Saturday, 28 January 2012

Hidup, Game dan Takdir...

Bismillah. Alhamdulillah, wassholatu wassalamu 'ala Rosulillah SAW.

from here
Tadinya artikel ini masuk dalam draft saja. Namun rasanya koq ya sayang kalo cuman jadi bahan bacaan dan pemikiran doank, maunya sih sekalian ngiras-ngirus lagi macam yang ini (sekali dayung tiga dua pulau terlampui, gituh) ***halagh,,,mo bilang ikutan kontes lagi koq ya malu2. Aaaah enggak kooooq, motifasi saya nulis bukan untuk itu yooo, suerrr ^_^;. Pinginnya sih mempersembahkan sesuatu yang bermanfa'at, membuat tulisan yang membuka wawasan, melebarkan sudut pandang, dan merevolusi pemikiran. Tapiii kalo diikutin GA sekalian, mengapa tidak.;)... Haha :D.... a-la-san !!!.

Tolah-toleh, tengok sana tengok sini, meluncur disono mampir dimari, nyari2 GA atau kontes yang pas di hati ;) daaaaannnn, yuuhuuuu ini dia quote yang pas di hati itu :

"Jika kamu menemukan sebuah pintu yang bisa membawamu ke dunia game, 
dunia anime, dunia khayalan atau dunia yang sesuai keinginanmu, 
kemana kamu akan pergi? Dan apa yang akan kamu lakukan di sana?"

Pasti taulah siapa pemilik quote itu, kamu tahu ? kamu ? kamu ?. Masak gak tahu seh, baca disini, nnaaah dah tau kan pemiliknya, yap,,, namanya Mbak Nurmayanti Zain (Maya). Cerpen itu berkisah ttg petualangan Putri Cahaya sang tokoh utama, yang diajak oleh Tinker Bell untuk menyelamatkan Neverland (dunia antah berantah) dengan tiga botol yang masing2 berisi pelangi, hujan dan bintang yang sudah menjadi pilihannya. Yang namanya Neverland pasti identiklah ya dengan Peterpan dan Captai Hoock, tapi keknya Mbak Maya sengaja neh membuat Si Wendy Cemburu, lah wong kita gak bakalan nemu tokoh tsb dalam cerita itu. Eniwey... setelah membaca saya hanya bisa membuat kesimpulan :

Dunia Impian Neverland : sebuah dunia maya yang nyata, nyata karena sejatinya kita sedang berada di dalamnya, maya karena kita tidak bakalan selamanya di sana....


Hidup Itu Permainan

Yeahh, hidup itu emang permainan. Enggak heran jika ada musisi yang nyiptain lagu "dunia ini panggung sandiwara" (sopoo yoo, lali,,, mengko wis kapan2 tak gugling). Tapi bener loh, dunia ini emang permainan, Allah Ta'ala berfirman kurang lebih artinya :

Al ‘Ankabuut 29:64. Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.

Al Hadiid 57:20. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan,...

Nah loh,,, ternyata sekarang ini kita sedang berada dalam Never Land itu toh ?, jadi sangat tepat jika Mbak Maya bertanya "...kemana kamu akan pergi? Dan apa yang akan kamu lakukan di sana?"


Program "Mega-Game" Yang Super Detil

Waah, pemikiran sesat nih, sesat nih, sesat...!!! Mungkin ada diantara kalian ada yang bilang gitu ? Mungkin ada diantara kalian ada yang menganggap saya melakukan "abuse" (pelecehan) terhadap ayat2 Al Qur'an ? Monggo,,,, Dan silahkan simak Firman Allah Tala, Sang Maha Pemrogram "Mega Game" yang sedang kita jalani ini, kurang lebih artinya :

QS An Naml, 27:75. Tiada sesuatupun yang ghaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh). 

QS Al Hadiid, 57:22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

Al An'aam 6: 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

Yaaa, kita sekarang berada dalam Mega-Game yang dirancang dengan bahasa pemrogaman yang super duper canggih dan detil, yang biasa kita kenal sebagai lauhul mahfudz. Tak akan ada bug-bug (cacat program yg menyebabkan hank), dan tak mungkin diakali cheat (kode curang) oleh orang2 yang jenius sekalipun karena..., hukum alam merupakan ketetapan-Nya.


Kitalah Pemain Itu

Sebelum terlahir membuka gerbang Never Land, masing2 kita menerima ketetapan yang juga sudah tertulis di Lauhul Mahfuzh (Entry Data At Design Time, bahasa kerennya). Dan setelah berada dalam Mega-Game ini kita diberi kesempatan untuk mengup-grade diri (Update Data At Run Time, istilah cool-nya) dengan tujuan memperbaharui data karakter yang sudah ditetapkan pada Lauhul Mahfuzh.

Saat lahir, masing2 kita dalam kondisi fitrah, standard (default), kemudian diperbaharui mengikuti kondisi terbaru. Proses ini mirip dengan pembuatan karakter baru pada saat memulai permainan Game Online, dimana kalau pada Game Online gamer bisa menentukan sendiri akan seperti apa karakternya kelak. Misalkan pada awalnya nilai Dexterity (dex) bernilai 10, kemudian gamer bisa menaikkannya menjadi 12 misalnya. Kemudian nilai Strange (str) bernilai 10, kemudian diturunkan menjadi 8. Dan tujuan gamer mengatur demikian adalah agar karakternya mempunyai bakat dan kemampuan sesuai keinginannya. Kitalah penentu hidup kita, Sang Pencipta membuat pilihan2 takdir namun pilihan kitalah yang menentukan takdir kita sendiri.

QS Ar-Ra'du, 13:11 ……..Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

QS Asy-Syuuro, 42:30 Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

Soo,,, jangan salahkan Tuhan (baca : Allah Ta'ala) atas takdir kita karena,,, takdir yang kita terima sekarang adalah konsekwensi atas pilihan2 takdir yang kita laksanakan.


Pasti Ada Pertanggung Jawaban

Apakah kita mengira semua tak ada konsekwensi atas apa yang kita perbuat ? Bahkan sebelum menerima pertanggung jawaban kelak di alam "Nyata" terkadang kita sudah menerima balasannya di alam "Maya" ini. Kita diberi kebebasan memilih

Apakah ketika kita gagal dan menjadi pecundang dalam permainan ini kita bisa mengulang ? kita bisa memohon kepada-Nya untuk diberi kesempatan kedua ? untuk melakukan remidi agar mendapat nilai sempurna ? Klik Me.

Semua akan bersaksi di hadapan-Nya kelak. Kita tak bisa mengelak dan berkata "ah itu rekayasa... saya berbuat baik koq, mengapa diaanggap jahat". Firman Allah kurang lebih artinya :

QS  Al Zalzalah, 99:4] pada hari itu (kebangkitan) bumi menceritakan beritanya,

Yap,,, bumi ibarat kepingan CD tiga dimensi yang selalu berputar dan berputar merekam jejak-jejak yang kita lakukan. Bahkan hingga susunan partikel terkecil (mikrokosmos) pun memberi kesaksian pula,,,

QS Fushshilat, 41:21. Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan."

QS An Nur, 24:24 Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.


Maaf, kawan. Jika terlalu banyak ayat2 Al Qur'an yang saya taburkan. Sekali lagi bukan untuk bermaksud melakukan "abuse" terhadap firman-Nya, hanya saja saya berharap masing2 kita bertanya, sudahkah kita tadarus Al Qur'an seluruhnya, walaupun sekedar terjemahan dulu. Berapa banyak waktu kita untuk membaca cerpen, novel, flash-stories, lalu berapa banyak waktu yang kita sisakan sepetak untuk memahami ayat-ayat NYA....

Dunia Impian Neverland : sebuah dunia maya yang nyata, nyata karena sejatinya kita sedang berada di dalamnya, maya karena kita tidak bakalan selamanya di sana....




Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Kemilau Cahaya Emas yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain

27 comments :

  1. Aku pernah baca katanya reinkarnasi pun ada di Quran. Tapi aku lupa, lalala...

    Oh ya ya ankabuut. Aku mau gugel ayat yang tentang senda gurau itu tapi lali surate. Kalau hidup ini senda gurau, Tuhan itu suka bercanda ya ^^ yaaa hidup harus seneng berarti. :D :D

    Aku belum melu GA sing iki ki...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reinkarnasi ?, kan dah saya bilang, itu cuman tuntutan manusia "abnormal" .::KLIKME::.

      Yaa,,, hidup harus senang, kebahagiaan tidak perlu dicari tapi harus diciptakan ;)

      Delete
    2. Bukan, maksud aku ada yang pernah bahas kalau reinkarnasi itu ada. Dan tertera di Quran. Si Ahmad Chodjim apa namanya kalo ga salah. *males gugling*

      Yoi, cuma isi komen di sini aja aku senang kok. Wlekkk

      Delete
    3. Mbuh,,, aku ra kenal Ahmad Chodjim :p :p

      Sy juga senang loh, kedatengan selebritis yang ngetop gara2 pake daster terus2an, eee malah menang di kontes blogger segerrr... ;)

      "sorot matamuuuuu"....syaaaah

      Delete
  2. ng, tak terpikirkan ternyata bisa terlahir tulisan maya dan nyata dari sisi kehidupan beneran :) masyaAllah
    --satu perbedaan besar, di mega-game kita tak bisa me-reset, tak bisa terlahir kembali dan tak punya portal memory untuk ke masa lalu. Sedang hal seperti itu bisa dilakukan di game online ataupun offline.

    yang bisa kita lakukan adalah selalu upgrade diri :) muhasabah untuk hari esok yang lebih baik, subhanallah

    -------------
    sudah terdaftar
    terima kasih atas partisipasinya ya haris :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap,,, ga bisa diulang, kek reinkarnasi ntar ;) Bahkan sy memahami jika ada yang mengaku punya ingatan ttg "kehidupan sebelumnya" itu hanyalah memori2 dari leluhurnya yg ikut dalam genom generasi selanjutnya.

      Upgrade diri, biar naik level gituh ya :)
      Makasih Mbak,,, keep visit my blog *eh kayak udah propesional ajah sy :D

      Delete
    2. iya, tak ada reinkarnasi-
      up grading! semangat!

      Delete
  3. Ya Allah. . .
    ini kereeeeen sekali
    benar2 jadi masuk akal. . .
    semoga menang ya. . .

    sukses di follow. . .
    salam ukhuwah mas bro. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga menang, amin.
      Begitupun dng Prince Rain nya, yah...

      Makasih.
      Salam ukhuwah juga, kawan....

      Delete
  4. Setuju, Kang. :)
    Tapi saya lebih senang menyebut hidup kita ini sebagai 'uji kelayakan', ibarat yang sedang dijalani mobil Kiat Esemka saat ini. Kalo lolos uji emisi, maka mobil ini layak digunakan di jalan raya. Sementara kalau kita lolos ujian ini, berarti kita layak masuk surga. Yang gagal ujian akan kena reject dan yaaah.... dibuang ke tempat lain. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas, share nyah...
      Kerennn perumpamaannya Mas. Kita bebas utk mendefinisikannya kan :D, apa yang kita definisikan itulh pilihan kita, dan tentu akan berpengaruh pada jalan kita selanjutnya... ;)

      Delete
  5. kalau saiia kang..

    "Jika kamu menemukan sebuah pintu yang bisa membawamu ke dunia game, dunia anime, dunia khayalan atau dunia yang sesuai keinginanmu, kemana kamu akan pergi? Dan apa yang akan kamu lakukan di sana?"

    akan saiia ubah pertanyaannya menjadi.. "mengapa bisa tercipta 'pintu' tersebut.. terbuat dari materi apa, apakah bisa saiia mengontrol pintu tersebut tuk selamanya..??!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya Mbak Maya MAs, yang buat quote itu dia koq. Tapi kalo boleh sy jawab,,,

      Tanyalah pada "pintu" hati kita, kapan "pintu" hidayahNYA terbuka utk kita ?

      Kira2 pintu itu terbuat dari material apa yah ? bisa dikontrol gak yah ? ;)

      Delete
  6. indah sobat, membaca paragraf terakhirmu saya jadi inget, betapa saya sering kali melalaikan membaca firman firman Nya, terima ksih telah mengingatkan, sukses ya GA nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks T_T, sama mass...
      Dalam menulis sy lebih mendahulukan utk mengingatkan diri sendiri...

      Yo'i Mas, sukses juga utk Mas Stumon, sukses dunianya juga akhiratya... Amin.

      Kapan blog sy direview *eh

      Delete
    2. amin, selayaknya kita saling mendoakan tentang kebaikan ya sob :D

      Delete
  7. mas ini maenan game onlen juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak koq, enggak kapok *eh. Ngabisin duit dan waktu, tapi bisa juga sih jualan "senjata" gituh ya...

      Tapi suerrr, sekarang sy gak main yooo, udah tua... ;)

      Delete
  8. wiw~
    saingan GA....
    cah njeporo ato semarang??? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiiaaahh... \>.</
      Semarang toh yo, kan Samaranji. kalo Al Jafara, baru Cah Njeporo....

      ho'oh saingan, semoga sukse ya...^^

      Delete
    2. hehehh~
      iya yah,,bahasa arabnya smarang kn samaranji :-D

      Delete
  9. Waduh, berapa jam ya, buat baca alquran..
    *tersindir telak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya para koruptor sadar bener ama yg beginian, karena di akherat semua bakal jadi saksi. tapi apa dibaca ya ama koruptor

      Delete
    2. @ Mbak Del : iya nih, sy juga kesindir,,, kita kan gak sebegitunya kali ya, sehari sekali kan kita tadarus yah pas ba'da maghrib (kalo inget), kadang juga seminggu sekali pas ba'da jum'atan (kalo inget), kadang juga setahun sekali pas romadhon (kalo inget)...

      Sompret tuh yang nulis,,, keroyok aja yuuuuk. Mbak Dell njambak rambutnya, saya yang ngitik2 kakinya. ;). gimana ?
      ==================

      @ Mas Rusydi : Setidaknya kita dulu yang baca ini gak bermental koruptor yah...

      Delete
  10. ternyata setiap panca indra kita diminta pertanggungjawaban,takdir telah tertulis/diaturNya tetapi tetap diberi kesempatan untuk mengubahnya,...luarbiasa,nice posting.....:)

    ReplyDelete
  11. selamat bermain
    semoga jadi pemenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.
      Semoga demikian juga dengan @Kang Usup :)
      Enjoy aja, ya Kang, "lain syakartum laazi dannakum, wa lain kafartum inna 'adzabi lasyadiid" :D
      Mari jadikan Ummat Islam Indonesia lebih cerdas, kritis dan mandiri. :7

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...