Friday, 18 May 2012

Indonesia Go Blog

Bismillahirrohmaanirrohiim, Alhamdulillah wash sholatu was salamu 'ala Rosulillah SAW.

Disuatu senja nan mempesona, seorang cowok berkunjung ke kerajaan Debu Semesta ini. Sambil tak henti hentinya ngupil ia memasuki gerbang melewati beberapa pengawal,  pengawalan yang berlapis tak membuatnya gentar, terkadang ia berhenti sejenak menghampiri pengawal yang ia kenal, yang bikin heran koq bisa sih dia akrab banget ama para pengawal kerajaan itu, salaman, cipika cipiki, ngobrol sambil cekikikan terkadang malah cubit cubitan *eh*. Tak berapa lama ia pun menuju aula singgasana nyodorin gulungan lontar kepada saya, sebagai penguasa tunggal tahta kerajaan ini yang baik hati tentu saja saya menerimanya, gulungan lontar itu segera saya buka...


Hehe... abaikan fiksi geje di atas. Anggap saja sebagai behind the scene untuk postingan kali ini. Indonesia Go Blog, ngeblog demi kemajuan Bangsa.

Apa Itu Blog?

Tau lah ya apa itu blog? udah pada gede ini. Kalau belum tahu ya tanya aja ama Eyang Wiki, cekidauw [ http://id.wikipedia.org/wiki/Blog ]. Yah... intinya blog adalah sebuah aplikasi web yang didesain sebagai sarana untuk menyebarkan suatu informasi. Penyebar informasinya bisa perorangan, kelompok/ komunitas, lembaga/ instansi dll. Platformnya bermacam macam, bisa blogspot, wordpress, blogdetik dll. Sedangkan bentuk informasinya juga beragam, dari sekedar diary, info, tips, gosips, sampai pada jurnal ilmiah.

Sebenarnya untuk memberi konstribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia tidak serta merta kita harus mengenalkan blog pada masyarakat karena, tidak semua masyarakat Indonesia mampu mengakses informasi lewat internet. Yapz... Informasi yang mudah diakses masyarakat adalah televisi. Internet hanya bisa diakses oleh kalangan terbatas. Namun perlu kita ketahui, kalangan terbatas inilah yang justru punya andil besar menentukan karakter Bangsa ini.

Blogger Harus Pinter

Berbagai jenis blog menghiasi jagad maya ini, kontennya bemacam macam guys, dari informasi penting, setengah penting, hoaxs, sampah, sampe konten dewasa yang bikin nafas terengah engah... oo yeaaah. Tidak semua blogger perduli pada kemajuan Bangsa ini, namun kita harus percaya bahwa masing masing kita tentu punya setidaknya setitik rasa perduli akan mentalitas generasi Bangsa, anak cucu kita. Mungkin saat ini kita bukan generasi unggul, tapi tunjukkan pada dunia bahwa dari kita akan lahir bibit unggul.

Untuk itu, sudah saatnya kita merintis ke arah sana, ngeblog untuk turut memajukan Bangsa dan Negara tercinta Indonesia. Sebagai blogger kita harus pinter. Pinter tentu relatif, kan? Tapi setidaknya sebagai Bangsa yang beragama kita bisa mendefinisikan bahwa blogger pinter itu mampu meyeimbangkan secara proporsional kebutuhan duniawi dan ukhrowi. Just it. Simple kan?

Tantangan dan Hambatan

Ada dua tantangan yang kita hadapi ketika kita sebagai insan blogosphere *tsaaah bahasanya :D... eh serius serius. Jadi ada dua jenis tantangan yang akan kita hadapi ketika berniat menjadikan blog sebagai sarana turut mencerdaskan Bangsa, yaitu :

Tantangan dan hambatan eksternal
Tantangan di luar kendali kita, misal : masih adanya konten perusak moral seperti blog  penyedia foto, video, situs yang hot-hotan ; adanya blog provokator yang dikondisikan menyediakan informasi untuk menjadikan kita Bangsa yang mudah di adu domba, atau  menyajikan informasi yang muaranya menjadikan image jelek Bangsa kita di mata dunia, inilah konten blog yang melemahkan mental kita sebagai Bangsa besar, ini bagian dari psywar (perang psikologi).

Tantangan dan hambatan internal
Tantangan di bawah kendali kita, malas menulis, malas memberi informasi bermanfa'at, malas menganalisa, malas berkarya, dan kemalasan kemalasan lainnya yang membuat kita lemah dan akan jauh tertinggal dari Bangsa lain. Oiya... saya pernah nulis "Blogger Istiqomah : Gampang Gampang Susah, Bro!"... dibaca yaaa! *ngarep* Ya iyalah, dari postingan itu pasti deh gairah ngeblog akan bangkit, bukankah budaya baca tulis merupakan ayat Al Qur'an yang pertama kali turun. Dengan Al Qur'an, kita bukan Bangsa culun.

Dengan kemampuan menghadapi tantangan dan hambatan internal ini, insya-Allah kitapun akan mudah menghadapi tantangan dan hambatan eksternalnya. Demi kemajuan Bangsa, kita tidak perlu bikin postingan yang berat2, cukup sederhana saja dan bisa bermanfa'at. Ini mungkin sekedar gambaran umumnya saja, adapaun secara teknis bagaimana blog kita turut andil untuk kemajuan Bangsa bisa kita ulas dilain kesempatan, terlalu panjang entar, hehe... Insya-Allah. Cayoo blogger Indonesia, yuuk ngeblog untuk turut mencerdaskan Bangsa dengan akhlaq mulia. Indonesia Go Blog, ngeblog demi kemajuan Bangsa.

Semoga bermanfa'at.

11 comments :

  1. Ada event apaan si kok temanya goblog2 semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Event dari temen2 Blogger Shout Out, sy bukan anggota resmi sih, belum punya FB dan Twitter soalnya. Tapi sy mencoba ikut mendukung dan berpartisipasi.

      Delete
  2. Jiahahaha untuk ava gw bukan muka asli jadi ngga ketauan itu siapa yang gentayangan di debu semesta ini...

    setiap kata ada hitungannya setiap kata ada maknanya jadi jangan sembarang berkata.. dan bacalah kamu akan mengerti =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... lah kenapa avanya yang dulu diganti?

      Oke Boss, makasih masukkannya. Gitu donk, jangan hanya bilang "cuma tiga kata". Sampaikan juga di sini ya

      Delete
  3. aq mau cobain acch ikutan,,,

    terima kasih informasinya..

    follow my jg ya :

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya-Allah secepatnya follback. ;)

      Delete
  4. hemmmm nge blog memang menambah ilmu dan pengetahuan



    salam dari smg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lan nambah paseduluran...
      Tambah saudara, tambah rizqi tentunya... Amin ;)

      Gimana kesehatan Jeng Vithree, Pak Ustadz ;)

      Delete
  5. Wah gue baru tau ada orang BSO yg ikut partisipasi sama acaranya BSO... thanks yaaaa.... :D
    Keren nih postingannya... ( >__O)b
    Sorry baru nemu secara kebetulan via google barusan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh typo... maksud Gue orang luar BSO

      Delete
    2. Walaupun bukan anggota resmi BSO, tapi dengan senang hati saya akan mendukung koq. Suatu kehormatan malah. Makasih eeeaaaa :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...