Jumat, 08 April 2011

Ketika Syirik Berevolusi

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan hanya kepada-Nyalah kita memohon pertolongan. Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan atas Baginda Rasulullah SAW.

Berobat  ke dukun, pastilah yang ada dalam benak kita "itu musyrik, ertobatlah kawan !!!". Sadarkah kita, seiring perkembangan zaman, kemusyrikan-pun ikut "berevolusi". Berobat ke dokter-pun terkadang masih ada yang berkomentar "dokter ini hebat, bisa nyembuhin saya" "obat ini ampuh, penyakit saya langsung sembuh". Na'udzubillahi min dzaalik, sadarkah kita ucapan tersebut adalah bentuk kemusyrikan. Sadarkah kita bahwa hanya Allah Ta'ala yang bisa menyembuhkan sementara obat, dokter dan segala propertinya hanyalah perantara dari kesembuhan kita ?. Gambar-gambar berikut, semoga menjadi bahan introspeksi bersama apakah kita sudah jauh dari syirik dan khurafat.



Ular Dunia Perdukunan
Tongkat berbentuk ular mungkin menjadi ikon dunia perdukunan.
Ular Dunia Kedoteran
Sedangkan ular yang satu ini menjadi ikon dunia kedokteran.


Cincin Bertuah/ Berkhasiat
Cincin ini dianggap bertuah dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Cincin Bio Magnetik
Sedangkan cincin yang ini dianggap memiliki energi bio magnetik untuk kesehatan.

Keris Penjaga Jiwa
Keris dianggap sebagai senjata ampuh untuk kewibawaan dan mungkin bisa menjaga jiwa seseorang.

Pistol Pelindung Nyawa
Pistol dianggapjuga dapat melindungi nyawa seseorang.

Jimat Pengasihan
Azimat Pengasihan ini dipercaya dapat menarik simpati lawan jenis.

Kunci Pengasihan
Sedangkan Kunci Pengasihan ini juga dianggap mampu memikat lawan jenis.

Silahkan simpulkan sendiri dimana letak kemusyrikan dari perbandingan-perbandingan diatas. Firman Allah Subhanahu Tabarika Wa Ta'ala, kurang lebih artinya :
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. (QS. Al Baqarah, 2 :107)

Lalu bagaimana kita memahami "Hanya Allah lah yang dapat menolong dan melindungi kita" ?. Apakah Allah Ta'ala langsung "turun" cling.....!!! jreee...eeng, eng ing eng  !!! muncul didepan kita saat kita butuh pertolongan ?. Tidak kawan, mari pahami ayat berikut kurang lebih artinya :
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai Penolongmu , sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al Baqarah, 2 :153)

Jika kita pernah menganggap obat/ dokter lah penyembuh kita, jika kita pernah beranggapan bahwa cincin bio magnet dapat menjaga kesehatan tubuh kita, jika kita pernah mengira senjata apapun dapat melindungi  nyawa, jika kita pernah menyangka segala kemewahan dunia dapat menakhlukkan siapapun untuk menyukai kita, maka percayalah kita sudah memasuki area syirik yang "berevolusi" ini. 

A'udzubillahi minasy syaithoonirrojiim, Bismillahirrahmaanirrahiim.

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُواْ فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُواْ أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُواْ اللّهَ فَاسْتَغْفَرُواْ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللّهُ وَلَمْ يُصِرُّواْ عَلَى مَا فَعَلُواْ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri , mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran, 3 :135)

Semoga bermanfa'at.

17 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Assalamu’alaikum
    materi pendukung ada di ;
    http://isyfatihah.blogspot.com/2010/10/musyrik-pun-pandai-menyamar.html

    BalasHapus
    Balasan


    1. Sy ucapkan banyak terima kasih Buat MBAH SUGEL,ini sy Arlan dr madura yg pernah MBAH tolong
      masalah cewek yg sangat sy cintai.sekarang kami sudah menikah berkat bantuan MBAH,sekali lagi
      maksih banyak JAMPI PELET MBAH,kalau bukan karna bantuan MBAH,mungkin sy tdk akan pernah
      mendapatkan cewek kesayangan sy,dulu meman kami saling mencitai,menyayangi.tp setelah dia
      di guna-gunai oleh seorang cowok yg menginginkan dia,dia berubah jadi benci sy bahka kalau
      sy lewat di depannya dia langsung meluda dan berkata lebih baik melihat tai daripada lihatkamu.
      tp setelah sy minta tolong sm MBAH SUGEL ALHAMDULILLAH dia datang sendiri ke rumah sy saat
      tengah malam ketok pintu,setelah pintu sy buka langsung bersujud dikaki sy menangis,minta maaf
      dan mengajak sy agar segera melamarnya.dan sekarang kami sdh menikah...buat teman-teman yg ada
      masalah tentang cinta,cewek atau cowok,suami istri selalu berantakan,suami atau istri selingku.
      MBAH SUGEL bisa mengatasi dgn jampi peletnya...segera hub.di ;085-340-790-799.sy jamin
      pasti bisa,sya sdh lihat buktinya,betul-betul ampuh....terima kasih.

      Hapus
  3. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh !

    ustd Samaranji ketemu maning !

    ternyata tidak salah dugaan ana bahwa antum orang yang berilmu, ijinkan ana tolabul ilmi lewat blog antum. ana otongdarsa !

    wasalam !

    BalasHapus
  4. Ini tentang 'sabab-musabab', bukan 'sebab-akibat'... Tks. Mas Samaranji.

    BalasHapus
  5. @ Kang Abu Hanan
    Wa'alaykum salam warahmatullah,,,
    Iya kang, sy juga baru inget padahal dulu juga pernah baca. Artikel ini sebenarnya terinspirasi dari diskusi di http://metafisis.wordpress.com/2011/03/31/benarkah-ada-wali-ghoib-yang-turut-mengatur-alam-semesta/#comment-8423 . Terimakasih telah memberi referensi pendukung.
    ============================

    @ Musafir Ilmu (Kang O. Darsa)
    Inggih,,, ketemu maning, namun saya bukan ustadz, jadi mohon jangan membebani sy dengan titel tersebut. Kita tholab bersama aja njih...
    ============================

    @ Ajengan Anom
    Terimakasih,,, penegasannya.

    BalasHapus
  6. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    ijin copas dan share !

    BalasHapus
  7. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    @samaranji, mengupas mslh SYIRIK YG SAMAR memang memerlukan wawasan yg mendalam, kurang2nya kita memahaminya, maka keSAMARannya itu sulit untuk dibedakan.

    kiranya @samaranji mungkin ada pahaman :

    sy bila ada permohonan pada yang kuasa, biasa sy berusaha secara syariat yg dilakukan secara dzohir, sambil sy dawamkan dlm hati salahsatu asmaNYA dgn dzikir.

    bagaimana pandangan @samaranji, syirik kah itu ??

    sudilah kiranya untuk menanggapinya.........wasallam !!

    BalasHapus
  8. @ Musafir Ilmu
    Wa'alaykum salam warohmatullahi wabarokatuh,,,

    Suatu kehormatan artikel ini bisa dicapas dan di share. Terimakasih.

    ***@samaranji, mengupas mslh SYIRIK YG SAMAR memang memerlukan wawasan yg mendalam, kurang2nya kita memahaminya, maka keSAMARannya itu sulit untuk dibedakan.***
    >>> karena samar itulah saya lebih memilih yang inti dulu, kita belajar apa itu Islam, apa itu rukun Islam apa itu rukun Iman, gimana sholat yang benar, gimana wudhu yg benar, gimana baca al qur'an yang benar, saya takut generasi sekarang tidak bisa baca al qur'an (apalagi tadarus qur'an), baca alif ba ta belum bisa eh sudah mau belajar tasawuf, bid'ah dsbnya...

    ***sy bila ada permohonan pada yang kuasa, biasa sy berusaha secara syariat yg dilakukan secara dzohir, sambil sy dawamkan dlm hati salahsatu asmaNYA dgn dzikir.***
    >>> permohonan pada Allah Ta'ala akan mudah dikabulkan selama kita juga mengenal dan dekat dengan-Nya, dzikir (mengingat Allah Ta'ala) bagi kita setidaknya adalah SHOLAT 5 WAKTU dng kontinu dan konsisten. Jika ada orang yg berdzikir setiap waktu, saya salut itu (namun hal ini tidak lantas menggugurkan kewajiban sholat 5 waktu kan ?).

    BalasHapus
  9. saat kita berobat ke dokter tapi lupa kalau tuhan yang memberi kesembuhan maka bisa disebut musrik,
    jadi kalau kita berobat ke dukun tapi kalau bertakwanya kpd tuhan maka berobat ke dukun/menggunakan jimat2 pun bisa jadi tidak musrik?

    BalasHapus
  10. @ Bli Sutha
    Duh kemana aja,,, koq sekarang blognya tidak terbuka untuk umum, bli ???

    ***jadi kalau kita berobat ke dukun tapi kalau bertakwanya kpd tuhan maka berobat ke dukun/menggunakan jimat2 pun bisa jadi tidak musrik?***
    >>> sayangnya jarang ada tuh dukun yg gitu (mengajak bertaqwa pada Allah Ta'ala).
    >>> tapi keknya ada koq dukun yang jauh dari musyrik.... "dukun bayi" (bantu persalinan bayi gitu).

    Bli,,, gimana kabar ???
    Blognya dibuka untuk umum dunk.

    BalasHapus
  11. Sutha

    Hohooo,
    maaf mas, saya sedang belajar. seperti anda tahu saya jarang online sekarang. maka mending blog saya tutup dulu. belajar dulu, kalau sudah dapet ilmu baru khan nanti saya mudah berbagi. saya masih bodoh, apalagi yang bisa saya bagi di blog saya...
    memang ada yg bilang diaktifkan saja, namun saya pasif disana. tetapi saya rasa tidak ah, kasihan yg komen tidak saya jawab2, pasti nengokin terus.

    ya nanti saya janji saya buka lagi mas, pasti kok! tapi biar saya cukup ilmu dulu. dan setelah itupun kalau saya sudah merasa tumpul lagi, bukan tidak mungkin blog saya tutup lagi! heheheeeeee

    -----

    Oh ya, balik ke topik, bagaimana dengan yoga menurut mas Sam? saya penekun yoga asana, saya juga mengajar turis, dan disana saya tidak memasukkan elemen2 mantra hindu, kecuali mereka yg minta.
    kalau menurut saya, Yoga asanas (gerak oleh tubuh) memang memiliki hubungan dgn nilai luhur Hindu, misalnya kecintaan terhadap badan sendiri, pemahaman terhadap organ2 tubuh. dan semua gerak itu adalah ilmiah, tidak ada sugestif. dlm menganalisa hal ini saya sudah mengajak pakar dokter untuk membuktikan apa yg diajar guru yoga saya sebenarnya adalah jawaban2 yg dicari2 oleh para dokter.
    dan bagaimana dengan di klinik tubuh/ panti pijat? ketika badan pasien direntangkan/dilekuk/dilipat/digestur membentuk suatu pose untuk memperbaiki bagian yg bermasalah, itu juga sebenarnya gerakan yoga! bukannya secara tidak sengaja, sebenarnya tukang pijatnya itu pasti tahu, cuma mereka takut mengatakannya terang2an. silahkan anda buktikan, tanyakan ke klinik pijat asal bukan pijat tunantra.
    nah yang saya tanyakan, bagaimana pandangan anda tentang yoga itu yang diharamkan, jika anda memaknai kemusrikan itu seperti ini, apakah yoga, jika dilakukan tanpa doa Hindunya, musrikkah? patutkah diharamkan?

    BalasHapus
  12. @ Bli Sutha...
    welcome my bro,,,
    *bersalaman*... *berpelukan*...
    he,,,he,,, kaya teletubies.

    ***Hohooo,
    maaf mas, saya sedang belajar. seperti anda tahu saya jarang online sekarang. maka mending blog saya tutup dulu. belajar dulu, kalau sudah dapet ilmu baru khan nanti saya mudah berbagi. saya masih bodoh, apalagi yang bisa saya bagi di blog saya...***
    >>> emangnya sy udah pinter, kalo nungu pinter lha kapan bikin blognya, lha wong semakin belajar kita tentu semakain bodoh. Enjoy aja, bli... jadikan ngeblog sebagai sarana belajar (karena banyak komentar yang bakalan nambah ilmu en pengetahuan, kan).
    ============================

    Masalah "Yoga" yah ??? Mmmhhh...
    mnurut saya sih, mnurut saya loh...
    YOGA sama dengan SENAM, just it.

    Adapun jika ada yang mengharamkan, tentu beliau2 punya alasan. Mungkin salah satunya ya karena kebanyakan ber-yoga ria jadi ninggalin sholat. Jadi,,, jika bli Sutha ngajarin "yoga" pada umat Islam tolong diingatkan saat waktu sholat, dunk. Beneran loh, bli. Thank's. Bukankah bli sutha ndiri juga punya kewajiban menjalankan "trisandya" ?

    Mungkin,,, sekali lagi mungkin loh, dwuuluuu ajaran "hindu purba" pun mengajarkan sholat sebagaimana umat Islam sekarang, karena pada lalai dan ngegampangin jadinya ya cuman sebatas semedi en yoga doank deh.

    Korelasinya gini,,, umat Islam sekarang-pun banyak yang pada melalaikan kewajiban sholat lima waktu, dengan alasan yang dibuat2 dan dibalut dengan kalimat "yang penting niatnya ibadah".
    A BERSEMEDI , tapi NINGGALIN SHOLAT.
    B BEROLAHRAGA , tapi NINGGALIN SHOLAT.
    C BERDAGANG , tapi NINGGALIN SHOLAT.
    D BERMUSIK , tapi NINGGALIN SHOLAT.

    Dan ternyata,,,
    A BERSEMEDI, menjadi ciri khas Hindu
    B BEROLAHRAGA, menjadi ciri khas Budha Shaolin
    C BERDAGANG, menjadi ciri khas Yahudi
    D BERMUSIK, menjadi ciri khas Kristen dan Hindu India

    Skali lagi mnurut saya
    YOGA HANYALAH SENAM, mantra2 yang dibaca hanyalah bagian dari pengembangan "Law Of Atraction" aja. Just it.

    BalasHapus
  13. kang jujur saya baru tau,,kunci juga jadi pengasihan..ko bisa eaaahh,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)
      Apalagi kunci BMW, kunci Lamborgini, kunci Limousin, waaaah tambah kuat tuh Kang efek "pengasihannya" :D

      Hapus
  14. Yang Maha Menyembuhkan hanyalah Allah Swt.
    Semoga kita dijauhkan dari syirik
    Terima kasih pencerahannya

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      Makasih juga Pakdhe....

      Salam sungkem dari Semarang.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...