Wednesday, 29 August 2012

Tangan di Bawah Lebih Baik dari Tangan di Atas(?)

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Alhamdulillah... akhirnya bisa ngeblog juga, kangen euy...!!! Habisnya bisa libur pas lebaran H+5, nunggu giliran sih (gak ada yang nanya yah? biarin ah). Untuk temen2 yang kangen akyuuu... maaf ya... *plethak* (perasaan banyak adegan lempar bakiak ya akhir akhir ini di post sayah) :D. Itu ngasih judul salah apa emang sengaja dibalik siiih. Haha...  daripada kagak ada postingan, kita ulas yuk.


Coba perhatikan gambar di atas, biasanya yang terlintas di pikiran kita si pemberi tuh posisi tangannya di atas kan ya? En den, boleh kan saya menginterpretasikannya berbeda? Bisa jadi loh tangan di atas tuh lagi ngambil sesuatu dari yang tangannya di bawah. Yang dibawah lagi memberi dengan menyodorkan, yang diatas lagi menerima dengan mengambil hehe...:D Memberi dengan posisi tangan di atas mengesankan mental feodal, secara psikis akan menanamkan sikap untuk dihormati dan dihargai. Sangat berbeda jika si pemberi memosisikan tangannya di bawah dan berkata... "monggo..." (silahkan...).

Lah terus... kesimpulannya apaan dong? bukankah ada hadits Bukhori dari  Hakim Ibnu Hazm yang memberitahu kita bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.  Mmmmh... anggap saja cuman istilah/ perumpamaan, intinya pada "memberi" lebih baik dari "meminta". Kalo shodaqoh sih lebih baik cukup kita dan Allah yang tahu, tapi kalo zakat emang harus diketahui/ disaksikan manusia lainnya. Tapi semua kembali ke niat sih. Bukankah innamal a'malu binniyat wa innama li kullimriin ma nawa...

Jangan lupa masukkannya. Semoga bermanfa'at.

31 comments :

  1. Kalau tangan disamping itu biasanya posisi siap pada waktu upacara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Ato lagi garuk garuk paha. :D

      Delete
  2. Kalo yang ngasih tangan dibawah njur yang ngambil tangan diatas, weleh3x bisa-bisa pada keroyokan alias rebutan, banyak2an, hahahahaha............yah, lebih baik memberi dengan tangan (kanan) diatas, ikhlas, dan tangan kiri jangan dikasih tau, hehehe.... afdhol kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widiii. Bundaaaaa, menyempatkan mampir dimari.
      Nyodorinnya satu satu, Bun. Biar gak pada keroyokan. :D. bagaimanapun posisi tangannya, itu pasti hanya istilah saja keknya. :)

      Delete
  3. haha berarti tergantung letak tangannya yak hadoooh bisa saja kau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... postingan selingan Zy. Sambil ngajak mikir bersama ajah. :D

      Delete
  4. yah.. apapun itu


    pokoknya niatnya memberi untuk Allah :D

    ReplyDelete
  5. adajugayangmemberi tangannya dibawah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... yang diatas kadang malah sedang ngambil di bawahnya, kan? :D

      Delete
  6. Keimpulane sing apik tangane nangdi Kang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akyu yo ra reti je. Disimpulke bareng2 ae yooo.. :p
      Tapi udah takedit, Kang. Biar mudah dipahami. Hadits yang berhubungan dng itu cuman sekedar perumpamaan, jadi jangan dimakan mentah :D. Mohon masukannya juga yak. :D

      Isih galau? :D

      Delete
  7. kalo saya lebih memilih tangan di bawah mas, kalo tangan diangkat ke atas terus kayak hormat saat upacara hari senin, pasti capek mas, hehe

    salam kenal mas samaranji ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mas...
      Ya jangan diangkat terus dooong. Tapi tetep harus hormat bendera loh. kalo gak mau takbilangin Pakdhe, loh :D

      Delete
  8. Saleum,
    Setuju deh dengan uraian mas ranji, memang lebih baik memberi daripada menerima. Mudah2an gak ada yang disamping deh tangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... disamping terus jadi kayak boneka :D

      Delete
  9. Beramal bisa juga terang-terangan asal tujuannya untuk syiar agar yang lain juga katut.
    Salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh... iya. Lupa pada poin yang satu ini, Pakdhe. Maturnuwun, sampun njangkepi. :)

      Delete
  10. "Yang dibawah lagi memberi dengan menyodorkan, yang diatas lagi menerima dengan mengambil.."

    ini biasanya kalo ngasih 'salam tempel'..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... tempelkan ke mana? Kakang Prabhu.... :D

      Delete
  11. intinya sih, memberi itu lbh baik daripada meminta.
    tp kalo meminta dgn baik2 juga gak pa2 kok..
    justru yg parah itu udh meminta tp gak baik2 pula.enaknya dijitak tuh yg kyk gitu..
    hehe, piss ah..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya ya... minta dengan baik baik, memberi juga dengan baik baik, gak perlu ngedumel dulu :D

      Delete
  12. tangan di atas berarti ada dua versi ya hehe.. memberi dan mengambil. kalo mengambil yg bukan hak emang lebih buruk dari pada tangan di bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah apalagi yang itu, mengambil tanpa haq dan tanpa bilang... copet tuh :D

      Delete
  13. yang pasti tangan kiri harusnya jangan tahu kalo tangan kanan lagi ngasih biar si tangan di atas ga sombong sama tangan yang di bawah :D

    ReplyDelete
  14. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    h dari mereka di atasmu. Nikmati hidup bersama mereka di sampingmu. Jangan remehkan mereka di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
  15. memberi lebih baik daripada menerima....

    Mari cintai saling memberi, mari berbagi...

    ReplyDelete
  16. kalow saya sih nanggepnya ini seperti koruptor yang ngambil harta massa kali yah :D mudah2an gak lol :D

    ReplyDelete
  17. Dimanapun posisi tangannya, yang penting ikhlas hatinya :D

    ReplyDelete
  18. bagus artikelnya...mudah2an kita bisa slalu "memberi" yaaa...:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...