Sunday, 29 September 2013

Kitab Kuning


Bismillahirrohmaanirrohiim

Kitab kuning? Apaan seh?! Kitab jadul yang berisi mantera mantera gitu ya, Kang? Kitab resep kuno untuk buat nasi kuning ya? Haha... ya enggaklah. Ingat kitab kuning dalam dunia blogging, saya jadi teringat seorang sahabat blgger yang seringkali membahas resensi dari beberapa kitab kuning. Tapi sebelum sahabat2 semua saya ajak bermain ke tempatnya, kita cari tahu dulu apa itu kitab kuning. Cekidauw...


DEFINISI

Kitab Kuning, disebut kitab kuning karena kertas buku yang berwarna kuning yang pada asal muasalnya dibawa dari Timur Tengah pada awal abad kedua puluh dan ditulis dengan huruf arab atau di Indonesia ditulis ulang dengan huruf Arab versi Melayu atau sesuai dengan daerah setempat. Misalnya : versi Jawa; ditulis dengan huruf Arab tetapi dengan bahasa Jawa. Versi Sunda, versi Melayu dll. Sebenarnya warna kuning itu hanya kebetulan saja, lantaran dahulu barangkali belum ada jenis kertas seperti zaman sekarang yang putih warnanya. Mungkin di masa lalu yang tersedia memang itu saja. Juga dicetak dengan alat cetak sederhana, dengan tata letak lay-out yang monoton, kaku dan cenderung kurang nyaman dibaca. Bahkan kitab-kitab itu seringkali tidak dijilid, melainkan hanya dilipat saja dan diberi cover dengan kertas yang lebih tebal. Buku atau kitab ini umumnya diajarkan di Pondok-pondok Pesantren Tradisional.


FORMAT/ BENTUK
Format Kitab Kuning yang paling umum dipakai lebih sedikit kecil dari kertas kuarto (ukuran 26 cm) dan tidak dijilid, tetapi ada juga yang dijilid. Lembarang-lembaran (koras-koras) yang tak terjilid tadi dibungkus kulit sampul, sehingga para santri dapat membawa hanya satu halaman yang kebetulan sedang dipelajari saja. Umumnya huruf arab ditulis atau dicetak tanpa mengunakan harakat (tanda baca), atau dikenal dengan istilah “Arab Gundul” atau “Pegon”.

ISI/ MATERI
Adapun dari sisi materi yang termuat di dalam kitab kuning itu, sebenarnya sangat beragam. Mulai dari masalah aqidah, tata bahasa Arab, ilmu tafsir, ilmu hadits, imu ushul fiqih, ilmu fiqih, ilmu sastra bahkan sampai cerita dan hikayat yang tercampur dengan dongeng. Keragaman materi kitab kuning sesungguhnya sama dengan keragaman buku-buku terbitan modern sekarang ini.


'ULAMA INDONESIA YANG PERNAH MENYUSUN KITAB KUNING
Indonesia yang terletak di bawah bujur garis katulistiwa, adalah sebuah negeri yang jauh dari kota pertama kali munculnya Islam, yaitu kota Makkah. Namun siapa sangka dan mengira, bahwa di Indonesia bermunculan llmuwan-ilmuwan Islam yang berkapasitas dunia. Mereka adalah barometer, mereka adalah cermin buat generasi sekarang dan yang akan datang. Tulisan-tulisan mereka bagai tinta emas, yang selalu di buru dan di pelajari oleh para ilmuwan, mahasiswa dan santri. Lewat karya-karyanya pula mereka mampu melambungkan nama Indonesia di kancah dunia Islam. Diantaranya adalah :
Syaikh Yasin Al-Fadani
Syaikh Ihsan Jampes
Syaikh MAhfudz Al-Tarmasi
Syaikh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi
Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari
Syaikh Abdus Shamad Al-Palimbani

CONTOH KITAB KUNING
Dibawah ini, contoh sebagian Judul-judul kitab kuning atau dianggap Kitab Kuning yang beredar di Indonesia:

Bidang Fiqh:
Fathul Mu’in, Ianah Thalibin, Taqrib, Fath Al Qarib al Mujib, Kifayatul Akhyar, Bajuri, Iqna’, Minhaj At Thalibin, Minhaj at Thullab, Fathul Wahab, Mahalli, Minhajul Qawwim, Safinah, Kasyifat Al Saja, Sullam al Taufiq, Tahrir, Riyadh al Badiyah, Sullam Munajat, Uqud al Lujain, Sittin/Syarah Sittin, Muhazzab, Bughyat al Mutarasyidin, Mabadi Fiqhiyah, Fiqh Wadih, Sabilal Muhtadin.

Bidang Ushul Fiqh :
Waraqat/Syarah al Waraqat, Lathaif al Isyarat, Jam’ul Jawami’, Luma’, Al Asybah wa al Nadhir, Bayan, Bidayah al Mujtahid,

Bidang Aqidah :
Ummul Barahin, Sanusi, Dasuqi, Syarqawi, Kifayatul Awam, Tijanud Daruri, Aqidatul Awam, Nuruzh Zhulam, Jauharut Tauhid, Tuhfatul Murid, Fathul Majid, Jawahirul Kalamiyah, Husnul Hamidiyah, Aqidatul Islamiyah.

Bidang Tata Bahasa Arab, Tajwid dan Logika :
1. Ilmu Sharf : Kailani/Syarah Kailani, Maqshud/Syarah Maqshud, Amtsilatut Tashrifiyyah, Bina’.
2. Ilmu Nahwu : Jurumiyah/Syarah Jurumiyah, Imrithi/Syarah Imrithi, Mutammimah, Asmawi, Alfiyah, Ibnu Aqil, Dahlan Alfiyah, Qatrun Nada, Awamil, Qawaidul ‘Irab, Nahwu Wadhih, Qawaidul Lughat.
3. Balagah : Jauharul Maknum, Hidayatus Shiban.
4. Mantiq : Sullamul Munauraq, Idhahul Mubham.

Bidang Tafsir Al Qur’an :
Tafsir Jalalain, Tafsirul Munir, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Baidhawi, Jamiul Bayan (Tafsir Thabari), Tafsir Maraghi, Tafsirul Manar.
Ilmu Tafsir : Itqan, Itmamud Dirayah

Bidang Hadits :
Bulugul Maram, Subulus salam, Riyadhus Shalihin, Shahih Bukhari, Tajridush Sharih, Jawahir Bukhari, Shahih Muslim/Syarah shahih Muslim, Arbain Nawawi, Majalisus Saniyah, Durratun Nasihin, Tanqihul Qaul, Mukhtarul Ahadits, Ushfuriyah, Baiquniyah, Minhatul Mugits.

Bidang Akhlaq dan Tasawwuf :
Ta’limul Muta’alim, Wasaya, Akhlaq lil Banat, Akhlaq lil Banin, Irsyadul Ibad, Ihya Ulumuddin, Sairus Salikin, Bidayatul Hidayah, Maraqil Ubudiyah, Hidayatus Salikin, Minhajul Abidin, Sirajut Thalibin, Al Hikam, Hidayatul Adzkiya, Kifayatul Atqiya, Risalatul Muawanah, Nashaihud Diniyah, al Azkar.

Sirah Nabawiyah :
Khulashah Nurul Yaqin, Barzanji, Dardir.


KREDIBILITAS KITAB KUNING
Namun bukan sebuah jaminan bahwa semua kitab kuning itu berisi ilmu-ilmu syariah yang benar. Terkadang dalam satu dua kasus, kita menemukan juga buku-buku yang kurang baik yang ditulis dengan format kitab kuning. Misalnya buku tentang mujarrobat, atau buku tentang ramalan, atau tentang doa-doa amalan yang tidak bersumber dari sunnah yang shahih, atau cerita-cerita bohong yang bersumber dari kisah-kisah bani Israil , juga ditulis dalam format kitab kuning.

Dan pada hakikatnya, kitab kuning itu hanyalah sebuah jenis pencetakan buku, bukan sebuah kepastian berisi ilmu-ilmu agama yang shahih. Sehingga kita tidak bisa menggeneralisir penilaian kita tentang kitab kuning itu, kecuail setelah kita bedah isi kandungan materi yang tertulis di dalamnya.

Semoga bermanfa'at.
=========================================

Okey, begitulah kira2 segala sesuatu tentang kitab kuning. Oiya... sahabat blogger yang saya kenal dan sering membuat resensi2 keren tentang kitab kuning adalah... jeng jeng... Kang Andi Winarso (Eksak), resensi2 tentang kitab kuning bisa kita simak dengan bahasa renyah ala anak rasta :D Gak percaya? Silahkan intip,
>>>  DI SINI.

Betul kan? resensinya renyah, kan? Resensi2nya gak ngebosenin untuk disimak, walaupun mungkin penulisnya ngebosenin, kan? *plethak! :P Btw, untuk Kang Andi, makasih atas award pasedulurannya. Salam hangat selalu dari Semarang. Bye... Wassalamu'alaikum.




21 comments :

  1. alhamdulillah dapat ilmu baru dari blog agan .... thx gan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih... emang multi talenta pemilik blog ini gan..

      Delete
    2. Ho'oh... Saya pernah ikut audisi IMB koq, Kang.
      Indonesia Mencari Berkat... :P

      Delete
  2. Sip mas jd bisa tau pervedaannya...tulisan2 yg beredar mengatasnamakan atau berlabel kitab kuning seperti yg di maksud seperti di atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan pendapat saya mas budi hehehe

      Delete
    2. Yo'ii... disebut kitab kuning hanya karena jaman dulu kertasnya belum seperti sekarang. Masalah isinya sih ya kayak buku2 sekarang, bisa kredibel atau juga abal abal. :)

      Delete
  3. Nah gitu.. mending nulis wae.. ora usah ngurusi grup edan FB iku.. Orang-orang macam di forum itu asline cuma berani tak berhadapan muka Kang.. sudah deh percaya saya. Lebih baik sampean berkarya melalui blog, memberikan pengetahuan pada khalayak soal agama..

    Ai lophe you gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Kang Lozz rupanya suka lop-lopan ama kang Samaranzi! Asyik.. Gak mau ganggu ah! Bhahaha

      Delete
    2. Kang eksak cemburuuuu.... :P

      emang gue cowok apaan! *mendelik* (keselek)

      Delete
    3. Oppohh?! Cemburu? *keselek remason

      Delete
  4. Saya kira dulu disebut kitab kuning karena itu adalah kitab-kitab lama yang kertas-kertasnya sudah menguning, hehe....

    Wow, ternyata banyak ulama Indonesia mengharumkan nama Indonesia di dunia Islam.... Subhanallah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo'i.... kita patut berbangga. :)

      Delete
  5. Mantap, Gan! Penjelasan yg kumplit! Gue jadi tau apa itu kitab kuning? :-)

    wah, ada nama gue juga. *terharu

    Maaakk... Gue masuk blog! Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mboooookeee... anakmu disebut jenenge nang blog super kereen ini. :P
      haha...
      Udah tak pasang di sini, Kang...Etalase Award

      Delete
    2. Wis tak delok, tapi sayang gak no post anyar! Hiks

      Delete
  6. say baru tahu apa itu kitab kuning

    ReplyDelete
  7. Mantab gan..,
    Skill agan makin mumpuni..,

    Oya gan., ada satu pertanyaan kecil., apakah semua kitab kuning yang agan lampirkan bersumber langsung dari Baginda Rasul SAW atau hanya penyesuaian ZAMAN.., Mohon keterangannya Gan!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua... saya sudah dengan kalimat yg sy cetak tebal koq... kita tidak bisa menggeneralisir penilaian kita tentang kitab kuning itu, kecuail setelah kita bedah isi kandungan materi yang tertulis di dalamnya.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...