Senin, 02 Januari 2012

Misteri Angka 13

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan untuk Baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga, shohabat serta para pengikutnya.

Tak ada yang istimewa dalam angka ini, tidak membawa sial juga tidak membawa keberuntungan. Jika kita kembali pada orientasi Al Qur'an, justru dalam misteri angka 13 ini akan menuntut kita pada sebuah kontruksi, dimana kita akan mengetahui bahwasannya Nabi Isa a.s memberitahu pada ke-12 muridnya akan datangnya seorang Nabi Akhir Zaman, penutup para Nabi yaitu Rasululloh Muhammad SAW. Dari Al Qur'an juga kita akan mengetahui bahwa  "khabar gembira" tersebut disampaikan saat khutbah Jum'at pada sholat Jum'at. Itulah mengapa kita mengenal istilah "Friday The13th", kan ?


Kabar Gembira Yang Dibawa  Nabi Isa a.s
Dalam QS Ash Shoff (berbaris), kurang lebih artinya :
QS Ash-Shoff, 61:6 Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."

Mari perhatikan konstruksi surat dan ayatnya
(QS 61:6) => 6 + 1 + 6 : 13
Dari sini kita bisa mengetahui bahwa Nabi Isa a.s dan ke-12 muridnya sebenarnya sedang berbaris (Ash-Shoff), Nabi Isa a.s dan ke-duabelas sahabatnya sedang berbaris di belakang beliau (a.s), 6 sahabat di sebelah kanan dan 6 sahabat di sebelah kiri, dan 1 imam yaitu Nabi Isa a.s sendiri. Lalu, mengapa para penyembah patung itu mengilustrasikan sbb :

Ilustrasi salah tentang "pesan terakhir" Nabi Isa a.s

Friday The 13th
Yeah,,, dari sini kita bisa belajar bagaimana tahapan2 mereka, ummat lain itu dikondisikan untuk melupakan sholat berjama'ah. Ya,,, sholat, bahkan kita ummat Islampun terkadang melalaikannya. Tentang ke-12 murid Nabi Isa ini bisa kita lacak dalam Al Qur'an, kurang lebih artinya :

QS Al Ma'idah, 5:12. Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik[] sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.

Ke-12 sahabat tersebut menjadi pemimpin bagi jama'ahnya masing2, dan beliau2 masih mempunyai kewajiban untuk mendirikan sholat (5 waktu).

QS Al Jumu'ah  62:9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[]. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. 

Al Jumu'ah => Hari Jum'at
konstruksi surat dan ayat => 6+2+9 = 17 roka'at

Sikap Kita Terhadap Angka 13
Sebagai ummat Islam kita dituntun untuk menjadi ummatan wasathon (QS 2:143), ummat yang 'adil, seimbang dalam berfikir dan bertindak, seimbang dalam menilai apapun dan pada siapapun. Mari kita cari nilai wustho (pertengahan) dari angka 13. Pertengahan dari nilai 13 tentu adalah 6,5. Namun yang akan kita bahas adalah pertengahan dari nomor 13 nya, artinya jika kita menuliskan secara urut dari angka 1 sampai dengan 13, kita cari titik tengah dari angka-angka tersebut. Cekidot....
 
1 2 3 4 5 6 7  8 9 10 11 12 13


Subhanallah,,, ternyata angka 7 adalah angka tengahnya, dimana dalam Al Qur'an, 7 yang diulang2 (QS 15:87) merujuk pada 7 ayat yang dibaca ummat Islam secara berulang2 minimal 17 kali dalam seharinya. Insya-Allah, dengan sholat kita sebagai ummat Islam akan selalu dalam jalan lurus yang diridhoi Allah Ta'ala. Silahkan mencari informasi sebanyak2nya seputar angka 13, silahkan mengkonsumsi berita sebanyak2nya mengenai angka 13, namun jangan lupakan mengingat Allah dalam setiap langkah2 kita. Semoga kita, ummat Islam mampu menjadi rahmat semesta.


Semoga bermanfa'at.

28 komentar :

  1. wah nice artikel, di bookmark dulu ah... ntar jam istirahat di baca lagi.

    Selamat pagi :)

    BalasHapus
  2. Wah,, dibookmark segala ik...
    Makasih,,, Mbak. Ada sedikit editan diendingnya, biar enak dibacanya aja.

    Pagi juga Mbak, Salam Super...
    **mario teguh_dotkom

    BalasHapus
  3. hidup itu bak matematika.. semua ada perhitungannya :)

    FLP (Forum Lingkar Pena) Jakarta kini tengah membuka pendaftaran anggota baru untuk Angkatan ke-16, mungkin mas/mbak mau join.. silahkan dan terimakasih :)

    BalasHapus
  4. Saya juga tidak beranggapan bahwa angka 13 itu angka yang istimewa, bisa membawa sial karena cerita mistis yang dikait-kaitkan dengan angka ini, juga tidak membawa keberuntungan meskipun saya lahir di tanggal ini.

    Sepakat dan sependapat dengan paragraf terakhir, "Silahkan mencari informasi sebanyak2nya seputar angka 13, silahkan mengkonsumsi berita sebanyak2nya mengenai angka 13, namun jangan lupakan mengingat Allah dalam setiap langkah2 kita. Semoga kita, ummat Islam mampu menjadi rahmat semesta."

    BalasHapus
  5. Hemmm, gak istimewa tapi kalau di pesawat gak ada kursi nomor 13 @_@

    BalasHapus
  6. Oooo... kirain Nabi Muhammad yang pertama kali disuruh mendirikan shalat (50 waktu klo ngga salah). Ternyata sejak Nabi Isa, tho...... :)

    BalasHapus
  7. @ MMK : bukan cuman di dunia, di akhirat kelak juga ada perhitungannya, yaumul hisab oleh Yang Maha Penghitung (Al-Hasiibu).
    eh... FLP, cihuy... tapi koq Jakarta, tapi koq ada beaya pendaftarannya, tapi koq... **halah ngeless

    @ Abi Sabila : Iya, kang. Gak ada yang istimewa. Justru dengan mistik yang digembar-gemborkan, menuntun kita pada "clue" kebenaran.

    @ Untje : katanya mo ganti nama... huuu. Biasanya ditulis dng 12a dan 12b, pada lantai gedung ato bahkan nomor kamar hotel. Keknya pada takut kalo angka 13 tsb mengarah pada sebuah "clue" itu sendiri.

    @ Mas Nando : Sejak Nabi Adam a.s. sudah ada perintah sholat. Bahkan saya meyakini ka'bah pun dibangun sejak Nabi Adam a.s. luluh lantak pada masa Nabi Nuh a.s dan Nabi Ibrohiim a.s hanya merestorasinya kembali.

    Hingga kini saya tetap percaya bahwa semua agama tidak sama namun berawal dari sumber yang sama, pendistorsian2 dari generasi ke generasilah yang membuat masing2 agama menjadi berbeda sprti sekarang. Dan Islam mengajak kembali pada jalan yang lurus, Islam agama fitrah manusia.

    BalasHapus
  8. Woww... berarti Ka'bah adalah bangunan tertua di dunia. Lebih tua dari piramid, lebih tua dari Colloseum...

    BalasHapus
  9. wah aku jadi tambah ilmu tentang agama, nice share kawan :)

    BalasHapus
  10. Bahwa manusia seringkali melakukan hal-hal yang justru merepotkan dirinya sendiri, seperti sibuk memaknai angka kemistikan tertentu, padahal semua diciptakan untuk kemudahan manusia sendiri

    BalasHapus
  11. @ MAs Nando : Tentuu...
    @ J-Rachmat : Saya juga mo nambah 'ilmu ttg IT, dibanyak postingan blogmu ya, kawan ;) Thank's.

    BalasHapus
  12. wah info baru tuh, d baca bwt nambah2 ilmu, penting jg tuh bwt org2 yg suka parno ama angka 13, hehe



    salam kenal

    BalasHapus
  13. Aku suka semua angka, apalagi kalau gratis #eh

    Oh iya, di kantorku ada, lho, lantai 13 :)

    BalasHapus
  14. masa siy ada itung-itungan seperti itu?
    Terlalu maksa deh.

    BalasHapus
  15. @ Cosm.Florist : Salam kenal juga... makasih

    @ Della : Wah bagus tuh, ga kena korban tahayul ;). Mbak Della tanggung jawab, postingannya bikin ngecess ***laperrr

    @ 21inchs : Eh ternyata 21 ya, kirain 12 Mas. Saya gak maksa koq. .:KLIK ME:.
    Btw, 21 tuh apaan Mas ? ***penasaran...

    Udahan ya,,, mo siap2 Maghrib nih... Thank's kawan.

    BalasHapus
  16. wah, baru tau aku..
    thx yaaa

    BalasHapus
  17. Sepakat dengan paragraf terakhirnya :0

    TFS yaaa, semoga tulisan ini mencerahkan banyak orang...

    BalasHapus
  18. @ Pak Ies : Huaaaa... koment panjenengan masuk spam lagi. Maaf barusan ngecek. Injih Pak Ies, banyak hal yang mengalihkan perhatian kita untuk senantiasa ber-Islam yang Islam. Saya percaya, masing2 kita sedang dan senantiasa belajar memahami dan memaknai apa itu Islam.

    @ Nia Angga : Ya iyalah,,, baru nongol sie. Sibuk ya Mbak ? Sampe PR-19 nya baru dikerjakan. ;)

    @ Yunda Hamasah : Bundaa... abis jadi modelnya Pakdhe traktir kita2 dong. Makasih do'anya. Amin.... jangan sungkan2 untuk mengkritik en meberi masukkan Bunda... Thank's.

    BalasHapus
  19. informatif banget :) hehehe
    kunjungi blog saya ya :)

    BalasHapus
  20. @ Yuendra : eeh,,, Mbak'e. Iya.. insya-Allah secepatnya silaturrahiim balik. Tapii,,, malam ini sudah ada yang nungguin saya nih di tempat tidur. He,,he,, ;)

    BalasHapus
  21. buat saiia pribadi sii gag ada yg aneh.. malah yg aneh knp gag ada lantai 13 iia di hotel ?!?! :(

    BalasHapus
  22. penjelasan yang lengkap tentang angka 13, memang tak ada apa-apanya dengan angka itu

    BalasHapus
  23. @samarnjii : haha, makasih mas e... :D wah ditunggu istrinye ne yeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i...
      manggilku Aayank (double A) biar kalo ditulis dlm draft nomor ponsel tetep jadi yang pertama, :D

      Hapus
  24. Rahasia Angka 13 Menurut Islam

    Angka 13 untuk kalangan banyak orang mengandung makna yang negatif dan menjadi sugesti bagi orang-orang tersebut. Namun sebenarnya angka 13 tersebut merupakan symbol gerakan solat seorang muslim. Akan saya kemukakan ke –tigabelas urutan dalam solat.

    Niat sholat ; sebenarnya memeliharakan taubat kita dari dunia dan akhirat.
    Berdiri tegak ; fadhilahnya , ketika mati dapat meluaskan tempat kita di dalam kubur.
    Takbiratul ikhram ; fadhilahnya sebagai pelita yang menerangi kita di dalam kubur
    Al- Fatihah ; sebagai pakaian yang indah di dalam kubur.
    Ruqu’ ; sebagai tikar kita di dalam kubur.
    I’tidal ; akan memberikan minuman air dari telaga al-kautsar ketika di dalam kubur.
    Sujud ; memagari kita ketika menyeberangi titian sirotul mustaqim.
    Duduk diantara 2 sujud ; akan menaungi panji-panji nabi kita di dalam kubur.
    Duduk antara 2 sujud (akhir) ; menjadi kendaraan kita dipadang mahsyar.
    Takhiyat akhir ; senagai penjawab bagi soal yang dikemukakan oleh malaikat Munkar & nakir.
    Sholawat nabi ; senagai pendingin api neraka di dalam kubur.
    Salam ; memelihara kita di dalam kubur.
    Tertib ; pertemuan kita dengan Allah SWT.


    Dari Abdullah bin ‘Amr R.A., Rasulullah SAW bersabda :
    “ Keterangan di atas adalah salah satu sebab mengapa orang diluar islam tidak suka akan angka 13 dan juga hari Jum’at.”

    Itulah sebab mengapa mereka membuat cerita yang begitu seram yaitu “FRIDAY the 13th”.
    Untuk itulah seyogyanya kita mengambil hikmah dan selalu berpikir positif, karena tidak ada kata sial dalam islam…. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Om. Maaf Om,,,, Sy dah cek, koment sampeyan tuh berasal dari mana, ini hasilnya :

      15 januari 2012
      http://selimutjagat.blogspot.com/2012/01/misteri-angka-13-dalam-islam.html

      26 januari 2012
      http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12760929 (KAKUSer)
      29 januari 2012

      http://thereallivingdeal.blogspot.com/2012/01/rahasia-angka-13-menurut-islam.html

      Merasa ada yang aneh, enggak sampeyan terhadap matan dan sanad hadits tsb ? .::KLIKME::.

      Jangan asal ah,,, itulah mengapa kita harus berhati2 mengkonsumsi hadits, Al Qur'an lebih valid.

      Hapus
  25. bro tw crta tntang isra' mi'raj nabi saw gk??
    Lok tau,posting y..!
    Trutama tntang shalat 5wkt...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...