Thursday, 26 July 2012

Mengakali Syari'at?!

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahirobbil 'aalamin, ash sholatu was salamu 'ala Rosulillahi SAW.

Pernah enggak, ngerasa beraat banget menjalankan ibadah puasa? Rasanya pingin segera maghrib, segera berbuka, kemudian hari menjadi malaaam terus tanpa ada siang, kan enak tuh ya... haha ngaco! Eh tapi kita bisa loh menciptakan kondisi demikian, mengakali syari'at. Caranya? gampaaang. Simak deh :D

Puasa itu kan menahan makan dan minum dan juga bercampur dengan pasangan (suami istri) dimulai dari waktu fajar (imsak) sampai datangnya malam (maghrib), sebagaimana Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, kurang lebih artinya :

QS Al Baqoroh, 2:187. Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri´tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Nah supaya kita bisa menciptakan "kondisi malam terus" tanpa pernah melihat fajar, bagaimana kalo kita naik pesawat, helikopter, kapsul antariksa atau whatever lah pokoknya yang bisa terbang tapi terbangnya di belahan bumi yang gelap, atau belahan bumi yang tidak terkena sinar matahari, udah kebayang kan? Terusss pertahankan posisi orbit tsb sampai bulan Romadhon abis, pokoknya jangan sampe melihat matahari deh, kalo bahan bakar habis? ya tinggal mendarat di belahan bumi yang dalam kondisi malam hari kan?... haha :D Kereeeen. Jadi bebas dooong makan minum :p

Saya pernah loh ngelontarin wacana ini ke Pak Ustadz, dulu sih waktu masih ikut madrasah sore, Ustadznya masih muda. Kami semua akrab dengan beliau, dipanggil "ustadz" juga waktu ngajar doang, habis ngajar ya dipanggil "kang" gitu lagi deh. Pernah juga saya usul, coba yaaa misalkan di sekeliling ka'bah diberi semacam "lantai eskalator" yang bisa berputar sendiri yang bisa mengangkut baratus ratus jama'ah haji, sekali angkut 7 kali putaran deh, kan enak thowaf (mengitari ka'bah) jadi ringan. Begitu juga di tempat sa'i, antara bukit shofa dan marwa juga di kasih "lantai seskalator". Mak wusssh wusssh... kayak naik komidi putar. Wekekek... Tentu saja saya dikatain cah edyan waktu itu :D

Banyak jalan untuk mengakali syari'at, tapi percayalah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala tidak bakalan memberi syari'at yang memberatkan untuk kita koq, pasti ada hikmahnya deh.

Dan sekarang jika ada orang yang pingin niru ide gila di atas mengakali syari'at... saya pingin "lempar jumroh" di kepala tuh orang pake kerikil *plethak* :D

16 comments :

  1. Hahaha,,,ada² saja sampean iki Cak,
    Saya punya usul nih, sekarang boleh kok orang itu tidak puasa dan tidak sholat, tapi dengan syarat harus Gila hahaha, , gimana mau ikut saran saya gak nih # pisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emoooh... jadi orang gila entar dilempari "jumroh" ama anak anak gimana?... orang gilaaa... orang gilaaa... haha :D

      Delete
  2. Hahaha.... untung waktu itu tidak dilempar jumroh oleh kang ustadz ya, Mas. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah... masak cowok cakep gini mo dilemparin kerikil ya. Emang gue apaan ya, Pak Ustadz?

      Delete
  3. Woy, kang! Aku baru aja ngakali sya'riat. Dg cara tidur, tapi kebangun gara2 musti kerja lagi. Trus nengok ke dashboard, ada apdetannya smpyan!

    Bener, dg tidur perasaan malem trus! Coba gue gak kerja, pasti gue tidur dari sahur tadi, trus bangun entar pas maghrib! Gitu kok repot! Puasa dapet, pahala mbuh! Gitu kok ya pengen akal2an!

    Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur teus capek juga Kang... enggak asyik. Enakan usul saya ituh. Mak-wusssh terbang sono terbang sini menghindari sinar Matahari... #emang drakula? haha.... :D

      Delete
  4. Wuahahaha...... Postingan yang gila !!!!
    Kalau boleh aku menambahkan, biar tetep puasa tapi enak mendingan sahur di Amerika, nah buka puasanya di Australia. Selisih waktunya siangnya kan bentar banget tuh. Hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngerespon juga gilaaa!!! :p

      Ada yang lebih enak lagiii... hidup di kutub yuuuk, kan biasanya malamnya lebih panjang tuh. Tapi repot juga yak kalo justru siangnya yang lebih panjang.

      Delete
  5. ha...ha...ha... biaya untuk malam terus terlalu mahal.... dengan upah minimum regional yang tersisa, nggak cukup untuk mempertahankan kehidupan di malam terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... mungkin emang harus kaya dulu kalo mau ngakali syrai'at :D

      Delete
  6. huwwaaa org gila smwa.....
    pisss!!!

    ReplyDelete
  7. wew, lagi maen akal2 neh di marih, hmmm .. bentar sob, ane ngakal dulu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh... lagi pada sarap nih mah :D

      Delete
  8. hahahaha pikire Thawaf iku naik komedi putar tah.. ya gini deh kalau postingane orang salah makan pas sahur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh gitu gak ya, kang? haha... bukan salah makan sahur, tapi emang lagi konslet nih otaknya :p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...