Halal Haram Soal Perayaan Tahun Baru

SHARE:

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Assalamu'alaikum.. Selamat sore sahabat. Bolehkah saya curhat sebentar? ini curhat lho... bukan fatwa. Lha wong kita ini sama2 belajar, belajar memahami satu sama lain, belajar memahami perbedaan agar tidak menjadi perpecahan. Iya, kan?

Sebagai ummatan wasathon (QS 2:143) ummat yang berusaha menjadi ummat pertengahan, berusaha menjadi ummat yang adil dalam berfikir berucap dan bertindak, seimbang dalam menilai apapun dan pada siapapun... tentu saja kita gak perlu lebay dalam menyikapi pro kontra tentang haram halalnya perayaan tahun baru. Enjoy ajah...


QS Al Qashash, 28 : 77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Ayat diatas tentu sudah mewakili koq bagaimana kita sebaiknya meni'mati kehidupan dunia ini. Yang penting tetep berbuat baik pada sesama dan tidak berbuat kerusakan.

Kita hormati mereka yang mengharamkan perayaan tahun baru, karena... dalam setiap perayaan tentu tak lepas dari pesta pora hura hura yang berlebihan yg tentu saja tidak sesuai dengan semangat Islam. Bagi yg mengharamkan tentu mengkhawatirkan sikap berlebihan yg mungkin saja perayaan tahun baru disertai mabuk mabukan ataupun zina, na'udzubillah.

Lalu bagaimana dng saudara kita yg lebay banget dalam mencibir soal pengharaman tsb? aahh... anggap saja mereka takut bisnis jualan mercon dan kembang apinya gak laku. ... anggap saja itu saudara kita juga yang khawatir pintu rizqinya jadi terhalang. Simple kan?

So... kembalikan saja pada ayat QS 28:77 di atas, dan tidak perlulah kita berlebihan menyikapinya. Bukankah Alloh tidak suka terhadap sikap yang berlebih lebihan. (QS 5:77 - 6:141 - 7:31). Jadikan saja pergantian tahun ini sebagai ajang bersyukur atas karuniaNYA, bemuhasabah, mengevaluasi diri dan tentu saja merencanakan resolusi2 yang keren untuk diimplementasikan di tahun 2014 nanti. Dan semoga resolusi2 kita bisa tercapai, begitupun do'a kita senantiasa untuk Bangsa dan Negara kita tercinta Indonesia agar lebih baik. Aamiin.

QS Ali Imran

3:147. Tidak ada do'a mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami [] dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

3.148. Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Mohon koreksi jika tidak sesuai nilai2 Ddiinul Islam. Semoga bermanfa'at.

COMMENTS

BLOGGER: 10
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Halal Haram Soal Perayaan Tahun Baru
Halal Haram Soal Perayaan Tahun Baru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAaceWNoHbhXJKeojTw7UzrDed8dOj0OfDp1bxAVXQBsQ5CcKldthNu70Tc5BB3zUdRbHf-LouC_2qSVRZ6HoRIBGNIWj7KSi8MyqVWeaAy7LJRgkY2dJddzCJuJ9-K4SUBZ5tXIBmObM/s400/halal-haram-tahun-baru.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAaceWNoHbhXJKeojTw7UzrDed8dOj0OfDp1bxAVXQBsQ5CcKldthNu70Tc5BB3zUdRbHf-LouC_2qSVRZ6HoRIBGNIWj7KSi8MyqVWeaAy7LJRgkY2dJddzCJuJ9-K4SUBZ5tXIBmObM/s72-c/halal-haram-tahun-baru.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2013/12/halal-haram-soal-perayaan-tahun-baru.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2013/12/halal-haram-soal-perayaan-tahun-baru.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy