Saturday, 23 March 2013

Sholat : Dalam Beberapa Agama Di Dunia

Bismillahirromaanirrohiim.


Apakah selama ini kita menganggap ibadah "sholat" itu diwajibkan setelah datangnya Islam? Apakah selama ini kita mengganggap ibadah sholat itu karangan Nabi Muhammad SAW? Apakah selama ini kita mengganggap Nabi Muhammad SAW tidak sholat sebelum peristiwa Isro' Mi'roj? Apakah selama ini kita menggap Nabi Muhammad SAW ketika beruzlah dalam Gua Hiro itu hanya semedi doang? :D Jika masih punya anggapan demikian, maka saya mengajak untuk memperhatikan beberapa fenomena dan fakta berikut. Sholat, dalam beberapa agama di dunia.


Mari coba membuka wawasan, melebarkan sudut pandang, dan merevolusi pemikiran dalam memegang teguh iman Islam kita selama ini. Ada kemiripan gerakan sholat umat Islam dengan gerakan ibadah umat lain, itulah mengapa banyak yang berpendapat bahwa Islam itu agama campur aduk yang melakukan plagiasi dari agama2 sebelumnya. Padahal Islam datang untuk mengajak ummat kembali pada ajaran fitrah manusia, maka wajar jika banyak kemiripan dari aqidah ketuhanan, ritual dan hukum hukum sosial kemasyarakatan, karena memang itulah nilai2 universal yang akan selalu abadi. Apa apa yang melanda dunia Islam sekarang ini, perbedaan pendapat, perbedaan tafsir, saling membid'ahkan adalah hal yang sama pernah melanda agama2 sebelum Islam. 

Ibadah Ummat Hindhu



Ibadah Ummat Budha



Ibadah Ummat Yahudi




Ibadah Ummat Kristen




Sholat adalah ibadah universal, sebelum Nabi Muhammad SAW sudah ada perintah sholat. (Qs Maryam, 19:30-31), (Qs Tho Haa 20:13-14), (Qs Al Anbiya, 21:72-73). Jadi kayaknya hadits tentang perintah sholat dalam peristiwa Isro' Mi'roj, dimana ada tawar menawar dengan Allah Ta'ala tentang jumlah waktu sholat itu lebay :). 

QS Al Baqoroh, 2:139. Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu; bagi kami amalan kami, dan bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati,

Saya lebih percaya bahwa Rosulullah SAW itu dilahirkan dalam keluarga orang2 yang sholih, sebuah keluarga yang tetap menjaga sholatnya di tengah2 masyarakat yang sudah mulai melupakan sholat, mengabaikan, bahkan meninggalkan, sehingga bisa jadi semakin lama semakin banyak yang tidak tahu bagaimana sholat yang benar.

Lalu bagaimana dengan "sholat" ummat beragama lain?

QS Al Baqoroh, 2: 141. Itu adalah umat yang telah lalu; baginya apa yang diusahakannya dan bagimu apa yang kamu usahakan; dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.

Maha Benar Allah dengan segala firman-firman-Nya.

Semoga bermanfa'at.

16 comments :

  1. macem2 deh macemnya, ketika macem2 juga arti kata sholat ya, kang! Tapi paling gak jadi khasanah ilmu buat kita smua.

    Dalam surat khud min amwalihin taubah ayat 103, ada kata wa shola alaihim in sholataka dst... Artinya berdoa, pray, worship dll. Sgala macem tafsir ttg hakekat sholat, tapi kita tetep punya seseorang yg ngebawa kita ngenal yg namanya sholat. So, kita harus ikutin beliau!

    Allahumma sholli 'alaa muhammad...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Allohumma sholli wassallim wabarik 'alaih... :)

      Kalo kita sering melupakan, melailaikan ato bahkan meninggalkan sholat. Jangan heran kalo generasi mendatang pada lupa bagaimana cara sholat. Itulah yang melanda agama2 sebelum Islam. Dan kita menghadapai fase tersebut.

      Sholat ashar yuuuk. :)

      Delete
  2. setelah membaca artikel ini dan melihat foto2-nya, ternyata memang benar bahwa ibadah seperti sholat telah dijalankan oleh umat agama lainnya selain Islam,
    dan Rasulullah sebagai pembawa din Islam sebagai agama terakhir yang menyempurnakan ibadah itu menjadi sholat lima waktu...salam

    ReplyDelete
  3. Lama tak kemari....
    Burung elang melayang di tengah awan...
    Selalu berbagi untuk memberi...
    Gimana kabar kawan?


    Ketika pengembara mengira telah sampai di beranda rumah,ketahuilah dan perhatikan langkah bahwa sang pengembara masih tergolek lemas,terkulai di pelukan pohon nan gersang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niih... Kangen juga, Kang... :D
      Burung rajawali mencari mangsa.
      Lama gak kemari ya gakpapa... haha (tibake akyu yo iso pantun).

      Alhamdulillah baik, Kang... Sebenernya tertarik juga kerja di dunia maya jadi bisa kumpul2 dng kawan2 maya, punya waktu yang leluasa bisa maen sana maen sini. Tapiii.... ah sudahlah.

      Lemas tergolek dalam pelukan pohon gersang, tentu bukan penghalang bagi pengembara, tetap melangkah tanpa lelah. Bukankah hidup adalah perjuanagan tanpa henti, yang melatih kita untuk terus berproses meraih ridho Illahi.

      Makasih udah menyempatkan mampir, Kang.
      Salam hangat jabat erat :)

      Delete
  4. Saya ada tuh video tata cara sholatnya yahudi dan kristen,. Coba deh check cara bersidekapnya umat yahudi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya posting juga Mbak... makasih ya atas perhatiannya. :)

      Delete
  5. banyak ilmu nya, kalau Gia berkunjung ke blog mas :)

    ReplyDelete
  6. Meskipun beragam tapi tetap saja namanya sama yaitu shalat

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum

    ma'af sebelumnya..
    sholat mimang lah bragam tapi asal dari semua gerak grik sholat adalah dari gerakan sholatnya orang islam agama2 yang lain hanyalah meniru gerakan2 orang islam

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum

    ma'af sebelumnya..
    sholat mimang lah bragam tapi asal dari semua gerak grik sholat adalah dari gerakan sholatnya orang islam agama2 yang lain hanyalah meniru gerakan2 orang islam

    ReplyDelete
  9. ibadah itu beda - beda yah setiap umat nya

    ReplyDelete
  10. berbeda2 tetap saling menghormati

    ReplyDelete
  11. beda-beda dari setiap agamanya,,,yang islam kok ngga di masukin

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah mas, bagus sekali pembahasan ini, terkadang kita sebagai umat islam saja belum tau dan mengerti tentang hal ini. Syukurlah saya mendapat ilmu dari sini :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...