuu~

    Lagi nda ada ide posting po post beginian mas? Hahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akeh ide... ning draft blog ono, ning urek2an buku yo ono, cuman isi mentah kabeh, lagi kesel lan njarem kabeh awakku.

      Ini terinspirasi dari postmu kemaren aja, habis pake gue lah koq post selanjutnya pake aku...trus mak croth! muncratlah tulisan ini :P

      Delete
  4. tergantung ngomong sama siapa. kalo sama 'bos' ya pake 'saya'. kalo sama temen akrab ya pake 'aku'. kalo lagi pengen ngapak ya pake 'nyonk'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh Mbak... bisa menempatkan pada tempatnya ya... Inyong rodo dong karo boso ngapak, kancane inyong akeh sing saka Sokaraja seh...

      Delete
  5. kalau ditulisan secara general saya pakai kalimat "Saya" Kang
    tapi untuk tulisan yang berkenaan dengan sesuatu yang sangat personal dan untuk saya sendiri biasane saya pakai kata "Aku"

    Kalau kata Gue kayaknya enggak deh kan terdengar aku berlagak kutho Kang, lah wong asline ndeso.. opo mungkin saya harus pakai kata Isun ya hahahaha


    disyukuri aja Kang kemajemukan kosakata bahasa kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasinggihan, Kang...
      Menawi Ingsun/ kawulo, dalem kinten ugi sae punika... :D

      Tapi saya seringnya pake bahasa semesta, cuman diaaaaam aja. haha :D

      Delete
    2. iya saya juga idem sama kang Lozz kalau tulisan bersifat umum misalnya di blog pakai saya, dan kalau dalam cerita pakainya ya aku.. tapi kalau gue/gua hehe gak deh.. bukan orang betawi juga dan gak biasa. kan kita tempatkan sesuai dengan siapa kita berhadapan :-)

      Delete
    3. @ Ne Margane : eh embaak... gak nyangka datang dimari. "Payung Ungu Amela" kereeen.

      Delete
    4. puh ada tanda tangannya sekarang kota komen admine rek

      kereeeeen...

      Delete
    5. Halah... mesti engko melu2 towww...
      Haha :D... saya jadi pingin ngamalin yg ada di bengkel Kang Lozz... bisa bikin gambar yang muter2 kek baling2 doraemon :p... Bengkele diapdet dong Kang, wis podo teyengen loh...

      Delete
    6. gue datang kang... mana nih postingan elo yang baru? kok masih teyengen hehehehe

      Disykuri wae deh Kang, dinamika kosakata bahasa kita, karena dengan itu kita disebut sebagai bangsa yang besar...

      Merdekaaaa...!

      Delete
    7. Enggak mungkin teyengen, bukan bengkel koq weeek :p
      Tapi ya emang berdebu debuuuuu... Belum apdet, maklum tanggal tua, pusiiing... *eh Alhamdulillaah (bilangnya gini sambil muka dilipat,,, hehee kecut)

      Makasih Kang Lozz, motivasi, perhatian, cinta dan kasih sayangnya *loh opo ikiiii :D

      Wis lah, pokoke MERDEKAAA!!!

      Delete
  6. lah, menghilang :D
    apapun gaya lo! Tapi oke lah! Haha

    ReplyDelete
  7. Masalah buat eLohh...?? Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Looo.... gueee... e.n.d !!! Muahahaha... :D

      Delete
  8. apa ajah boleh yang penting sopan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo'i Mbak...
      eh makasih ya, udah beda kan kotak koment khusus saya... haha :D

      Delete
  9. bahasanya alay pol... hehehhehehehehehhe

    ReplyDelete
  10. gue mau ke sawah, heem terasa janggal dengernya jg hehe

    Saya lebih memilih pke saya, berkesan lebih sopan. Kalo aku juga bsa tapi berkesan kaya orang jawa bagian timur dan pemakaian aku lebih terdengar punya cewek kalo kata orang2 sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis ngeblog, gue mo nemenin emak belanja sayur, truss mo bantuin bokap nambal ban... Haha :D

      Namun menurut saya sih itu cuman kebiasaan, entah berpengaruh apa enggak ama kepribadian.

      Makasih kunjungannya....

      Delete
  11. saya, torang, gue, aku, ane, awak digunakan sesuai tempat dan lawan bicara :D

    saya mau bewe dulu yah
    torang mo pi ngana pe blog besok ne
    gue bilang juga apa, samaranji sotoy sih :D
    aku tidak suka dilarang memakai kata ganti tunggal SAYA.
    ane kaga mau diatur2 ama ente, paham? :P
    awak serba salah ... tapi yaaa awak tau diri sajalah hehehe

    Selamat berakhir pekan ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,,, Mbak Niq koq jadi grogi sih... :p

      Saya tahu,,, saya tahu,,, Mbak Niq udah biasa pake "Aku" tapi saya paham koq, walaupun pake "Aku" Mbak Niq tetep rendah hati. Emang sih bahasa menunjukkan budaya, tapi fakta membuktikan kalo yang berbahasa halus pun kadang hatinya sesangar macan, dan yang bahasanya kasarpun kadang hatinya selembut sutra... haha *SOTOY maneh akyuuu...

      Sy udah sotoy sejak lahir Mbak... dengan sok tahu saya jadikan sbg proses untuk mencari tahu dan akhirnya bener2 tahu *tsaaaaaah... tahu tempe kaleee.

      Delete
  12. Kalau saya suka pakai "saya".
    Tapi ini pendapat pribadi, orang lain tak harus sependapat, sama seperti saya yang tak selalu sependapat dengan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Mars... *menatap penuh pesona*
      Makasih kunjungannya ya... *menatap haru*

      Setelah Pakdhe Cholik pernah berkoment ::di sono::, truss Om Aldie ::di sana::, truss Om NH ::di sini:: dan akhirnya Pak Mars di mari... duuuh,,,,, sungguh sebuah energi semangat tersendiri buat saya. Terkadang saya berharap dan berdo'a semoga dunia blogosphere Indonesia tetap memiliki generasi2 penerus seperti Panjenengan2. Semangatnya, motivasinya, inspirasinya, 'ilmunya, dan tentu candanya yang penuh kehangatan... :D

      Delete
  13. Sedikit tanya (dan setengah usul)
    Di deretan page itu ada Muthola'ah; Mujadalah;
    Muhasabah dan Muroja'ah
    Andai yang "Konspirasi" itu dicari padan katanya yang berakhiran "ah" juga, alangkah makin indahnya...
    Selamat Berburu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apah yaaa.... ^.^a
      dulu sih mo takmasukin label "tafakkur" tapi enggak pas, trusss pernah juga tak jadiin satu ama "muthola'ah"(menganalisa) tapi keknya ada sesuatu yang beda.

      Kalo padanannya sih "makar"(tipudaya) tapi juga enggak berakhiran "ah"... mungkiiiin masuk "waqi'iyah" (aktual/faktual) aja kali ya. Makasih Pak Mars.

      Delete
  14. Aku menuju TKP sob, sekalian ngajak temen saya dan adek gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... penasaran kan, asyik kan...?
      Eh... kenalan dan sungkem dulu ama beliaunya, Mas.
      kalah menang biar tetep barokah 'ilmunya... ;)

      Delete
    2. Beres mas sob :D

      Sob, PR nya dah ku kerjain, cuma bisa ngerjain 1 soal aja hahaha...
      Datang ya, buat penilaian :D

      Delete
    3. Wuaduuuh... Maap Mas Sob... tadi sibuk bikin post baru... dan sekarang udah mo kerja, shift siang hari ini... duuh sekali lagi maaf belum bisa... Makasih makasih.... bye bye *cling*

      Delete
  15. klo ane lebih nyaman pke ane gan :D

    ReplyDelete
  16. lebih sering pake aku sihh klo sedang bercakap2 sama teman dan aku nyaman n menikmati :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...