Tuesday, 31 December 2013

Halal Haram Soal Perayaan Tahun Baru

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Assalamu'alaikum.. Selamat sore sahabat. Bolehkah saya curhat sebentar? ini curhat lho... bukan fatwa. Lha wong kita ini sama2 belajar, belajar memahami satu sama lain, belajar memahami perbedaan agar tidak menjadi perpecahan. Iya, kan?

Sebagai ummatan wasathon (QS 2:143) ummat yang berusaha menjadi ummat pertengahan, berusaha menjadi ummat yang adil dalam berfikir berucap dan bertindak, seimbang dalam menilai apapun dan pada siapapun... tentu saja kita gak perlu lebay dalam menyikapi pro kontra tentang haram halalnya perayaan tahun baru. Enjoy ajah...


QS Al Qashash, 28 : 77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Ayat diatas tentu sudah mewakili koq bagaimana kita sebaiknya meni'mati kehidupan dunia ini. Yang penting tetep berbuat baik pada sesama dan tidak berbuat kerusakan.

Kita hormati mereka yang mengharamkan perayaan tahun baru, karena... dalam setiap perayaan tentu tak lepas dari pesta pora hura hura yang berlebihan yg tentu saja tidak sesuai dengan semangat Islam. Bagi yg mengharamkan tentu mengkhawatirkan sikap berlebihan yg mungkin saja perayaan tahun baru disertai mabuk mabukan ataupun zina, na'udzubillah.

Lalu bagaimana dng saudara kita yg lebay banget dalam mencibir soal pengharaman tsb? aahh... anggap saja mereka takut bisnis jualan mercon dan kembang apinya gak laku. ... anggap saja itu saudara kita juga yang khawatir pintu rizqinya jadi terhalang. Simple kan?

So... kembalikan saja pada ayat QS 28:77 di atas, dan tidak perlulah kita berlebihan menyikapinya. Bukankah Alloh tidak suka terhadap sikap yang berlebih lebihan. (QS 5:77 - 6:141 - 7:31). Jadikan saja pergantian tahun ini sebagai ajang bersyukur atas karuniaNYA, bemuhasabah, mengevaluasi diri dan tentu saja merencanakan resolusi2 yang keren untuk diimplementasikan di tahun 2014 nanti. Dan semoga resolusi2 kita bisa tercapai, begitupun do'a kita senantiasa untuk Bangsa dan Negara kita tercinta Indonesia agar lebih baik. Aamiin.

QS Ali Imran

3:147. Tidak ada do'a mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami [] dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

3.148. Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Mohon koreksi jika tidak sesuai nilai2 Ddiinul Islam. Semoga bermanfa'at.

10 comments :

  1. Okey dech, Sob yang penting tetap semangat dalam hal kebaikan...enjoy aja!

    ReplyDelete
  2. ngerti sampean ngene iki tak jak malem barunan sampean! Bhahaha

    ReplyDelete
  3. Merayakan sesuatu pasti gak akan dilarang oleh semua agama, asalkan dalam merayakannya itu kita tidak melakukan hal-hal yang negatif :)

    ReplyDelete
  4. Tapinya sekarang sudah 2014 (@,@)"

    (Ini maksudnya memaksa tuan rumah update postingan) huhu ^^

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas mendowload dn upload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  7. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui.

    ReplyDelete
  8. kalau di rayakan dengan hal positif mungkin gapapa ya :)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. BTW, gmn punya kabar nih admin blognya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...