Thursday, 7 February 2013

Jangan Terkecoh [Lagi] : Arab Tapi Kristen

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Masih ingat tokoh Maria dalam film "Ayat ayat cinta"? Itu tuh yang diperanin Carissa Putri. Seorang Kristen Koptik yang jatuh hati sama Fahri, itulah yang saya maksud dengan Arab tapi Kristen :D, suku bangsa Arab itu gak sebatas di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) tapi juga meliputi Yordania, Syiria, Lebanon, Palestina, Qatar, Yaman, Oman, Kuwait, sampai Mesir. Dalam film tersebut Maria menulis surat cinta pake bahasa Arab, loh. :)


Sekarang, coba kita perhatikan kaligrafi yang indah ini :



Apakah kaligrafi tersebut kutipan dari ayat Al Qur'an ato dari hadits ? Tidak ! itu do'a baku agama Kristen yang pernah saya bahas dalam postingan "Jangan Terkecoh, Kawan" Kaligrafi tersebut akan mudah dideteksi sebagai do'a Kristen jika seperti ini :


Nah loh ! Hal ini perlu saya bahas agar kita ummat Islam Indonesia tidak terkecoh bahwa segala sesuatu yang bernuansa Arab, entah budaya bahasa ato adat istiadat itu ajaran Islam. So, jangan anggap para Pejuang Palestina itu semua beragama Islam, daaan tidak semua orang2/golongan maupun situs yang getol berteriak "Save Palstina" itu beragama Islam, gitu loh maksud saya. Yang pasti ummat Islam tidak akan menjadikan isu Palestina sebagai kendaraan politik untuk mendongkrak pengikut partai :D

Kristen Orthodox

Kristen orthodox bisa dibilang Kristen yang masih berpegang pada akar kekristenan awal (Nashrani), yang tidak banyak terkontaminasi oleh gesekan budaya dari Helenisme (Yunani) maupun Westernisme (Romawi), jadi tak ada nama Yesus dalam kitab mereka, mereka mengenalnya sebagai Isa Al Masih. Sayangnya mereka masih menganggap bahwa Isa Al Masih adalah titisan Allah :(

Berikut adalah beberapa contoh aktifitas Kristen Orthodox (Koptik) Mesir, jika saja tanda salibnya dihilangkan, tentu saja kita menyangka itu aktifitas ummat Islam. cekidauw :

Gereja Koptik (Kristen Orthodox) Mesir
Umat Koptik (Kristen Orthodox Mesir), juga pake kopyah.
Misa Jemaat Koptik Mesir
Kristen Koptik Mesir, berdo'a
Sebuah Keluarga Koptik berziarah di Goa Maria
Dan berikut beberapa contoh aktifitas Kristen Orthodox di Syria dan Rusia :

Gereja Orthodox Rusia
Katedral St. Sophia (Harbin, China), Gereja Orthodox terbesar di Timur-Jauh 

Kristen Orthodox, juga berjilbab
Kristen Orthodox, berdo'a
Kristen Orthodox Iraq
Kristen Orthodox Rusia
Kristen Orthodox Syiria

Kristen Orthodox di Indonesia.

Silahkan simak sendiri di sini : 
http://at-thaifahmanshurah.blogspot.com/2012/06/kristen-mirip-islam-hati-hati-kristen.html

Kita akan tahu bagaimana aktifitas mereka, sholat, puasa dan merekapun mengadakan MTI (Majelis Tilawah Injil) yang tentu saja berbahasa Arab. Mereka juga terbiasa mengucap salam "Shalom Aleikhem", membiasakan diri dengan bahasa Arab keseharian (ana, antum, akhy, ukhty, syukron, afwan, dsb...), membiasakan diri menulis kaligrafi Arab. Yang lebih halus lagi, mereka sangat getol berteriak "Save Palestina", berpropaganda akan datangnya Imam Mahdi, dan mengajak menanti nanti datangnya sang Al Masih :(

Sebagai pelengkap, mungkin video dari Mbakyu Tube menambah wawasan kita, dan sebagai bukti bahwa saya tidak mengada ada. 


Sumber bacaan :
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/kaum-kristen-koptik-mesir-tidak-takut-lagi
http://terangdaritimur.blogspot.com/2009/12/imam-senior-gereja-orthodox-yunani-di.html
http://christianforpeace.blogspot.com/2011/03/kristen-ortodoks-syria-serupa-tapi-tak.html
http://sandey28mz82.blogspot.com/2009/06/kristen-ortodoks-syria.html
http://friendsofindonesia.org/2012/05/fr-alexios-represent-the-orthodox-faith-in-indonesia/
http://www.thenationalherald.com/category/Community-Church/7
http://islam-tulen.blogspot.com/2010/04/plagiat-dalam-shalat.html
http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/jawa-pos-jelajah-sungai-nil-sebuah.html

Semoga bermanfa'at. Terima kasih.

131 comments :

  1. terima kasih mas sharingnya, setahu saya diluar negeri jika mengenakan jilbab itu ya islam, ternyata agama lain juga mengenakan juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podo, soale jilbabe ketutup sih yo Kang :D

      Delete
    2. kalau anda boleh tahu jilbab / kerudung itu bukan "original" punya Islam. tapi itu adalah KEBUDAYAAN TIMUR TENGAH. jikalau anda boleh tahu, sebelum Islam muncul, Kristen sudah ada terlebih dahulu, dan sebelum Kristen, Yahudi. dan umat Kristen dan Yahudi di Timur Tengah praIslam, memakai Kerudung sebagai penutup kepala karena timur tengah itu kebanyakan padang pasir, kalau rambutnya di buka dan gak ditutup, maka keramasnya harus dobel karena debu yang menempel di rambut. jadi, kerudung itu bukan serta merta "punya" Islam, tapi itu adalah "Kebudayaan Timur tengah" yang diadopsi oleh Islam.

      Delete
    3. Mas...agus. jilbab itu menurut org arab yg sebenernya saya prnh dengar adalah awalnya pakaian tradional. Yang kmdn menjadi atribut keagamaan.. klu anda kitab taurat pun sebebarnya org kristen klu beribadah hrs menggunakan kerudung. Karena itulah kristen/ khatolik di timur tengah menggunakan jilbab krn mrk msh ortodoks.di indonesia ada bbrp gereja menggunakan pasmina saat beribadah. Namun byk pendeta skrg tdk mengajarkan itu krn berpedoman kpd injil. Jadi tolong sebagai negara pancasila.. kita jangan terpecah karena agama. Biarlah itu menjadi urusan kita masing2.

      Delete
  2. kunjungan pgi mas trmksish mas postingannya.

    ReplyDelete
  3. arab tapi kristen ? baru tahu nih ane gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya... mau tahu lagi ato mo tahu beud... :D

      Delete
  4. baru tahu saya gan tentang kristen koptik ini, makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga kunjungannya... :)

      Delete
  5. Videonya saya ada tuh, yang lain-lain juga ada. Bener sob, di Indonesia disebut KOS (Kristen Ortodoks Syria), tapi tenang aja... gak bisa berbuat banyak mereka soalnya tim sudah banyak yang pantau, saya termasuk salah satunya. O,ya untuk kajian Kristologi ada loh di Masjid Raya Bogor kalau sobat tertarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Saya lebih tertarik memantau keimanan saya sendiri koq...

      Pada agama apapun saya tertarik mempelajarinya, gak sebatas kristen, hanya saja belajar agama lain utk menelusuri mengapa Allah menjadikan kita berbeda2 :)

      Thank's ya.

      Delete
    2. He3 ... syukur kalo Kang Samaranji tertarik untuk menelusuri mengapa Allah menjadikan kita berbeda2. saya pun suka mempelajari semua hal bukan sebatas agama2 saja ... akhirnya saya sadari bahwa kita ini hanya mahluk ciptaan Allah yg tidak bisa membatalkan penciptaan (permainan) yg telah Allah lakukan, juga tidak bisa menolak untuk menjalankan permainan sesuai peran yg Dia tetapkan buat kita. Saya cuma bisa mengelus Dada saja untuk ego sang pencipta tadi, kehendak-Nya harus terlaksana ... sabodo kita suka atau tidak.

      Delete
    3. Keknya lebih egois manusia yang melupakan Sang Pencipta. :)

      Delete
  6. Wow.. abot maneh.. ngombe kopi ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nokturnal = nongkrong, turu, nguntal... ngono yo, Kang ? hahah... yo wis joinan kopine ae.

      Delete
  7. Apalagi di akhir zaman ini ya semuanya serba halus dikemas halus sampai kadang susah dibedakan. hmmm....

    Semoga banyak yang mengambil pelajaran dari postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembalikan aja pada Al Qur'an Zy... dewasa ini kita digiring utk memperdebatkan hadits. Makasih udah mampir bersilaturrahmi. Sukses selalu. :D

      Delete
  8. ibadahnya juga waktunya agak2 mirip dengan Islam, ada ibadah malam hari seperti tahajud, atau waktu pagi seperti subuh, ada puasa juga. Nice artikel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh... ada 7 waktu bahkan. Waktunya setara dengan : 1. shubuh 2. dhuha 3. dhuhur 4. ashar. 5 maghrib 6. isya' 7. tahajjud. Keren kan, Mbak :D

      Delete
    2. ada hal yang menarik tentang jam sholat orang islam:
      hari jumat: Yesus mati hari juamat?jumat agung,
      Yesus bangkit pada jam subuh,Yesus di salib pd waktu zhuhur, Yesus mati pd wakt u ashar, Yesus dikubur pd waktu magrib, pada sembahyang Isya, Isya adalah dari kat Isa Almasih. jadi kiblat orang isalam sholat pada sekitar Isa Almasih yg mati dan bangkit. karena Isa almasih adalah bayangan dari anak domba yang yang persembahkan oleh ibrahim ganti putranya.

      Delete
    3. Upaya hal terlalu dibuat buat.

      Delete
  9. Sebelum ada pembaca berprasangka buruk mengenai Orang-orang Orthodox (utamanya Orthodox Syria), ada baiknya menyinggung sejarah Kekristenan. Orang-orang Kristen Arab sudah ada jauh sebelum Islam (bukankah Nabi Muhammad SAW sendiri banyak berafiliasi dengan Kristen di tanah Arab?). Tatacara Shalat yang mereka gunakan (Untuk daerah Mesir, Syria dan sekitarnya) memang sudah seperti itu selama hampir 2000 tahun (di Gereja Katolik Roma di Barat juga ada Shalat namun bentuknya tidak dengan wudhu, sujud dll namun maknanya sama). Awalnya semua orang Kristen itu berpusat di Yerusalem berbahasa Ibrani, Aram dan Yunani, namun karena pewartaan Injil, mereka bercampur dengan berbagai budaya (Yunani, Roma, Arab, Syria, India dll) maka mereka punya tradisi yang berbeda-beda. Kristen yang berada di Barat menyebut diri dengan Katolik (artinya Universal), sedangkan yang di Timur menyebut diri dengan Orthodox (artinya Jalan yang benar). Hakekatnya sih ajarannya sama. Namun sekali lagi karena perkembangan budaya dari zaman ke zaman menyebabkan perbedaan antara Gereja Barat dan Timur. Di Gereja Timur sih pada umumnya umat Kristen berdampingan dengan umat Muslim dengan baik karena tradisi budaya yang sama (sama-sama Shalat). Saya berharap sih, adanya pengetahuan Kristen Arab membuat hilangnya pemikiran sempit beberapa kalangan diantara kita yang menganggap Barat=Kristen dan Timur Tengah=Islam (padahal pun masih ada Zoroasterian,Yahudi dll). Dan mohon jangan ada yang menganggap ini sebagai konspirasi Kristen padahal diantara Kristen tidak ada prasangka untuk mengKristenkan umat Muslim, tapi memang adanya Kristen Arab ini adalah Kehendak tersendiri dari Tuhan YME yang ingin membuat umatNya menempuh jalan hidup masing-masing. Mungkin mas/mbak yang bikin blog juga sesekali meliput Islam di Barat akan sangat menarik. Terima Kasih

    salam persaudaraan dari seorang sahabat Kristen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam persahabatan juga :D
      Tapi... bagaimana anda mengajak bersahabat kalo pake anonym ? :(

      Saya dulu sering berdialog dengan teman2 dari agama hindhu, budhis, maupun kristen kristen... kami mengenal satu sama lain, walaupun bantah2an ejek2an tapi tetep bersahabat koq.

      Selama kita mau open mind dan mencari akar "mengapa kita dikondisikan utk bermusuhan", maka akan fine fine saja. Berbeda bukan berarti bermusuhan, bersahabat buka berarti mencampuradukkan keimanan. ;)

      Delete
    2. Aku tak melu menyimak :)

      Delete
    3. " Dan mohon jangan ada yang menganggap ini sebagai konspirasi Kristen padahal diantara Kristen tidak ada prasangka untuk mengKristenkan umat Muslim "

      - Ini baru yang namanya prasangka, tidak sesuai fakta... Umat Muslim itu ibarat 'Lebah', tidak akan bereaksi apabila tidak ganggu. Entah anonym tau atau pura-pura tidak tau, bahkan dalam dunia maya pun banyak situs menyesatkan. Mengatasnamakan Isa & Islam, tapi isinya penuh dengan kebathilan -

      (Numpang lewat saja saya khy) :D

      Delete
    4. SEKILAS SEJARAH GEREJA

      Para Rasul Yesus akhirnya menyebar kemana-mana, mulai dari Yerusalem dan seluruh Palestina, kemudian ke seluruh Siria, dan Asia Kecil ( kini negara Turki) serta Yunani dan Afrika Utara terutama di Alexandria (Mesir) dan Karthago ( Libia). Inilah batas sebelah barat dunia Timur pada saat itu. Sedangkan ke Timur lagi Injil tersebar ke Edesa, Mesopotamia ( Irak, Babilon), dan Persia, yaitu daerah Siria Timur, karena yang menerima Injil di daerah timur ini adalah suku-suku yang berbahasa Siria, sampai ke India Selatan. Sedangkan ke Barat lagi Injil diterima di benua Eropa Barat dari Roma di Itali, Spanyol, dan yang nantinya akan berkembang ke seluruh Eropa.

      Abad keempat dimulai dengan penganiayaan yang paling besar yang diarahkan kepada Gereja oleh Kaisar Diokletianus. Daftar Syuhada atau Martyr yang paling panjang berasal dari abad ini. Setelah surutnya Diokletianus, terjadilah perebutan kekuasan dalam Kerajaan Romawi. Pada tahun 312, Konstantinus menghadapi peperangan melawan Maxentius. Sebelum peperangan di Jembatan Milvianus di Roma, Konstantinus berdoa, serta mendapat penglihatan Salib Bersinar di langit dengan tulisan: Dengan Tanda Ini, Kalahkan. Dia memerintahkan para prajuritnya untuk mengenakan tanda salib ini pada perisai dan jubah mereka, Konstantinus memenangkan peperangan itu. Konstantinus segera bergerak untuk memberikan kebebasan kepada orang-orang Kristen, serta menunjukkan kecenderungannya kepada Iman Kristen. Sebelum kematiannya Konstantinus membangun suatu kota di Byzantium bagi ibu-kota yang baru dari Kerajaannya itu, dan kota itu disebut “Konstantinopel“ (kini: ”Istambul” , di Turki) untuk menghormatinya. Konstantinus sendiri baru dibaptiskan diatas ranjang menjelang kematiannya pada tahun 337. Bersama dengan ibunya Maharatu Heleni, dia menemukan Salib Asli Kristus di Yerusalem, serta keduanya diakui sebagai orang suci dalam Gereja Orthodox sampai kini.

      Iman Kristen diakui sebagai agama resmi Kerajaan Byzantium pada tahun 380, oleh ketetapan Kaisar Theodosius. Dengan demikian Kekaisaran Romawi terbagi dalam dua bagian: Romawi Barat berpusat di Roma dan Romawi Timur berpusat di Konstantinopel. Pembagian Kerajaan menjadi Barat dan Timur ini, akhirnya membentuk perkembangan wilayah Gereja menjadi Gereja Barat berpusat di Roma dan Gereja Timur yang berpusat di Konstantinopel, Alexandria, Antiokhia dan Yerusalem. Sementara itu ummat Kristen Syria yang tinggal di Kekaisaran Persia, makin mengalami aniaya karena dicurigai sebagai antek musuh Kerajaan Persia, karena sekarang Kerajaan Romawi musuh bebuyutan Persia, telah menjadi Kristen: Kerajaan Byzantium.

      Dengan demikian kita melihat Injil tersebar dari Timur ke Barat dan di seluruh benua: Asia, Afrika dan Eropa. Memang Iman Kristen itu pada dasarnya adalah Agama Timur ( Timur Tengah)

      pada tahun 1054 itu terjadi 'SKHISMA BESAR' antara Gereja Barat dan Timur. Gereja Roma Katolik menuntut bahwa Paus adalah satu-satunya kepala gereja dan gereja tidak mungkin mengajarkan yang salah.

      Pemahaman ini ditolak oleh Gereja Timur. Gereja Timur yang akhirnya menyebut dirinya sebagai "Gereja Katolik Ortodoks" atau Gereja "Katolik Gerika" mempertahankan aturan dari gereja purba bahwa semua uskup sama derajatnya, tidak ada uskup tertinggi yang disebut sebagai Paus oleh Gereja Roma Katolik. Sedangkan Gereja Katolik Roma memahami bahwa Paus pemimpin Gereja, mewarisi tahta Petrus sebagai kepala jemaat.

      salam fajaryehuda
      www.faithbookz.blogspot.com

      Delete
  10. Suwung Kang warninge, yen ra ati2 iso klentu yo :)

    ReplyDelete
  11. Salaam,

    well kalo kang HS pernah liat salah satu tayangan di TV berbayar...ga cuma kristen koptik...tapi bahkan sekte yahudi di ethiopia malah melakukan shalat sambil sujud lho....bahkan mereka juga melakukan tawaf sambil mengenakan "pakaian" yang mirip pakaian ihram....

    saya kira beberapa ritual agama langit sejatinya melakukan tawaf seperti di makkah. namun karena terpengaruh kebudayaan dimasing-masing daerah jadinya ga murni lagi dan ga sesuai lagi dengan tuntunan ritual tawaf yang "sesungguhnya" mengelilingi ka'bah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, Kang.

      Kalo "sujud", semua agama melakukannya dalam ibadah koq. Makasih infonya, Kang. ;)

      Delete
    2. Ini semakin buktikan bhwa Islam adalah agama yg benar, menyempurnakan agama2 tauhid sebelumnya dri penyimpangan2.

      Delete
  12. bener sekali sob, kadang orang mudah terkecoh, sip bener sob,

    ini baru psotingan, oh ya follownya sukses sob, folback ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen ampe 7 kali dulu yak, baru saya polbek... heheh...nggak enggak :D

      Delete
  13. ISLAM SELALAU BERPRASANGAKA BURUK..KARENA AL QURAN SUDAH MEMPERINGATKANNYA TENTANG KEJAHATAN NASARANI ARTINYA:..YG MEMBUAT UMAT ISLAM JAHAT TERHADAP NASRANI KARENA AYAT SESAT AL QURAN BIKINAN MUHAMMAD SESAT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian mana anda bisa menyimpulkan bahwa postingan ini mengajak untuk berburuk sangka pada Nashrani?

      Delete
  14. APAPUN YG BERBAU NASARANI UMAT ISLAM AKAN SELALU BERPERASANGKA BURUK..KARENA AYAT ITU GAN?...GAK USAH AKU SEBUTKANLAH BUNYINYA KALIAN UMAT ISLAM TAU SENDIRILAH...JANGANKAN MASALAH BAHASA DAN SUJUD ...KASIH INDOMI SAJA PASTI DICURIGAI....SO YG SALAH SIAPA ...LAGI2 KARENA AL QURAN TELAH MEMPERINGATKAN...NAH AYAT PERINGATAN INILAH YG MEMBIKIN UMAT ISLAM GAK AKAN BERBUAT BAIK DENGAN NON MUSLIM KHUSUSNYA KRISTEN...APAPUN AKAN DIANGGAP MAU MENYERET ISLAM MASUK KRISTEN................JADI BERPIKIRLAH YG JERNIH GAN..SIAPA SEBENARNYA YG JAHAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah emosi cuy...Islam yg sebenarnya adalah Islam yg cinta damai...tapi bukan berarti Islam itu mao di injak2 seenaknya...Islam yg sebenarnya itu melindungi agama yg non muslim macem ente ini asal ente tuh gak kurang ajar...Islam itu ibarat lebah...di mana iya hinggap bahkan di ranting yg rapuh sekalipun..ranting itu tak akan patah...dan lebah itu menghasilkan yg bermanfaat...apabila di ganggu iya rela mati demi memperjuangkan sarangnya...begitu juga dengan muslim sejati..di mana iya tinggal tidak akan merugikan siapapun..perkataan dan perbuatannya pun bermanfaat bagi siapapun juga...dan apabila di ganngu atau di usik ..maka muslim sejati rela mati demi mempertahankan kebenaran...itulah prinsip kami kaum muslimin seperti lebah

      Delete
    2. kuarang terlalu benar bro... kalau dilihat dari sejarah perkembangan isalam dari awal sudah membunuh ratusan juta dalam perkembangan 100 thn kemudian.cara isalam buktisejarah kalau masih kecil akan tetangga yg baik, kalau merasa sdh kuat akan tetangga yg mengancam nyawa kalau menolak islam. itu yg terjadi di indonesia kusus jawa. hanya sejarah yg dipublikasikan di indonesia tdk sama dg fakta sejarah. orang2 hindu n kerajaan hindu dihabiskan dari jawa dg perang dan bisadilihat di jawa timur dipegunungan tengger mereka lari kesana,n ke balli..

      Delete
  15. Agak lucu sepertinya kok Kristen meniru cara sholat Islam? bukannya Kristen lebih dulu ada dengan tatacara ibadahnya seperti sholat? Beri agama yang datangnya terlambatlah yang meniru yang terdahulu. Jadi jangan dibalik, mengerti? Kristen Arab lebih dulu ada. Tata cara ibadahnya pun Arab banget, lalu kemudian Muhammad dekat dengan kaum Kristen dan meniru cara ibadah kaum Kristen dan menghilangkan Simbol Yesus yang dirubah menjadi allah swt dan dirinya (Muhammad),makanya mengapa Kristen tidak memasukkan Muhammad sebagai nabi karena memang tidak dinubuatkan. Muhammad pandai dia belajar banyak dari ahli kitab dann mencari celah dimana dia bisa masuk, ketemulah ayat yang mengatakan bahwa Allah akan mengutus seseorang yang lain yakni roh kudus, lha Muhammaad roh kudus bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak mengatakan Kristen niru Islam.
      Postingan ini lebih menitik beratkan bahwa segala sesuatu yang berbau kearab araban belum tentu Islam. just it. :)

      Delete
  16. Sebenarnya yang ada itu lebih dulu Kristen daripada Islam... Jadi bukan Kristen niru islam ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg mirip dng Anonym di atas.

      Salam kenal yak. Koq blog kamu gak bisa dikoment sih. :)

      Delete
  17. Kalau Mohamad di racun mati dikubur ga bangkit2, Tetapi Ysus disalib mati , di kubur bangkit di hari ke 3......hayo sispa yang berdosa.....dan siapa yang Kuasa......karena Yesus mengalahkan dosa dan dunia.....Hidup Yesus..................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita semua pasti mati, dan kita semua pasti akan dibangkitkan kembali untuk dimintai pertanggung jawaban. :)

      Delete
    2. Ya ampun, jangan terlalu buta dg cara pikir dan logika anda bung. Sbenarnya brp orang sih yg menyaksikan Yesus itu bangkit??? Itu bangkit atau mayatnya dicuri terus dibuang lalu dibuat cwrita khayalan bhw ada yg melihat Yesus terbang??? Lalu, kamu katakan Yesus mengalahkan dosa dan dunia?? Dimananya dia mengalahkan dosa?? Dimana dia mengalahkan dunia?? Klo mau mengalahkan dunia ya disaat masih ada nyawanya dong...!!!! Kok pake bersilat lidah sih...wong dah mati ya gak bisa dibilang mengalahkan dunia.

      Delete
  18. Oklah kita Umat Kristen & Islam, mari kita cari persamaan ... jangan kita cari perbedaan supaya rukun dan kompak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. MAKA BERLOMBA-LOMBALAH (DALAM BERBUAT) KEBAIKAN. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah, 2:148)

      http://debu-semesta.blogspot.com/2012/09/pr-dari-anonym-5-inilah-toleransi.html

      Delete
  19. sisamaranji ketakutan kalo umatnya pada masuk kristen...wkkkkkk...wkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy bukan pemimpin ummat, siapalah saya ini. Sy lebih takut mempertangungjawabkan iman sy dihadapan Alloh Ta'ala kelak. Salam kenal. :)

      Delete
  20. saudara2ku semua,membenarkan diri sendiri/agama sendiri dan merendahkan yg lain akn menimbulkan perpecahan.bukankah dlm semua agama diajarkan untk menghargai dan mengasihi sesama..iblis akan ngakak ketika tahu manusia pada berantem=perang .karena itu tujuan iblis..klu kita ngaku beragama baiklah kta kasihi +kita santuni tuh orang yg gak bsa makan,gak pnya rmh,jompo,yatim,dsb.gak ush berdebat.Sya kira Tuhan juga gak suka umatnya pada ribut.ayo kta berlomba2 buat kebaikan terlepas apa agma dan suku kita.manusia dilihat bukan apa agamanya ,tapi apa yg telah dibuat untk sesama dan Tuhannya..peace.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... :)
      postingan ini sebenarnya cuman mencoba membuka wawasan bahwa segala sesuatu yang berbau Arab belum tentu Islam. Just it. :D

      Delete
  21. Baca wikipedia ttg salat 7'waktu, n kristen ortodoks syria. Gereja ini yg pertama brdiri d timur tengah. Dikucilkan oleh kaisar byzantium krn tdk mau mmki bhs latin. Mrk ttp mmprtahankan agama asli Yesus & Rasul2NYA, yaitu Aram. Katolik Roma brkmbang krn dukungan politik. Dan trpecah lg mnjd protestan krn pnyimpangan praktek pymbahan Bunda Maria. Shg gereja2 d barat lbh trpengaruh bhsa n budaya Yunani. Ttg salat & istilah keagamaan, maupun kaligrafi, sdh ada 600 thn sblm Islam muncul. Kristen ortodoks adl agama yg dianut oleh bgs Arab sblum Muhammad lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan Nabi Muhammad SAW mengajak kristen ortodox untuk bersama2 menyembah hanya kepada Allah.

      Terimakasih.

      Delete
    2. kalau muhammad megajak masuk islam sebenarnya kata2 itu terlalu santun buangat. yg pas adalah muhammad mengintimidasi,mengancam,meneror,menganiaya,menekan bahkan me dan membunuh n merampok orang2 yahudi dan kristen supaya mengakui muhammad itu nabi n masuk isalm. orang orang yahudi n kristen menolak kenabiaannya karena hidup dan ajaran muhammad bertentangan dg hukum taurat,kitab nabi2, kitab zabur dan terutama dg kitab injil. muhammad tdk membawa Tuhan yg ada di ajarkan oleh nabi musa,nabi dawud, nabi ibrahim,nabi sulaiman,dll, tuhan yg diajarkan muhammad tuhan nya orang2 arab bukan Tuhan yg di sembah nabi2 Israel. ( dalam alkitab ).

      Delete
  22. soal Bunda Maria, Kristen Koptik/Orthodok Syria jg menghormatinya (baca aja buku2 ttg Kristen Orthodok) di foto mas samaranji jg keliatan ada ikon (gambar suci) Bunda Maria.Demikian jg shalat n tilawah sebenernya bukan murni kebudayaan Islam, krn sdh dipraktekan oleh Kristen Orthodok jauh sebelum Islam berdiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kristen ortodhox hanya menyembah kepada Allah, tentu saja mereka juga Islam sebagaimana Nabi Ibrahim as. :)

      Delete
    2. sebenarnya ibrahim tidak menyembah Allah dalm pengertian islam n alquran.tapi Allah dalam pengertian Yahudi. Allah pengertian yahudi adlah sbg sebutan. bukan nama pribadi. yg diterjemahkan oleh kristen arab jd Allah, dari kata Elohim.sedang dalam bahasa arab sbg nama pribadi.anda pun tahu asal usul kata Allah.seperti nabi dawud n sulaeman gak pernah menyebut Tuhan mereka Allah sbg nama pribadi.
      merka menyabut Tuhannya: Elohim,Adonai,Yahwe,dll.mereka bukan islam.

      Delete
    3. Masalah "nama" Tuhan, sudah pernah saya posting di sini :
      (klik) > What's Your Name God?

      Delete
    4. Hati2 bro terlalu banyak kata kata yang menjebak sepertinya, tetap tenang dalam menanggapi, mereka orang orang yang terlalu menilai, padahal begitu sulit sepertinya untuk menilai diri mereka sendiri.

      Delete
  23. sebenarnya islamlah yang meniru cara agama lain beribadat...muslim hanya taunya belakangan...sholat adalah adaptasi dari cara ibadat yahudi, dan kristen ortodok juga asal muasal dari yahudi..jadi kalau ada muslim yg mengklaim sholat cuma milik islam itu adalah muslim yang picik...dangkal wawasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan meniru, tapi memurnikan.
      mengajak kembali hanya kepada Allah Ta'ala. :)

      Delete
    2. Hanya orang munafik lah yang hanya melihat dan mengorek-ngorek agama orang lain. pahami, dan dalami ajaran agama sendiri, krn masuk surganya kita tidak karena berhasil menjelekkan, menjatuhkan orang dan agama yang lainnya.

      Delete
  24. Syukurlah, supaya kita umat Islampun jangan terlalu sombong... supaya terbuka mata melihat sekitar kita, bahwa bukan kita saja penghuni bumi ini.

    ReplyDelete
  25. beberapa ajaran islam juga adalah hasil adopsi dari agama Quraish, lalu dipoles dan deberi nuansa islamiyahnya. misalnya: Naik haji, qabah, puasa, dll.. so jangan kita terlalu munafik!

    ReplyDelete
  26. tulisan ini membawa pembaca untuk tahu bahwa ada golomgan Kristen lain, sehingga dg begitu kita diajak untuk menghargai dan menghormati, bahwa dg adanya fakta kita semakin berpandangan terbuka

    ReplyDelete
  27. Lol..
    Wtf..
    Since when Adam, Abraham, or Isa/Yasu are moslem..
    Islam it self just founded by your prophet at the year 600+ and proclame that all Prophet are Moslem.. LOL you make me lough so hard... Lean History kid, your Quran is a false at every aspect of history and accusasion towards Jews and Christian, mostly Orthodox Christian and Jew. You should read about the History of the world from neutral prespective not from Islam prespective coz it will bring justified for your quran tastement. SO funny... you guys and your proclame to be the fulfillment of 2 monotheistic religion.. lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe....
      Maklumlah, cuma klaim sepihak dari Muhammad.

      Muslim ya IMANI SAJA,, kalau ga MAU Ane Kafir , Penggal atau bayar Jizyah/Pajak...??
      AGAMA ciptaan cuma Alat Politik utk Menaklukkan Wilayah2 lain n Berperang.

      Delete
  28. Saya rasa semua komentar temen2 benar, saya tahunya bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan penyempurna dan perbaikan agama Allah, yg diturunkan sebelumnya kepada Nabi2 sebelumnya. Karena waktu Beliau diangkat jadi Rasul Allah, sedang banyak terjadi penyelewengan2 agama Allah. Seperti hal2 Maksiat, mabuk2an, zina/sodom, sihir atau penyembahan terhadap berhala dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. INGAT...MAS N MBAK ALQURAN DG INJIL GAK ADA HUBUNGANNYA, DAN..ALLAH YG DIAJARKAN MUHAMMAD DG ALLAH YG DIPERCAYAI ORANG KRISTEN /YAHUDI BEDA BUANGAT ....
      SORGANYA BEDA,NEAKANYA BEDA,SIFAT2 TUHANNYA BEDA....

      Delete
  29. gak perlu cari persamaan,cukup menghargai perbedaan. contoh: sorga n neraka menurut aiquran dan injil beda.di sorga menurut alquran ada kawin mengawin dg bidadari,dan neraka tdk kekal umumnya.
    sedangkan menurut injil/ Yesus, gak ada kawin mengawin tp akan hidup seperti malaikat bahkan Yesus bilang sesat kalau ada ajaran seperti itu( maaf Yesus katakan pd mulanya utk org yahudi mazab saduki,600 th sbelum islam ada .dan neraka kekal adanya.... kalau org sdh k neraka TIDAK AKAN BISA KE SORGA SEDETIKPUN.yg vertikal gak bisa di kait2kan...yg horizontal...SENG RUKUN REEEKK

    ReplyDelete
  30. Ok sebagai hamba Allah, sebagai orang beriman, marilah berlomba beribadag dan berbuat kebaikan.......karena kalau beribadah sambil mencela agama lain itu bukan produk hamba Allah. Rusak susu sebelanga krn nila setitik. Jangan sampai...ibadah kita yg sudah kita jalankan rusak, hanya krn melakukan pencelaan kpd umat agama lain....akhirnya di garis finish nanti kita tidak dikenal Allah.....Allah Maha Sempurna...Beliau menginginkan kita tidak bercela sampai kita menghadap kepadaNya saat Dia memanggil kita kembali.......apapun agamanya....orang yang kafir juga sama disayang Allah...karena semua adalah mahluk ciptaanNya, yang tidak luput dari RencanaNya untuk lahir ke dunia ini. Berbahagialah kita yang tidak bercacat cela sampai Allah menarik roh kehidupan dari tubuh jasmani kita....selamat beribadah di dalam Roh dan kebenaran. Tuhan memberkati anda sekalian. Amin

    ReplyDelete
  31. mas samaraji semoga anada diberi Tuhan Allahnya Ibarahim mata rohani yang melihat Allah yg benar2 Allah n Tuhan yg benar2 Tuhan.Saya pernah melakukannya.Saya melakukan sembahyang tahajuk dg niat yg tulus dan sungguh, berdoa begini tiap malam: ya Tuahan Allah yg menciptakan langit bumi serta isinya tunjukkkan jalan terhadap Engkau yg membawa saya pasti masuk sorga.
    Terpujilah Dia yg pemurah dan yg melihat kerendahan hambanNYa sehingga BELIAU menunjukkan jalan itu padaku,aku melihat sorotan cahaya dr langit putih tinggi sekali dan malaikat mengelilingi cahaya itu, dan mendengar suara:" inilah jalan yang benar dan aku melihat ke atas dan aku melihat........".
    pengalamanku benar2 dan tidak dusta.....mas... berani mencoba...good..* "Ya Tuhan kasihani mas samariaji ini buat dia utk melihat jalan ke sorgamu..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. "sembahyang tahajuk"??? :D
      terimakasih sarannya... Salam. :)

      Delete
    2. Mas Samaranji..jika boleh saya sarankan..next time jika akan membuka artikel seperti ini..mohon gunakan bahasa title yang inflisite saja..dimana hanya orang muslim yang paham membacanya...sehingga tidak harus ada opini dari orang yang tidak pantas beropini..apalagi mebuka ruang media yang memungkinkan Rosul kita dibawa bawa..Rosul Muhammad SAW jgn sampai dilecehan..mohon dapat diperhatikan. terima kasih

      Delete
  32. seperti orang bijak berkata :" ada orang menyangka ( meyakini seyakin yakinnya ) bahwa jalannya lurus tapi ujungnya maut/kebinasaan". hidup hanya sekali habis itu mempertanggung jawabkan hidup ini pada Tuhan pencipta kita.
    karena itu carilah Sang Pencipta dg segiat2nya dan setulus tulusnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak..yang merasa dimulyakan..sudah tidak usah berbesar hati atau tinggi hati dengan apa yg Bapak punya, kalo Bapak sudah merasakeyakinan yang Bapak pegang sekarang benar ya sudah...tidak usah menjelekkan Rosul Kami Muhammad SAW. Karena saya yakin sekali ketika Bapak menjelekkan Hamba Allah yang notabennya adalah Rosul, dihati kecil kamu timbul rasa takut jika azam alam semesta dan Allah akan mendatangimu..maka sebaiknya bukan aja Bapak yang harus berinstrospeksi diri...tp juga kami semua yang membaca tulisan Bapak...jika dengan kekasaran ..pelecehan dan kesombongan Bapak...sudah dibenarkan oleh ajaran Bapak...maka jawabannya adalah..Benarkan Bapak dan ajarannya? Setahu saya..saya yang papa dan tak punya ilmu agaman banyak pun meyakini orang yg dengan kelembutan dan kearifan berbicara jauh lebih baik dari orang yang beragama tapi sangat tidak Polite dan Ego..kita perbaiki diri kita...kita berkaca apakah kita sdh benar..jika Bapak ingin mengomentari suatu artikel,,,,coba dipahami dengan intelektual dan kedewasaan pemahaman..saya kira akan menemukan..maksud dari tulisan itu sendiri...kalo menurut saya tulisan yang dibuat diatas hanya untuk menginformasikan kepda kaum muslim..akan adanya persamaan habit .tapi...berbeda akidah..and wht wrong with that artical?..be wisely to read ...semoga selalu diberikan petunjuk yang benar kepada hamba ini ya Allah.

      Delete
  33. Terimakasih mas atas blog nya, berkarya terus mas, anjing menggogong kafilah berlalu, jangan terpancing dengan orang orang yang komentnya negative.

    ReplyDelete
  34. beri satu (1) ayat yang menyatakan bahwa isa al masih adalah tuhan, kalau gk ada berarti anda salah jalan, apa yang menjadi dasar anda isa al masih di salib untuk penebusan dosa kaumnya, masa tuhan dibunuh untuk penebusan dosa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban yg paling tepat tuk pertanyaan anda adalah.
      ..lakukan sholat dgn benar dan kemudian bertanyalah kepada Allah minta petunjukNYA.

      Peace...bro


      Delete
    2. Fajaryehuda

      istilah nama Isa Almasih hanya ada di Alquran yg baru muncul di tanah Arab 600 tahun setelah Alkitab Perjanjian Baru di tanah Yudea. dan umat Muslim sejak saat itu sepertinya mengaitkan Isa Almasih dengan Yesus Kristus (Ibrani: Yeshua Hamasiah) yg tercatat di Alkitab.

      Di Alkitab jelas TERTULIS bahwa Yesus Kristus MATI DISALIB dan BANGKIT lalu NAIK ke surga. sedangkan Alquran yang muncul 600 tahun kemudian menyatakan bahwa Isa Almasih TIDAK mati disalib.

      sungguh aneh bukan????

      Secara Historis, Yesus adalah orang Yahudi yang hidup di PERTENGAHAN abad pertama di tanah Yudea yang merupakan daerah jajahan Romawi saat itu. DIA hidup di dalam masyarakat yg memegang teguh hukum tertulis Taurat Musa. dan DIA berbahasa Ibrani atau Aramik.

      tetapi Alquran yg muncul 600 tahun kemudian itu, menyatakan bahwa Isa Almasih berbahasa Arab.

      anehnya lagi, daerah kekuasaan Imperium Roma pada abad 1 TIDAK MENCAKUP wilayah Arab. pertanyaannya siapakah sosok Isa Almasih yg ditulis di Alquran??? apakah menjiplak kisah Yesus dalam ALkitab??? atau seseorang yang berbeda????

      Ironisnya Alquran sendiri TIDAK MEMILIKI latar waktu, tempat dan keterangann yang dapat memberikan kejelasan dan tegas.

      Inikah kitab yang dianggap sebagai kitab yg MENYEMPURNAKAN kitab2 sebelumnya??????

      www.faithbookz.blogspot.com

      Delete
    3. Anda Fajar Yehuda si "pait book"? Salam jumpa, lama gak ketemu :)

      Delete
  35. Semoga Allah SWT memberikan jalan lurus dan hidayah kepada hambanya yg sesat..amin

    ReplyDelete
  36. Syriac Orthodox Church sudah ada sejak tahun 451. Segala bentuk tulisan, logo, ajaran, cara ibadah, dll sudah ada & dilakukan jauh sebelum nabi Muhammad lahir di Mekkah, 20 April 570.

    ReplyDelete
  37. Kita semua sama, rangkaian ajaran Samawi/Ibrahimic bapak kita semua.. Jews menuhankan Allah oleh ajaran nabi Musa as sm sprt Islam namun dlm bahasa Ibrani Elohim, Adonai. Tp kenapa Kristen menuhankan Jesus? yang tidak lain seorang yg di salib dan di rajam oleh org Yahudi.
    Yahudi, kristen koptik dan Islam mempunyai kemiripan dlm beribadah, tp knp kristen di indonesia tdk, hanya bernyanyi2 saja
    Jesus menjadi Tuhan hanya disahkan oleh rapat consili nicea

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Muhammad Cuma menciptakan AGAMA Baru mengadopsi dari kitab2 terdahulu.
      -Dalam Prakteknya Muslim seperti menuhankan AGAMA padahal KRISTEN n YAHUDI sbnrnya Bukan AGAMA tetapi merujuk kepda Penaaman Kaum.
      -Bisa terbukti MUHAMMAD dulu adalah Seorang KRISTEN karena Menikah dengan Khajidah secara KRISTEN.
      - Muhammad Bukanlah keturunan Org2 TAUHID, tetapi Penyembah Berhala di Pusat MEKAH sama sperti Pamannya dan Ayahnya yg bernama ABDULLAH dan Suku2 Arab lain sperti Quarish.
      - ABDULLAH = Abdi ALLAH >> ALLAH sebagai nama Pribadi Dewa Tertinggi MEKAH.

      - Muhammad Cerdas, seperti komentar di atas saya lihat, dapat mengambil celah2 di kitab yg membuat ISLAM terpisah dari INDUKNYA (Yahudi n Kristen).
      * Muhammad mengambil celah langsung dari AKAR , Mengklaim sbgai Keturunan ABRAHAM dari Garis Ismail saudara Ishak ayahnya Yakub/Israel.
      * Muhammad mengklaim kalau mata Air Zamzam adalah Mata Air yg sama dengan Mata Air sumber Air yg diminum Ismail ketika bersama Ibunya di padangpasir seperti dalam Kitab.
      * Muhammad Memindahkan Kiblat dari JERUSSALEM, Israel ke MEKAH tempat Pusat perdagangan n Penyembahan Berhala.
      * Muhammad Mengklaim dirinya sebagai Nabi kepda orang Yahudi dan kepada Nasrani sbgai RASUL (Nabi bukan Rasul) , Org Yahudi Tidak mengenal Rasul/Apostel dan Menganngap Yeshu bukan Messias. Sedangkan Nasrani tidak akan mengakui NABI lagi setelah SANG MESSIAS (Yeshu AL-Masih), yg ada hanyalah Para Rasul (Murid Yeshua / Penginjil). Orang ARAB Non Kristen dan Org Non Yahudi ya tidak tahu menahu ttg hal ini. Mreka tidak Jelas Membedakan nabi n Rasul.

      * Muhammad tidak Mengakui ke ILLAHIAN Yeshu Al-Masih.
      * Muhammad mengatakan Al-Quran sbgai Penyempurna Kitab sebelumnya. Padahal kalau menurut YAHUDI n KRISTEN malah MElawan Kitab sebelumnya , tidak ada Nubuatan, tidak ada Janji Penggenapan Tuhan, yg paling Utama dan Puncak dari semua kitab adalah ttg MESSIAS. Karena Sumua NABI diutus utk Membuka Jalan mempersiapkan diri bagi SANG MESSIAS.

      MAKA, LEPASLAH SUDAH.... ISLAM jadi AGAMA yg BARU yg BERDIRI SENDIRI.


      Dalam Perkembangannya Muhammad mnjadikan ISLAM sbgai KEKUASAAN/IMPERIUM.
      Membantai org2 yg tidak Mau Mengikutnya atau Bayar Jizyah, Menghabsi lawan"nya.... Kalau tidak Mengakui Muhammad artinya KAFIR n menentang ALLOH, jadi Pasukan harus perang Utk ALLOH.

      Setelah Muhammad meninggal, Generasi Penerus kocar kacir memperebutkan TAHTA (Khalifah). Pecahlah SYIAH dengan SUNNI.
      Kemudian di khalifahan berikutnya SUNNI vs SUNNI Perang terjadi sampai 2 kali.

      HUKUM Muhammad adalah Hukum manusia, Bukan Hukum Surgawi/ Hukum Tuhan.

      Salam Damai saudaraku.... hanya berbagi ^_^
      CARILAH KEBENARAN, Bukan cuma IMANI SAJA n FANATIK BUTA. As shaloom Alakheem.

      Delete
    2. Nih Lion kbanyakan nyanyi2 di gereja, jadi ngawur. Lion coba aja dulu jalani ibadah yg dilakukan kristen ortodoks : shalat 7 waktu, berpuasa, dan membaca mazmur seperti baca Alquran. Mudah2an jika dilakukan dng rutin bisa mengetahui kebenaran. Yesus aja shalat dan sujud kepada Allah yg menciptakannya.

      Delete
  38. Al quran dan islam adalah penyempurnaan dri kitab2 dan agama2 terdahulu..butuh keimanan dan keikhlasan untuk memahami tu smua..semoga hidayah lekas membuka pikiran yg masih tertutup oleh sifat egois pd manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Muhammad Cuma menciptakan AGAMA Baru mengadopsi dari kitab2 terdahulu.
      -Dalam Prakteknya Muslim seperti menuhankan AGAMA padahal KRISTEN n YAHUDI sbnrnya Bukan AGAMA tetapi merujuk kepda Penaaman Kaum.
      -Bisa terbukti MUHAMMAD dulu adalah Seorang KRISTEN karena Menikah dengan Khajidah secara KRISTEN.
      - Muhammad Bukanlah keturunan Org2 TAUHID, tetapi Penyembah Berhala di Pusat MEKAH sama sperti Pamannya dan Ayahnya yg bernama ABDULLAH dan Suku2 Arab lain sperti Quarish.
      - ABDULLAH = Abdi ALLAH >> ALLAH sebagai nama Pribadi Dewa Tertinggi MEKAH.

      - Muhammad Cerdas, seperti komentar di atas saya lihat, dapat mengambil celah2 di kitab yg membuat ISLAM terpisah dari INDUKNYA (Yahudi n Kristen).
      * Muhammad mengambil celah langsung dari AKAR , Mengklaim sbgai Keturunan ABRAHAM dari Garis Ismail saudara Ishak ayahnya Yakub/Israel.
      * Muhammad mengklaim kalau mata Air Zamzam adalah Mata Air yg sama dengan Mata Air sumber Air yg diminum Ismail ketika bersama Ibunya di padangpasir seperti dalam Kitab.
      * Muhammad Memindahkan Kiblat dari JERUSSALEM, Israel ke MEKAH tempat Pusat perdagangan n Penyembahan Berhala.
      * Muhammad Mengklaim dirinya sebagai Nabi kepda orang Yahudi dan kepada Nasrani sbgai RASUL (Nabi bukan Rasul) , Org Yahudi Tidak mengenal Rasul/Apostel dan Menganngap Yeshu bukan Messias. Sedangkan Nasrani tidak akan mengakui NABI lagi setelah SANG MESSIAS (Yeshu AL-Masih), yg ada hanyalah Para Rasul (Murid Yeshua / Penginjil). Orang ARAB Non Kristen dan Org Non Yahudi ya tidak tahu menahu ttg hal ini. Mreka tidak Jelas Membedakan nabi n Rasul.

      * Muhammad tidak Mengakui ke ILLAHIAN Yeshu Al-Masih.
      * Muhammad mengatakan Al-Quran sbgai Penyempurna Kitab sebelumnya. Padahal kalau menurut YAHUDI n KRISTEN malah MElawan Kitab sebelumnya , tidak ada Nubuatan, tidak ada Janji Penggenapan Tuhan, yg paling Utama dan Puncak dari semua kitab adalah ttg MESSIAS. Karena Sumua NABI diutus utk Membuka Jalan mempersiapkan diri bagi SANG MESSIAS.

      MAKA, LEPASLAH SUDAH.... ISLAM jadi AGAMA yg BARU yg BERDIRI SENDIRI.


      Dalam Perkembangannya Muhammad mnjadikan ISLAM sbgai KEKUASAAN/IMPERIUM.
      Membantai org2 yg tidak Mau Mengikutnya atau Bayar Jizyah, Menghabsi lawan"nya.... Kalau tidak Mengakui Muhammad artinya KAFIR n menentang ALLOH, jadi Pasukan harus perang Utk ALLOH.

      Setelah Muhammad meninggal, Generasi Penerus kocar kacir memperebutkan TAHTA (Khalifah). Pecahlah SYIAH dengan SUNNI.
      Kemudian di khalifahan berikutnya SUNNI vs SUNNI Perang terjadi sampai 2 kali.

      HUKUM Muhammad adalah Hukum manusia, Bukan Hukum Surgawi/ Hukum Tuhan.

      Salam Damai saudaraku.... hanya berbagi ^_^
      CARILAH KEBENARAN, Bukan cuma IMANI SAJA n FANATIK BUTA. As shaloom Alakheem.

      Delete
  39. -Muhammad Cuma menciptakan AGAMA Baru mengadopsi dari kitab2 terdahulu.
    -Dalam Prakteknya Muslim seperti menuhankan AGAMA padahal KRISTEN n YAHUDI sbnrnya Bukan AGAMA tetapi merujuk kepda Penaaman Kaum.
    -Bisa terbukti MUHAMMAD dulu adalah Seorang KRISTEN karena Menikah dengan Khajidah secara KRISTEN.
    - Muhammad Bukanlah keturunan Org2 TAUHID, tetapi Penyembah Berhala di Pusat MEKAH sama sperti Pamannya dan Ayahnya yg bernama ABDULLAH dan Suku2 Arab lain sperti Quarish.
    - ABDULLAH = Abdi ALLAH >> ALLAH sebagai nama Pribadi Dewa Tertinggi MEKAH.

    - Muhammad Cerdas, seperti komentar di atas saya lihat, dapat mengambil celah2 di kitab yg membuat ISLAM terpisah dari INDUKNYA (Yahudi n Kristen).
    * Muhammad mengambil celah langsung dari AKAR , Mengklaim sbgai Keturunan ABRAHAM dari Garis Ismail saudara Ishak ayahnya Yakub/Israel.
    * Muhammad mengklaim kalau mata Air Zamzam adalah Mata Air yg sama dengan Mata Air sumber Air yg diminum Ismail ketika bersama Ibunya di padangpasir seperti dalam Kitab.
    * Muhammad Memindahkan Kiblat dari JERUSSALEM, Israel ke MEKAH tempat Pusat perdagangan n Penyembahan Berhala.
    * Muhammad Mengklaim dirinya sebagai Nabi kepda orang Yahudi dan kepada Nasrani sbgai RASUL (Nabi bukan Rasul) , Org Yahudi Tidak mengenal Rasul/Apostel dan Menganngap Yeshu bukan Messias. Sedangkan Nasrani tidak akan mengakui NABI lagi setelah SANG MESSIAS (Yeshu AL-Masih), yg ada hanyalah Para Rasul (Murid Yeshua / Penginjil). Orang ARAB Non Kristen dan Org Non Yahudi ya tidak tahu menahu ttg hal ini. Mreka tidak Jelas Membedakan nabi n Rasul.

    * Muhammad tidak Mengakui ke ILLAHIAN Yeshu Al-Masih.
    * Muhammad mengatakan Al-Quran sbgai Penyempurna Kitab sebelumnya. Padahal kalau menurut YAHUDI n KRISTEN malah MElawan Kitab sebelumnya , tidak ada Nubuatan, tidak ada Janji Penggenapan Tuhan, yg paling Utama dan Puncak dari semua kitab adalah ttg MESSIAS. Karena Sumua NABI diutus utk Membuka Jalan mempersiapkan diri bagi SANG MESSIAS.

    MAKA, LEPASLAH SUDAH.... ISLAM jadi AGAMA yg BARU yg BERDIRI SENDIRI.


    Dalam Perkembangannya Muhammad mnjadikan ISLAM sbgai KEKUASAAN/IMPERIUM.
    Membantai org2 yg tidak Mau Mengikutnya atau Bayar Jizyah, Menghabsi lawan"nya.... Kalau tidak Mengakui Muhammad artinya KAFIR n menentang ALLOH, jadi Pasukan harus perang Utk ALLOH.

    Setelah Muhammad meninggal, Generasi Penerus kocar kacir memperebutkan TAHTA (Khalifah). Pecahlah SYIAH dengan SUNNI.
    Kemudian di khalifahan berikutnya SUNNI vs SUNNI Perang terjadi sampai 2 kali.

    HUKUM Muhammad adalah Hukum manusia, Bukan Hukum Surgawi/ Hukum Tuhan.

    Salam Damai saudaraku.... hanya berbagi ^_^
    CARILAH KEBENARAN, Bukan cuma IMANI SAJA n FANATIK BUTA. As shaloom Alakheem.

    ReplyDelete
  40. Jangan cepat TERPROVOKASI Membenci YAHUDI n NASRANI....
    Apalagi bawa2 nama Tuhan.


    Kajilah dengan Hati yg Tulus n Pikiran yg Netral ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI orang ga bener nihh,,diagamanya sendiri aja ga diterima dia,,,skarang menjelek"an agama lain,,

      Delete
  41. subhanallah harus bisa lebih hati-hati lagi untuk membeli kaligrafi pajangan i rumah atau mengenal seseorang yang belum kita kenal tetapi memakai pakaian seperti muslim..
    sungguh kita benar-benar harus bisa lebih waspada !!
    termakasih postingannya sangat bermanfaat gan ;)

    ReplyDelete
  42. posting bagus mas, serasa menambah paseduluran

    ReplyDelete
  43. posting bagus mas, serasa menambah paseduluran

    ReplyDelete
  44. saya sangat suka dengan blog ini, miminnya blogger sejati, sabar dan punya jawaban super untuk semua keberatan.
    isi blog ini keren dan netral...
    salute boss...

    ReplyDelete
  45. Siiiip dach blog nya !!!

    ReplyDelete
  46. Salut buat Admin yg sabar dalam meladeni setiap pertanyaan dan komentar. Buat saya intinya adalah bacalah kitab ( Al-Quran / Injil) kita masing2.Kalau sudah mengerti isinya baru kita bisa berbicara yang sebenarnya.Jangan hanya karena dengar dari orang terus kita mau percaya.Kalau dalam bahasa Indonesia saja Anda tidak mengerti,bagaimana dalam bahasa Arab yang hurufya sudah berbeda. Atau karena terlalu banyak yang menyimpang sampai harus di buat seperti itu. Pertanyaan saya, seberapa sering anda membaca Al-Quran dan seberapa jauh anda mengerti yang di ceritakan didalamnya?? Karena ketidak mampuan anda menjelaskan menurut Al-Quran sampai harus menggunakan kekerasan biar orang diam.Seperti cara orang Islam mengajak orang lain masuk Islam dengan cara kekerasan (Paksaan). Kalau tidak masuk Islam akan dibunuh.

    ReplyDelete
  47. artikelnya keren banget, perbedaan itu memang ada, dan sebagaimana mestinya kita menangapi perbedaan itu.

    ReplyDelete
  48. subhanalloh..benar-benar iman kita sedang diuji..

    Insya Alloh bermanfaat http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  49. Dalam bahasa Arab juga menyebut Isa AS sebagai Yasukh Almaseh

    ReplyDelete
  50. Arief al rahcmad26/06/2015, 20:51

    artikel bagus buat membuka pola pikir islam indonesia yg blm faham ttg bgmn kristen dan islam itu bersaudara sejak zaman rosullolah dulu.tapi oleh oknum yg gak faham ttg sejarah yg bikin kacau persaudaraan kristen islam.tks atas artikelnya.

    ReplyDelete
  51. Beragam sekali, ya Alloh kuatkanlah iman ku, iman kita semua...

    ReplyDelete
  52. Baiklah. Mari kita tunggu kedatangan Yesus yang kedua kali. Apakah Dia mencari orang-orang yang taat beragama ataukah yang beriman dalam namaNya. :)

    ReplyDelete
  53. Saran ane, anda baca buku lagi bro samaranji, usahain dari sumber luar yang netral, karena kalo lokal sudah berat sebelah kiri kanan, jangan terlalu kemakan teori teori tidak berdasar, pertama anda baca tentang sejarah gereja, lalu kelahiran nabi anda anda dan awal mula penyebaran islam, lalu sejarah arsitektur masjid dan tata cara beribadahnya, lalu pelajari budaya timur tengah selatan jangan langsung loncat timur tengah utara, sekali lagi cari yang netral,, untuk ini saya dengan yang diatas anonim dulu, karena nanti muncul debat tanpa ilmu. Tq

    ReplyDelete
  54. Kasihan umat Islam, selalu curiga kepada Kristen. Padahal kami sendiri tidak peduli dengan perbedaan. Saya Katolik dan selalu menempuh sekolah di sekolah2 Katoli, berdasarkan pengalaman kami, jika ada salah satu murid yang Islam, selalu merupakan suatu kewajiban untuk menjaga dia, dan selalu mengutamakan dia jika sedang menunaikan ibadah puasa. Tanyailah kawan2 Islam yg pernah sekolah di sekolah katolik, pernakah mereka mengalami diskriminasi, ataukah pernahkah iman keyakinannya digugat atau di hina hina?

    ReplyDelete
  55. Tambahan lagi, kalau soal teriak Save Palestina, yah memang semua orang yang anti penjajahan akan meneriakan hal itu tidak peduli apapun latar belakang agamanya. Masalah Palestina itu bukan masalah Agama, tetapi masalah politik. Banyak jg kristen di Palestina, bukan cuma Islam saja. Bahkan Paus (pimpinan tertinggi umat Katolik) Selalu memperhatikan dan keadilan di Timur Tengah. Amerika selalu menjadi sasaran kecaman Paus karena politik kekuasaannya.

    ReplyDelete
  56. Karena ini blog nya samaranji..hormatilah pendapatnya mengenai kekristenan,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bodoh x orang Indon yaww gitcu itu..segaLa sesuatu dari Timur Tengah d anggap udah pasti arab n isLam..padahaL d Timur Tengah sana ana puLuhan hingga ratusan Bangsa,Bahasa n Agama..maka x kagak heran Luwww KahLiL Gibran d anggap arab musLim hanya karna dia Lahir d Lebanon..
      HasiL sejarah quran n hadist yaww gini ini..

      Delete
  57. waoooo...agama islam adalah ciptaan usman bin affan untuk memerangi kekalifahan uamayah yang kristen coptik.bukti umayah adalah kristen dengan di temukannya coin MHD ( mUHAMMAD) YANG BERGAMBAR SALIB.

    JADI SELAMA INI UAMAT ISLAM TERTIPU DENGAN USMAN BIN AFAN, terbukti dengan tidak ada bukti arkeologi yang mendukung ke - beradaan , muhammad.
    wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa sih mbak budi?
      Ndasmu tolol !

      Delete
  58. @Anony-mous..wkwkwkwk, yang tololll adalah yg dibodokin usman bi affan..tanpa bukti arkeologi keberadaan si mamad!!!! percaya aje ama cerita ARAB,!!! HIHIHIHI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin nih Mbak Budy?
      Mana buktinya?
      Blow up dong mbak jgn bisanya koar2 disini,kalo perlu panggil wartawan untuk jumpa pers,
      Ijk tantang jej ya Mbak Budiwatie Maria Yesus Syalala.

      Delete
    2. he he he akibatnya ...? LEHER DIPENGGAL ...?
      ummat agama lain tidak berani mengkritik agama islam karena risikonya leher copot , bro ..!! masih ingat koran Charlie Hedbo di Eropa ..?

      Delete
  59. anu-nya .wkwkwk lu buka ww.coin syria tahu 630-734 itu semua coin paki salib broo,mendingan lu murtad aja..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul !! khalifah islam lah yang menjajah jajirah Arab sampai ke Eropa , kemudian memaksa penduduknya untuk memeluk agama islam atau mati dipenggal ..?

      Delete
  60. @ anu-nya..nih gw posting banu umayah..
    Mu’awiyah Adalah Pencetus Islam Umawy
    Tidak diragukan lagi bahwa Mu’awiyah adalah ‘Putra Harapan Kaum Kafir Quraisy’ yang diharap mampu menjayakan proyek para pembesar kafir Quriasy yang bertekuk lutut di hadapan kejayaan Islam, puncaknya dengan ditaklukkannya kota Mekkah. Abu Sufyan berusaha meraih kembali kejayaan palsu kemusyrikan kaum Musyrik Quraisy melalui putra kebanggaannya, Mu’awiyah. Setelah berhasil merebut kekhalifahan, Mu’awiyah segera menjalankan agenda besarnya; memerangi Islam yang dibawa dan diperjuangkan Nabi bersama para sahabat mulianya. Namun kali ini, ia tidak menggunakan cara-cara klasik para moyangnya. Ia menjalankan peperangan ini dengan cerdas, halus, berlahan namun pasti dan tidak lupa, ia perangi Islam Rasulullah Saw. dengan menggunakan nama Islam itu sendiri sebagai senjata, tentunya setelah membodohi banyak kalangan dengan tipu muslihat dan makar jahatnya!

    ReplyDelete
  61. @non muslim...
    penyesalan setelah mati tidak berguna.
    kembalilah kepada agama yg lurus yg di ridhoi Allah.

    ReplyDelete
  62. to anunya-ani..wkwkkwwk janagndi bodoki Arab.!!! dengan islamnya yg sebenarnya Agama Yahudi laknatullah yang di modifikasi..seperti Haji yang mueter-muter kabah, dengan telanjang tanpa CELANA DALAM..hihihihi

    ReplyDelete
  63. setahu saya jauh sebelum ada agama islam , ummat kristen koptik sudah ada di Timur Tengah . bahkan seorang wanita koptik bernama Mariah sipaksa oleh nabi Muhammad sebagai pemuas nafsunya ( di setubuhi dengan paksa di ranjang istri sang nabi yang bernama hafsah )
    islam lah yang menjiplak jiplak .... gereja diPalestina dijadikan masjidil AQSA , RED CROSS alias palang merah internasional dijiplak jadi BULAN SABIT MERAH . perayaan natal dijiplak dan ummat islam merayakan MAULID NABI ( padahal tidak ada anjuran dalam Alquran agar merayakan maulid nabi ) ummat Kristen bernyanyi dalam ritual keagamaan , ummat islam malah menjiplak dan melakukannya .
    Bahkan Ornamen NATAL sekarang telah dijiplak menjadi ornamaen perayaan lebaran .

    ReplyDelete
  64. Alloh mengutus beberapa Rasul,apa salahnya bila Alloh mengangkat Rasul orang Arab,itu Kehendak Alloh.Injil firman Alloh ,Al'quran pun firman Alloh.Apa salahnya bila yang punya firman mengoreksi firman-Nya yang dirobah manusia ,maka jangan sakit hati Alloh meluruskan Injil dengan mengajarkan trinitas ,diluruskan Alloh dengan firman Alquran bahwa Alloh bukan trinitas.soal kalian mau percaya atau tidak itu urusan kalian nanti toh diakherat kalian akan ketemu Alloh juga.soal shoalat Kristen,Yahudi,Islam kalo mengikuti ajaran asli ada kemiripan bahkan hampir sama ,apa salahnya Aloh bila Alloh menyamakan.Agama itu kan milik Alloh.maka tidak ada yang meniru Tau menjiplak ,sebab Islam seperti ini pun dari Alloh.shoal sekarang Kristen sholatnya bernyanyi itu kan maunya manusia.itu belum tentu diterima Alloh.Sholatt kristee dari sujud ke nyanyi itu bukti nyata perubahan ajaran Alloh oleh manusia.termasuk juga Alloh Esa dirubah jadi trinitas.itu sebabnya Alloh menurunkan kembali firmannNya Alquran untuk meluruskan.mau percaya atau tidak urusan masing masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. to Aldin Syafatulloh..
      Allah Yahudi tidak pernah mengutus MuHAMMAD..!!! YOU KNOW..!!!
      Muhammad sendiri yang menjadi Allah Islam !!!

      Delete
  65. all netter ..Islam di bangun berdasarkan " MITOS" dan penipuan.dan kebohongan.!!!
    terbukti tidak ada Bukti arkeologi sampai detik ini... yang merekan jejak islam.!!!

    ReplyDelete
  66. ni tambahan ayat manusia yang mempengaruhi ayat Allah..

    Aisyah
    Suatu kali, Aisyah, istri yang dimanjakan oleh Muhammad, berkata: “Aku bersama dengan Utusan Allah ketika sebuah penyerangan sedang berlangsung. Ia seperti biasa melakukan hubungan intim denganku, setiap malam. Tetapi ketika pagi hari tiba, ia tidak menemukan air untuk mencuci untuk sembahyang. Aku berkata kepadanya, ‘Muhammad, bukankah kita terbuat dari pasir?’ Dan ia menjawab, ‘Ya, benar.’ Aku berkata, ‘Kalau begitu, mengapa bingung, engkau dan orang-orangmu membutuhkan air namun tidak menemukannya, sedangkan pasir selalu ada di sana. Gunakan saja pasir.’”

    Seperti biasa, “jibril”-nya Muhammad turunkan ayat dengan segera20 yang mengijinkan penggunaan pasir (dalam bahasa Arab disebut, Al-Tayammum) sebagai persiapan untuk bersembahyang, sebagai pengganti air.21 Bagaimana pasir bisa membersihkan orang-orang yang akan bersembahyang, bukankah malahan akan menambah kotor? Bagaimana ucapan manusia (Aisyah sehabis sanggama) bisa bernilai wahyu dalam Qur’an?

    lalau sekarang bila muslim habis sanggam--a-- trus cuci pakai +pasir+ giman gitu..bertobatlah..

    ReplyDelete
  67. APA YANG DI CONTEK MUHAMMAD DARI JUDAISM ?
    Diterjemahkan dari: A Summary of The Origins of The Koran: Classic Essays on Islam's Holy Book, dengan beberapa tambahan dan kutipan ayat Quran yang urutannya sudah disesuikan.

    Konsep-konsep yang diambil dari Judaism:
    Tabut – perahu,
    Taurat – hukum
    Jannatu’Adn – Taman Eden.
    Jahannam – Gehinom = neraka.
    Ahbar –guru,
    Darasa- mempelajari Kitab Suci,
    Furqan- pembebasan, penebusan (QS 3:3, 21:48, 8:42, 2:181, juga di salah artikan sebagai wahyu)
    Sabt-Sabbath
    Malakut –pemerintah,
    Sakinat –Shekinah (kehadiran Tuhan)
    Taghut –error,
    Masanil – pengulangan,
    Rabani –guru
    Ma'un –perlindungan
    Shalom – salam = damai sejahtera

    Lima belas kata asal bahasa Ibrani itu yg digunakan dalam Quran menunjukkan bahwa ide-ide tentang petunjuk ilahi, wahyu, dan penghakiman sesudah mati seluruhnya dicontek dari Judaism oleh Islam. Jika tidak, kenapa tidak menggunakan kata bahasa arab sendiri?

    ReplyDelete
  68. Dlm teks religius dari jaman Sufyani (661-684 AD) ada sebuah kepercayaan monotheistic TETAPI TIDAK ADA RUJUKAN KPD MUHAMAD! Namanya hanya muncul setelah 690 AD. Tulisan Muhammad Rasulullah tampil pertama kali dlm uang keping Arab-Sassania dari th 690 AD, di Damascus. Lebih penting lagi, ketiga unsur kepercayaan kpd Tauhid, Muhamad Rasulullah dan rasul Allah wa-’abduhu (sifat kemanusiaan Yesus) ditemukan dlm tulisan ‘Abd al-Malik dlm the Dome of the Rock, tertgl 691 AD. Sebelum masa itu, prinsip-prinsip kepercayaan Muslim tidak dapat dipastikan.
    Jadi selama 60 tahun penuh setelah kematian Muhamad, kalimat syahadat Arab TIDAK MENCAKUP MUHAMAD. Tetapi sebuah prinsip kepercayaan monotheis yg mengembangkan konsep Judaeo-Kristen dlm gaya literature khusus. Saat syahadat dgn nama Muhammad diberlakukan selama periode Marwanid (setelah 684 AD) tiba-tiba bentuk deklarasi itulah yg tampil sbg satu-satunya bentuk dlm dokumen-dokumen formal. Jadi peningkatan status Muhammad sbg nabi universal hanya terjadi pada akhir abad ke 7, lama setelah kematiannya!

    ReplyDelete
  69. Dlm teks religius dari jaman Sufyani (661-684 AD) ada sebuah kepercayaan monotheistic TETAPI TIDAK ADA RUJUKAN KPD MUHAMAD! Namanya hanya muncul setelah 690 AD. Tulisan Muhammad Rasulullah tampil pertama kali dlm uang keping Arab-Sassania dari th 690 AD, di Damascus. Lebih penting lagi, ketiga unsur kepercayaan kpd Tauhid, Muhamad Rasulullah dan rasul Allah wa-’abduhu (sifat kemanusiaan Yesus) ditemukan dlm tulisan ‘Abd al-Malik dlm the Dome of the Rock, tertgl 691 AD. Sebelum masa itu, prinsip-prinsip kepercayaan Muslim tidak dapat dipastikan.
    Jadi selama 60 tahun penuh setelah kematian Muhamad, kalimat syahadat Arab TIDAK MENCAKUP MUHAMAD. Tetapi sebuah prinsip kepercayaan monotheis yg mengembangkan konsep Judaeo-Kristen dlm gaya literature khusus. Saat syahadat dgn nama Muhammad diberlakukan selama periode Marwanid (setelah 684 AD) tiba-tiba bentuk deklarasi itulah yg tampil sbg satu-satunya bentuk dlm dokumen-dokumen formal. Jadi peningkatan status Muhammad sbg nabi universal hanya terjadi pada akhir abad ke 7, lama setelah kematiannya!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...