Sunday, 13 October 2013

Sujud Syukur Timnas U-19 : Dari Mereka Kita Belajar

Bismillahirrohmaanirrohiim.
Berikut ini sekedar mengutip kalimat kalimat yang menjadikan kita banyak belajar dari Skuad Garuda Muda, Garuda Jaya. Mungkin saja dari mereka kita belajar. Kita semua disuguhi tontonan sepakbola yang sangat bagus, baik segi mental, fisik, tehnik, dan rasa percaya diri dari masing masing pemain dan pelatih.
 
Sujud Syukur Timnas U-19
"Saya cuma bilang kepada mereka agar merayakan kebahagiaan dengan bersyukur kepada Tuhannya adapun caranya seperti apa itu hanya mereka dan Tuhannya yang tahu," kata Pak Indra usai memimpin latihan di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Jumat (11/11/2013).

Pelatih Timnas U-19 Pak Indra Sjafri bisa jadi tak sadar. Namun, dengan optimisme beliau telah mengajarkan anak asuhnya untuk siap menang. Sikap ini jarang sekali ditunjukkan oleh para pelatih di Indonesia. Dengan siap menang mereka bakal memerdekakan pikiran dari batasan-batasan yang dibuat sendiri. Dengan siap menang seseorang tak akan menjadi jemawa ketika mereka benar-benar meraih kejayaan. Pun, dengan siap menang tak akan ada rendah diri dan penyesalan berlarut-larut ketika akhirnya kalah. 

Energi positif Pak Indra Sjafri rupanya menular pada anak-anak asuhnya. Ucapan demi ucapan bernada optimis muncul dari penggawa Garuda Jaya, salah satunya Evan Dimas. "Tak ada yang tak bisa dikalahkan kecuali Tuhan," tulis Sang Kapten dalam status Blackberry Messenger miliknya, sejak sehari sebelum laga dihelat.

Sementara Muhammad Hargianto berharap timnya tetap rendah hati dan terus kerja keras. "Saya bangga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan mudah-mudahan ke depannya kami terus menjadi tim yang selalu rendah hati, terus kerja keras, serta pantang menyerah," katanya saat ditemui seusai pertandingan.

"Syukur Alhamdulillah terima kasih kepada semua teman-teman. Dan coach Indra yang memberi keyakikan kepada kami bahwa semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan," ujar Evan yang mencetak hattrick di pertandingan ini, Sabtu(12/10/2013).

Sujud Syukur Timnas U-19 usai pertandingan mengalahkan Korsel 3-2

"Alhamdulilah dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemenangan malam ini," buka Evan dalam sesi jumpa pers pasca laga kemenangan Indonesia atas Korsel 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (10/12). Selain berterima kasih kepada rekan-rekannya setim, gelandang asal Surabaya ini mengaku sangat bererima kasih dengan sang pelatih. "Coah Indra selalu memotivasi kami agar tak minder dengan lawan. Beliau selalu mengatakan kepada kami, 'semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan' dan itu terbukti malam ini," jelas Evan.
Sujud Syukur Pak Indra Sjafrie, Sang Pelatih Skuad Garuda Muda Garuda Jaya

Ungkapan Evan dalam jumpa pers tersebut pun langsung disambut hangat oleh Indra. "Sampaikan juga ke teman-temanmu, Van. Coach juga berterima kasih sangat besar dengan kalian," timpalnya. Indra menambahkan, kemenangan bersejarah atas Taeguk Warriors ini semua tak lepas dari karunia Tuhan Yang Maha Esa. "Tanpa tangan Yang Di Atas kita tidak akan lolos ke Myanmar," tambah pelatih asal Padang ini. 

Dari mereka kita banyaak belajar, dan bolehkah saya tahu... menurut teman2 pelajaran apakah itu? Silahkan berbagi 'ilmu. Terima kasih. :)

"... "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, ..."(QS.Ibrahim. 14:7)

13 comments :

  1. Bersyukur itu tak membuat kita lena meski sudah di atas Kang..

    Jadi pengamat bola saiki rek ? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cak Lozz lum tahu ea kalo Kang Samaranji tuh dirigennya Panser Biru? Hehe

      Delete
  2. Pak Sapri boleh jadi gak sadar bahwa Beliau udah menanamkan faktor imtaq dalam manajemen kepelatihannya. Dan Beliau musti sadar dan maturnuwun dateng Panjenengan selaku penasehat spiritual U-19. [sesi wawancara saat kunjungan ke Stadion Utama Madya Kendal] :-)

    ReplyDelete
  3. Saya harap momentum kemenangan ini tidak lantas membuat lengah dan over confidece sehingga meremehkan lawan, Soalnya jika ini terjadi dampaknya bisa berbhahaya bagi Team U-19 Garuda Muda kebanggaan kita Maju terus wahai Garuda Muda Ku

    ReplyDelete
  4. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, bila ada salah kata dan khilaf atas prilaku selama ini, serta bila ada salah baca atau salah dalam berkomentar, atau belum sempat membalas komentar, dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dimaafkan lahir dan batin...salam

    ReplyDelete
  5. hadir kembali..merasakan dan bersyukur atas nikmat yang diberikan-NYA melalui kemenanganTIMNAS U19....salam :-)

    ReplyDelete
  6. luar biasa banget sama timnas U19 , pokonya aku nge fans

    ReplyDelete
  7. Sangat mengharukan dan inspiratif pak..

    ReplyDelete
  8. bukti sebuahuk semua eligiusan yang bisa mnjadi inspirasi untker

    ReplyDelete
  9. trimakasih infonya...
    sangat bermanfaat...
    salam sukses...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...