Macam - Macam Jomblo

SHARE:

Macam - Macam Jomblo menurut pakar santriology

JOMBLO FI SABILILLAH 
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah dikarenakan sibuk berjuang di jalan Allah dengan cara mencari Ilmu atau mengkhotbahi orang. (fi sabilillah : berjuang di jalan Alloh Ta'ala)

JOMBLO WALLOHU A'LAM
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah dan selalu bilang kalau jodoh di tangan Tuhan demi menghibur hatinya. (Wallohu A'lam : hanya Alloh SWT yang tahu)

JOMBLO SHAUMAGODIN
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah, lalu melakukan puasa dan membaca doa-doa tertentu supaya menarik hati lawan jenis. (lafadz "shoumagodin" biasa diucapkan saat niat berpuasa yang artinya "puasa untuk esok harinya)


JOMBLO SHIROTOL MUSTAQIM 
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah tapi tak putus asa untuk terus bergaya dan berjalan ke masa depan supaya lawan jenis ada yang mau memperhatikannya. (Shirotol Mustaqim : jalan yang lurus)

JOMBLO MUKHLISIN
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah tapi tetap ikhlas dan sabar meski setiap hari diteriaki teman-temannya sebagai Jomblo. (Mukhlisin : orang yang ikhlas)

JOMBLO NAWAITU
Mereka yang setiap tahun berencana menikah padahal pacar dan calon pasangan belum ada. (lafadz "Nawaitu" diucapkan ketika berniat untuk melakukan sesuatu

JOMBLO MUGHOLADOH
Mereka yang tak punya pacar atau belum menikah kemudian menghabiskan waktunya di depan computer, membuka situs porno, menonton youtube  demi mengisi kesepian hati. (Mugholadoh : istilah fiqh untuk kategori najis besar)

JOMBLO TAHLIL
Mereka yang tak punya pasangan kemudian menghabiskan malam mingguan di acara Tahlilan tetangganya yang baru meninggal (istilah Tahlilan biasa digunakan untuk menyebut suatu tradisi kegiatan do'a bersama dalam sebuah peringatan tertentu)

JOMBLO SUMMUM BUKMUN
Dia adalah jomblo yang selalu diajak nongkrong di warung atau di cafe oleh sepasang kekasih, tapi tugasnya hanya mendengarkan perbincangan mesra mereka. (Summum Bukmun adalah potongan do'a yang biasa diucapkan saat takut menghadapi anjing, yang artinya tuli bisu)

JOMBLO LAILATUL QADAR
Dia adalah Jomblo yang selalu begadang tak tidur malam dan berharap pada Tuhan agar dianugrahi pasangan yang seribu kali lipat lebih baik dari orang yang pernah mematahkan hatinya. (Lailatul Qodar adalah suatu malam di bulan Romadhon yang sangat istimewa, dimana jika beribadah di malam ini laksana beribadah seribu malam pada hari hari biasa)

JOMBLO JUZ AMMA
Jomblo yang jika diberi kesempatan punya pasangan umur pacarannya pasti selalu pendek. (Juz Amma : Juz ke 30 dalam Al Qur'an yang berisi surat surat pendek)

JOMBLO QOLQOLAH
Jomblo yang terus gigih berjuang memiliki pasangan, tapi hasilnya selalu saja mantul. (Qolqolah : istilah dalam ilmu tajwid untuk menamai sebuah huruf yang cara mengucapkannya memantul diakhirnya)

JOMBLO MUJAHID
Jomblo yang selalu iri melihat orang lain pacaran lalu ia masuk ke organisasi radikal agar bisa melakukan sweeping terhadap kemaksiatan. (Mujahid : pejuang)

JOMBLO WALADDHOLIN
Jomblo yang putus asa karena tak juga bisa mendapatkan pasangan lalu mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. (Waladdholin : secara harfiah bermakna golongan sesat, merupakan lafadz terakhir dalam surat Al-Fatihah)

JOMBLO MUTAFAQUN 'ALAIH
Jomblo yang begitu istiqomah mempertahankan kejombloannya sebab menghargai sahabatnya yang juga jomblo. (Mutafaqun 'Alaih : istilah untuk menyebut suatu hadits yang keshahihannya telah disepakati bersama oleh para 'Ulama)

JOMBLO TA'LIM MUTA'ALIM 
Jomblo yang menghabiskan hidupnya untuk takdzim dan berkhidmat pada sang guru, sambil diam-diam berharap bisa dijodohkan dengan anaknya. (Ta'lim Muta'alim : nama sebuah kitab kuning, pengetahuan untuk para penuntut 'ilmu)

JOMBLO TAWASULAN
Jomblo yang jika jatuh cinta pada lawan jenis selalu membutuhkan macomblang atau perantara. Tapi belum tentu berhasil. (Tawasulan : mendekatkan diri pada -Alloh SWT- melalui perantara)

Yang manakah Kamu?

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Macam - Macam Jomblo
Macam - Macam Jomblo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicqJrEEZt-unNyPB25J68aWx5zbs3YHzZo_CqVZhf7UCwxt90ArES0JTF8xhS6na3KuFXAsQZKnIb1cGPlHr_TGslmwBuFQ-p2xovuBSVLTvbpfAo5EQImPt4ag-x2o9y_Al3sg6u7xVg/s400/debu-semesta-santri-jomblo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicqJrEEZt-unNyPB25J68aWx5zbs3YHzZo_CqVZhf7UCwxt90ArES0JTF8xhS6na3KuFXAsQZKnIb1cGPlHr_TGslmwBuFQ-p2xovuBSVLTvbpfAo5EQImPt4ag-x2o9y_Al3sg6u7xVg/s72-c/debu-semesta-santri-jomblo.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2017/10/macam-macam-jomblo.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2017/10/macam-macam-jomblo.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy