Monday, 13 August 2012

Manajemen nge-Draft

Bismillahirrohmaanirrohiim.
dari Mbah Gugel
Yaa ayyuhannas... yaa... ayyuhannas, wahai para manusia... wahai para manusia, ada tips keren lagih nie # haha koq awalannya "yaa ayyuhannas" jadi kayak film J-o-C (Omar : Umar bin Khattab r.a). Tips ini sangat cocok bagi blogger sambilan, ngeblog sambil kerja, ngeblog sambil ngurus rumah, ngeblog sambil kuliah atau sekolah, ngeblog sambil kacang, sambil kecap, sambil goreng... sambil... *plethak* # itu sambal, mas brooo! guyon model plesetan dah jadul ah, nggak lucuuu! :p Hehe... kalo sambal tuh ya sambal jepit, sambal... #STOP!

Hmmmm... prolog yang panjang dan enggak fokus. Biarin ah... !:p Manajemen nge-Draft adalah salah satu cara agar seorang blogger mampu menjadi blogger istiqomah. Menjadi blogger tuh butuh keberanian yang super loh, menjadi blogger adalah suatu pilihan yang tidak semua orang mau dan mampu menjalankannya dengan keikhlasan. Apapun hambatan dan rintangan yang kita hadapi, jangan biarkan semangat untuk berbagi ilmu, berbagi semangat, berbagi kemanfa'atan menjadi pudar hanya karena kegalauan #cieeee, kayak udah jadi motivator ajah nie orang. Hush... serius coy! Menjadi blogger tuh kayak berasa jadi artis, terkadang reader/ sahabat maya enggak tahu permasalahan di kehidupan nyata yang sedang kita hadapi, mereka tahunya kita harus memberikan yang terbaik dalam tiap postingan, jikapun diberitahu paling cuman koment c3uM4n9aDh K4ka...\^0^/ #eeeaaa... 

Hmmmm... prolog yang panjang dan enggak fokus #loh... perasaan udah pernah nulis demikian?!. Menurut seorang psikopat *eh pskiater perbloggeran, secara garis besar jenis draft sendiri ada 2 : 

Postingan Terjadwal. Draft postingan yang ditentukan tanggal publishnya, biasanya dilakukan oleh suatu komunitas tertentu yang ingin mengangkat tema tertentu pada waktu yang sudah disepakati bersama. Atau juga postingan terjadwal karena ingin memberi surprise bersama2 semisal selamat pada sahabat blogger yang sedang ulang tahun. Atau postingan terjadwal disebabkan karena emang suatu syarat sebuah kompetiblog, kontes atau giveaway. Postingan jenis ini biasanya terikat oleh deadline.

Postingan Cicilan
Draft jenis ini tidak terikat deadline, karena emang inisiatif sendiri. Hanya saja... karena tidak terikat inilah yang kadang membuat enggak kelar kelar, malah kadang bikin kita jadi pecicilan. :D Untuk itulah perlu saya buatkan formula bagaimaa cara mengatur draft. Cekidauw...

Intinya... aturlah draft kita layaknya mengatur file2 dalam folder, disimpan dan dikategorikan. Just it. Kalo metode saya sih begini nih caranya :

1. Draft Penyimpan Link Referensi

Simpanlah link link yang kita anggap penting untuk dijadikan referensi atau inspirasi bagi postingan kita. Jika kita nyasar di sebuah link bagus... segeera simpan dalam draft. Karena seringkali kita kita kehilangan jejak terhadap link yang sebenarnya kita butuhkan. Jika perlu kategorikan pula. Misal...
=>Link Resep Masakan : hatetepe-tahutempe; hatetepe-tumbarmirijahe; dsb...
=>Link Film Bagus : hatetepe-talipocongbencong; hatetepe-mr.beanbodong; dsb....

Usahakan link tersebut detil, jangan sebatas alamat situsnya saja. Jika ingin mengangkat satu tema, cari sumber referensi dari beberapa sudut pandang. 

Lalu... ngapain juga disimpan dalam draft blogspot, di bookmark kan bisa?! disimpan dalam kompi atau lepi kan bisa?! Huuufth... itu sih bagi teman2 yang beruntung punya fasilitas ngenet tanpa batas. Lah kalo blogger yang dengan keterbatasan, belum punya komputer yang bisa untuk menyimpan data, kan ya mending disimpan di draft blog. Lagian ini juga menjaga jika sewaktu waktu kita bisa mengakses internet tapi tidak dengan komputer pribadi. Gituh loh.


2. Draft Penyimpan Artikel Referensi

Artikel yang kita anggap bagus dan penting, lebih baik kita simpan dalam draft, semuanya atau sebagian paragraph yang kita anggap perlu. Artikel tentang apaa saja, bahkan artikel dalam link yang kita simpan tadi. Alasannya? yaaa seperti di atas tadi, selain jaga jaga jika kita berpindah komputer juga berjaga jaga jika koneksi lagi lemot. Kan kita tinggal buka draft artikel referensi tadi. Ini sangat berguna loh apalagi jika artikelnya menyangkut masalah kontes *nyengir* wueheheh....

Kalo saya biasanya menyimpan beberapa ayat Al Qur'an, menyimpan beberapa kata hikmah, kata mutiara dan sebagainya. bahkan ada satu draft yang puaanjang banget karena menyimpan copas-an link dan artikel tersebut. Ini saya lakukan karena saya sering gonta ganti komputer, pinjem sana pinjem sini, ke warnet sana ke warnet sini, getoo. :D


3. Draft Penyimpan Gambar/ Photo Pendukung

Buatlah suatu draft khusus untuk mengupload gambar gambar, terutama photo yang mungkinbisa kita jadikan bahan posting. Jika punya gambar buanyaaak, sekali lagi... lakukan klasifikasi secara tematik. Masih tanya alasannya lagih? Kan udah dijelasin di atas, jika sewaktu2 kita bisa mengakses internet dengan komputer orang lain maka draft ini berfungs sebagai back-up di belantara virtual. Kalo sudah ter-upload, kita bisa memanggilnya seaktu waktu, kan.

Okeh... keknya cukup tiga kategori ajah deh. Adapun saat kita lagi badmood, lagi galau, mending bikin kategori draft saru lagi. Draft Corat Coret.... tumpahkan saja semua disini, enggak penting atau sekacau apapun isinya enggak bakalan kebaca orang lain kan. Enjoy aja. Jadilah blogger yang penuh totalitas dalam memberi yang terbaik bagi dunia *tsaaah... nggaya! Ayooo berjuanglah wahai kapten Tsubasa!!! :D

Semoga bermanfa'at.
NB : Alhamdulillah dapat award nih dari sahabat sahabat tercinta. Tak pamerin ya... jangan ngiri loh :D. Pertama dari Kang Eksak, saya masuk di komentator terkeren di blognya loh.

Kedua dari Mbak Nurul Fadhilah, award sebagai peserta give-away terkeren di hajatannya :D

Makasih, Kang Eksak dan Mbak Nufa atas award dan persahabatan yang indah ini. Akan saya pasang di etalase award saya deh kapan kapan. Insya-Allah.

21 comments :

  1. Draft bisa juga untuk menyimpan tulisan sebagai stok apabila suatu saat kita kehilangan ide. Dengan catatan kita harus produktif bikin tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... betul, Mas... ngedraft tuh amunisi cadangan. :D

      Delete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah...
      Baru nongol, Mbak?

      Delete
  3. waduh saya ora biasa ngedraft kang..

    tapi saya coba ah kapan-kapan.. biar bisa posting terjadwal..

    tenkyu my bradah..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya dibiasakan dooong Mai bradah :D
      Wekekek... sok nggaya yo akyu kiiii? ^^a Kemlinthi :D

      Delete
  4. Postingan terjadwal..atau Rutin untuk Posting inilah Rintangan paling berat..BtW artikelnya mantaps Gan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... yang berat di niat sih. Banyak draft kalo nggak niat posting juga mubadzir. tapi setidaknya membantu. Makasih, Mas kunjungannya :)

      Delete
  5. Kalo link penting, biasanya saya simpan dalam posting tersendiri dan khusus hanya saya yg buka, karena postingan itu saya pasang password...
    Di page blog juga saya pasang, judulnya admin
    Kalau mau tau ya lihat blog saya, nah di bawah header pasti ada page admin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah... belum bisa yang seperti itu, buat pasword dalam postingan je, Pak Mars. Ajariin dooong.

      Delete
  6. Selain itu, link penting juga saya taruh di cbox...
    Lebih pleksibel pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mudeng juga, Pak Mars... Postingan ini juga hasil evaluasi diri, belum browsing ilmu yang lain2 juga sih. Makasih Pak Mars, tambahannya. :)

      Delete
  7. Durung mraktekke aku Kang hehee..
    Sesok tak cobone :)

    Eh Mas Haris, aku meh takon, yen sampean lagi pikirane sumpek, mari shalat biasane moco dongo opo? yen sempet kirim nang emailku yo kang budhyjusticefarm@gmail.com. Suwun sak durunge :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh... dicoba... saya capek ngrtik postingan ini je.

      Galau opo maneh ki sedulur lanang :D
      Langkah awal mengatasi rasa sumpek... ikhlas. Ikhlas menerima "rencana" Tuhan. Sulit sih, sy juga belum bisa keknya, namun setidaknya saya diajarin Pak Kyai untuk mendawamkan membaca Surat Al Fath, setiap habis sholat Maghrib dan Shubuh. Insya-Allah segalanya akan futuh (terbuka) pintu pintu solusi dari-Nya. Amin.

      Btw... udah tak imel tuh. MAkasih juga atas kepercayaannya :)

      Delete
  8. kalau saya memang selalu menyimpan di draft..segala hal yang menyangkut postingan ...btw-selamat ya atas perolehan award-nya...salam sukses selalu sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... hebat doong. Salut, Mas.
      Makasih... awardnya keren, kan?

      Delete
  9. Aku malah paling sengit nek draftku ono isine @.@
    Sebisa mungkin nek nulis dirampungke, tinggal dipublish atau dijadwalkan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tips bagi yang bukan blogger fulltime koq, Nduk. Jadi ya sebagai solusi mengatasi keterbatasan. Kalo Una kan enak bisa tiap saat onlen kapan saja.

      Emang... terlalu banyak draft juga bikin sepet yooo
      Oleh olehe endhi... bar nang Pekalongan tho?

      Delete
  10. Hahahahha, iya,terkadang aku juga pake metode ini... tapi kalo males muncul, beeeeeeeeeh gak bakal aku lihat lagi mas draftnya... enakan langsung nulis sekali ada ide untuk post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh,,, enakan spontan langsung kelar ya, Mas. Tapi bagi yang punya keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, dan keterbatasan ilmu... saya rasa perlu mengatasinya dengan tips ini, kan? Makasih kunjungannya Mas ;)

      Delete
  11. nah bener tuh..saya juga punya draft postingan blog..tapi walau sudah ready untuk posting kadang ga mood untuk publish.....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...