Maulid Nabi, Bid'ah ? Emang Gue Pikirin.

SHARE:

Bismillahirrohmaanirrohiim...
QS. Hud 11.120. Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.


Gending Sholawat Nabi Muhammad SAW 1434 H,
di tempat saya menuntut 'ilmu.


Saya tak ingin mengajak berdebat, saya hanya ingin mengajak utk berfikir, bukankah Islam untuk orang2 yang berakal dan mau berfikir? Silahkan anda membid'ahkan sana sini, dikit dikit bid'ah dikit dikit bid'ah, bid'ah koq dikiiit. Yang saya tahu kata "bid'ah" sendiri tak ada dalam al qur'an, bahkan kata tersebut sangat populer dikalangan umat kristen yang diperuntukkan bagi mereka yang menolak Konsili Nicea (yang mengesahkan bahwa Yesus adalah Trinitas, Yesus adalah Tuhan). Bagi Nashrani yang tidak sejalan dengan Vatikan maka disebut sebagai "ahli bidat" (ahli bid'ah). Jika demikian, apakah yang suka membid'ahkan itu mirip dengan yang suka membidatkan ?! Silahkan gugling dengan kata kunci "bidat kristen" dan tarik benang merah dengan sejarah Islam dimana mulai ada saling membid'ahkan.


Adalah benar bahwa Nabi Muhammad SAW juga manusia biasa, beliau (SAW) hanya seorang Rasulullah (QS Ali Imron, 3:144), namun hal tersbut bukan lantas kita seenaknya memanggil, menyebut, menulis nama beliau (SAW) hanya nama saja "Muhammad" tanpa diawali kata "Nabiyulloh/ Rosululloh" dan diakhiri sholawat (SAW). Jika tidak, maka kita akan bingung membedakan nama beliau SAW dengan si Muhammad (Ripangi) tukang insinyur, si Muhammad Budhi tukang ternak ayam, dll.

Bujukan Wahabi dan Syi'ah

Mayoritas Wahabi sangat anti dengan peringatan Maulid, sementara Syi'ah sangat mengagungkannya samapai sampai mengaku keturunan beliau SAW. Padahal dalam hukum Islam berlaku patrenalis (jalur ayah). Dalam Al Qur'an Al Kariim kurang lebih artinya :

QS. Al Ahzab, 33: 40. Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

So, jika ada orang yang mengaku sebagai dzurriyah, keturunan Nabi Muhammad SAW langsung (dalam arti Fulan bin... bin... bin.... bin.... s/d Rosululloh Muhammad SAW) maka itu suatu kebohongan, karena putra Nabi Muhammad SAW sendiri meninggal diwaktu masih kecil, namanya Ibrohim.

Kita butuh figur yang bisa dijadikan suri tauladan, kita butuh figur untuk selalu diingat. Mungkin benar bahwa kita ingat Rosulullah setiap membaca sholawat dalam sholat, tapi apa benar setiap sholat kita mampu mengingat keteladanan beliau SAW, tidak semuanya. Untuk itulah orang2 awam seperti saya butuh diingatkan. Jika ada kaum yang anti Maulid Nabi Muhammad SAW, silahkan suruh baca ayat berikut yang kurang lebih artinya :

QS At Taubah, 9:101. Di antara orang-orang Arab Badwi yang di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik; dan (juga) di antara penduduk Madinah. Mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, (tetapi) Kamilah yang mengetahui mereka. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.

Maka yang pantas kita lakukan adalah tidak berlebih lebihan dalam beragama (QS Ali Imron, 3:147). Tidak berlebihan anti sholawatan dan tentu saja tidak berlebihan melakukan dendang sholawatan hingga menyerupai "siulan dan tepukan tangan" yang dibenci Allah Ta'ala (QS. Al Anfal, 8:35). Eh... koq jadi gak sesuai judul yak?, kayaknya saya jadi terlalu mikir. Ah... emang gue pikirin :D Hehe. 

Tentu saja saran, kritik, cacian dan hujatan sekalipun saya terima jika hal tersebut bisa menambah kadar ilmu dan iman saya. terima kasih.

COMMENTS

BLOGGER: 26
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Maulid Nabi, Bid'ah ? Emang Gue Pikirin.
Maulid Nabi, Bid'ah ? Emang Gue Pikirin.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguZxnR3lIO0gpdRUyzgkgfPoj2oASns4EPRJznoan4wsbmGOCcNR7CcRs7TPRqPKCtFRLCvkAFs0aEQ8Y7wZVBsQ_cm3BVDTaH3uXpDBNxH-S8TjDhoka3P8cRPE_JnSmf7rPN3w3ZLjo/s200/Gending+Sholawat+Santri+Putri.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguZxnR3lIO0gpdRUyzgkgfPoj2oASns4EPRJznoan4wsbmGOCcNR7CcRs7TPRqPKCtFRLCvkAFs0aEQ8Y7wZVBsQ_cm3BVDTaH3uXpDBNxH-S8TjDhoka3P8cRPE_JnSmf7rPN3w3ZLjo/s72-c/Gending+Sholawat+Santri+Putri.JPG
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2013/01/maulid-nabi-bidah-emang-gue-pikirin.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2013/01/maulid-nabi-bidah-emang-gue-pikirin.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy