Monday, 11 February 2013

Jangan Terkecoh : Sholat Yahudi

Bismillahirrohmaanirrohiim

Adakah diantara kita yang posisi tangannya seperti gambar di samping (mendekapkan kedua telapak tangan di atas dada) disaat selesai takbirotul ihrom dalam sholat?. Saya tak bermaksud mengajak untuk  larut dalam perselisihan ini, posisi mana yang lebih benar, posisi mana yang salah dan bid'ah. Biarlah bukti yang berbicara. Mari saya ajak dari mana saya mendapatkan pict di samping. Cekidauw.

Saya mendapatkannya (lagi lagi) dari Mbak Yutub :D, sebelum saya tunjukkan linknya langsung, ada baiknya saya tunjukkan dulu screen shootnya sebagai dokumentasi pribadi.




File pdf-nya tentang tata cara sholat ummat Yahudi. Perhatikan posisi ke-2
So, bagaimana jika kita mendapati saudara kita melakukan posisi tersebut saat sholat? Apakah dia seorang yahudi? Apakah dia antek2 yahudi? Apakah.... ah sudahlah, anggap saja itu kebiasaan orang2 Yahudi awal kenabian Nabi Muhammad SAW yang telah masuk Islam,  ketika diajarkan gerakan sholat yang benar tapi tetap saja terbiasa dengan tata cara ibadah lamanya. Dan tentu saja mereka juga saudara Islam kita :D


Video seroang Yahudi sedang melaksanakan "sholat"nya.

Tak perlu ada perselisihan, yang pantas kita lakukan adalah belajar pada guru guru yang ikhlas dalam mengajar dan tentu saja memohon petunjuk pada Allah  Subhanahu Wa Ta'ala agar membimbing kita bagaimana cara sholat yang benar sebagaimana yang pernah di tempuh Nabi Ibrohim 'alaihissalam. Bukankah hal tersbut yang selalu kita do'akan dalam tahiyat akhir, "ka maa shollaita 'ala (sayyidina) ibrohiim wa 'ala ali (sayyidina) ibrohim..."

Semoga bermanfa'at.

30 comments :

  1. wawww, aku kok baru tahu soal ini ya, kak? tangannya ga boleh dilipat di atas banget gitu ya? O_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru mempelajarinya asal usulnya koq, Ky. ;)

      Delete
    2. Sukron tambah ilmu....
      mungkin itu gerakan sholat nya nabi musa...

      Delete
  2. Hehehe, pada intinya sholat adalah menghadap sang Ilahi dan yang menilai sholat itu langsung Allah, asalkan yang sholat (gambar diatas) tidak menyinggung dan tidak menngajak untuk kayak gitu yo silahkan wes, lakumdinukum waliadin :D

    Ojok debat masalah sholat, seng penting sholat lek wes mari sholat ngopi yukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak debat koq, Kang... Lagi ngajak ngaji marang awakku dewe. ;)

      Delete
  3. kalau saya sendiri untuk sholat memang mengikuti apa yang diajarkan oleh Muhammadiyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya percaya pendiri Muhammadiyah mengajarkan sholat seperti yg dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Tapi Mas Huda tentu setuju bahwa Muhammadiyah bukan Agama. ;)

      Delete
  4. kalau saya sendiri untuk sholat memang mengikuti apa yang diajarkan oleh Nahdatul Ulama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya percaya pendiri NU mengajarkan sholat seperti yg dicontohkan Nabi Muhammad. Tapi kita semua tentu setuju bahwa NU bukanlah Agama. ;)

      Delete
  5. Ya... aku berusaha sholat sesuai sunnah memang tangan tidak terlalu ke atas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitupun saya, Mbak... Kita saling mendo'alkan saja ya. Makasih... :)

      Delete
  6. ada award nih kang

    http://www.noormafitrianamzain.com/2013/02/sunshine-award.html

    ReplyDelete
  7. baru tau ada gerakan seperti ini, semoga kita dapat shalat dengan cara yang benar.

    ReplyDelete
  8. wew... dalilnya apa ya mas? jadi mengyahudikan sholat org yang bersedekap di atas dada? hati2 lho...

    sepengetahuan sy sebagai org awam ada mazhab yang memang bersedekap di atas dada.. nanti coba sy cari dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada kalimat mana ya, Mbak bisa berkesimpulan saya me-yahudi-kan orang yang dlm sholatnya bersedekap sprti di atas ?

      Mohon koreksi, makasih... :)

      Delete
    2. SHALAT ALA YAHUDI MIRIP DENGAN SHALAT ALA WAHABI, Rasulullah SAW sejak periode kerasulannya sampai ke akhir hayatnya, telah berdakwah selama 23 tahun. Dalam periode ini, sudah pasti Rasulullah SAW setidaknya telah melaksanakan shalat di hadapan para sahabat sebanyak +/- 700.000 kali. diriwayatkan dalam Shahih Bukhari, Jilid 4, Kitab 56, Nomor 664, Aisyah Ummul Mukminin berkata:"Ia (Rasullullah) membenci ketika seseorang shalat dengan tangan berlipat ketika shalat. Ini karena orang Yahudi juga berbuat begitu".

      BAGAIMANA LETAK TANGAN MENURUT MAZAB 4 ?

      Imam Hanafi berpendapat: Bagi pria, tangan kanan harus diletakkan di atas tangan kiri, dan posisinya di bawah pusat, sedangkan di dada untuk wanita.

      Imam Syafi'i berpendapat: Tidak masalah apabila pria atau wanita, harus menempatkan tangan pada pusat tetapi di bawah dada.

      Imam Hanbal berpendapat: Pria dan wanita meletakkan tangan di bawah pusat.

      "Menurut Imam Malik, shalat harus dilakukan dengan tangan terbuka, bahkan menyebut tindakan melipat tangan ketika shalat fardhu sebagai makruh dan hanya diizinkan di shalat sunat."

      BAGAIMANA MENURUT MAZHAB AHLBAYT ?

      Pengikut mazhab Ahlul Beit, yang meyakini bahwa Imam dari Ahlulbait (as) adalah washi Rasul saaw, dan pembawa sunnah asli beliau. Dari mereka kami belajar cara shalat, dan kami yakin bahwa itulah cara sebenarnya Rasulullah shalat, yakni, dengan tangan lurus terbuka.

      KESIMPULANNYA SILAHKAN ANDA KAJI SENDIRI PELETAKAN TANGAN KETIKA SHALAT YG LEBIH MENDEKATI SHALATNYA YAHUDI

      Delete
  9. ko ada yaa gerakan seperti itu aneh skali .

    ReplyDelete
  10. Kalau aku shalatnya seperti yang diajarkan guru ngajiku pas sik cilik biyen kang hehhee...
    Tapi juga sama seperti tuntunan shalat seperti yang dibuku2 terbitan depag.

    Eh Kang, aku meh tanya. Kalau di jaman Nabi Musa dulu shalatnya apa seperti umat yahudi itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih percaya Sholatnya NAbi Musa ya seperti kita yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. ;) 5 waktu 17 roka'at.

      Bayangkan jika sholat Nabi Musa a.s -katanya- ampe 50 waktu. Kita kalkulasi saja misal 1 waktunya 5 menit kayak kita.

      Dalam sehari
      50 waktu sholat x 5 menit = 250 menit = 4,16 jam

      Diprosentase
      4,16 : 24 = kurang lebih 1/6 hari

      JIKA DIPRAKTEKAN
      24 jam : 50 waktu sholat = 0,48 jam = 28,8
      artinya >>> SETIAP 28,8 MENIT NABI MUSA SHOLAT ?!
      Masuk akal gak kira2, Kang ? ;)

      Delete
    2. TTG KISAH TERSEBUT SY TERMASUK ORG YG MERAGUKANNYA, KAYAK DONGENG YAHUDI YG DISISIPKAN KE HADIST. TENTU NABI MUHAMMAD LEBIH TAHU UMATNYA DIBANDING DENGAN NABI MUSA.

      Delete
  11. wah saya baru tau mas soal ini...makasih yah mas atas informasinya...salam kenal yah mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... makasih... ;)

      Delete
  12. Oren Solomianik20/07/2013, 15:50

    Ngaji sing bener iku Ngaji diri bukan cuma ngaji membaca aja

    ReplyDelete
  13. wou wong islam ribut soal tata cara sholat..!!!! weleh-welehhhhh
    wong muhammad sendiri tidak pernah sholat..!!!! itu terbukti tidak adanya bukti arkeologinya tentang keberadaan muhammad..!!!
    agama islam tuh cuma propaganda Yahudi laknatullah yang di sebarkan oleh kalifah umayah untuk mendoktrin rakyat supaya loyal darai serangan banu abasyaih..wis podo murtad ae.. pilih dadai murite Isa Almasih yang terbukti kebenarannya..jarakaullah...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...