Cara Membaca Al Qur’an Yang Dilarang

SHARE:

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah menganugerahkan kita ummat Islam sebuah pusaka, Al Qur'an. Shalawat serta salam senantiasa kita haturkan pada Kanjeng Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alahi Wa Sallama.

Syekh Muhammadl Makkiy Nashr telah memerinci beberapa bacaan atau tingkah lakusaat membaca yang dianggap menyimpang dan tidak sesuai dengan tujuan membaca Al-Qur'an, antara lain:


1.  At Tarqish  ( اَلتَرْقِيْصُ )
Yaitu: Qori' sengaja berhenti pada huruf mati namun kemudian dihentikannya secara tiba-tiba, seakan-akan ia sedang melompat atau berjalan cepat (meliuk-liuk seperti penari)

2.  At Tahzin   ( اَلتَّحْزِيْنُ )
Yaitu: Qori'membaca dengan mimik atau gaya yang dibuat sedih atau hampir menangis yang bertujuan semata-mata sebagai daya tarik bagi pendengar.

3.  At Tar’id  ( اَلتَّرْعِيْدُ )
Yaitu: Qori' mengalunkan suara yang terlalu bergetar sehingga suara orang yang kedinginan atau kesakitan.

4.  At Tathrib   ( اَلتَّطْرِيْبُ )
Yaitu: Qori' mendendangkan dan melagukan Al-Qur'an sehingga membaca panjang (mad) bukan pada tempatnya atau menambahnya bila kebetulan pada tempatnya (menyanyi).

5.  At Tarji’   ( اَلتَّرْجِيْعُ )
Yaitu: Qari' membaca dengan nada rendah kemudian tinggi dengan nada rendah lagi dan tinggi lagi dalam satu mad.

6.  At Tahrif   ( اَلتَّحْرِيْفُ )
Yaitu: Qori' membaca bersamaan beberapa orang (koor) suatu ayat yang panjang dengan bergantian berhenti untuk bernafas, sehingga jadilah ayat yang panjang itu bacaan yang tak terputus-putus.

Selain dari keenam cara (model) membaca Al-Qur'an diatas, masih ada beberapa cara (model) yang lain yang dilarang, antara lain:

a)     Qori' membaca dengan tempo yang amat lambat hingga huruf keluar  menjadi tidak jelas dan terseret seperti orang yang malas berjalan.
b)     Qori, membaca dengan sentakan-sentakan atau kejutan pada tempat- tempat tertentu dan biasanya hanya untuk menarik perhati'an pendengar.
c)     Qori' membaca dengan memutus-mutuskan suara pada tempat tertentu seperti saktah dengan tujuan untuk memberi penekanan pada tempat tersebut.
d)     Qori' membaca dengan tempo yang amat cepat terutama pengucapan huruf pertama bacaan (Ibtida') hingga tidak terdengar dengan jelas.
e)    Qori' membaca dengan terlalu ringan atau lemah pengucapan sifat qalqalah hingga  membentuk bunyi harakat baru.
f)    Qori' membaca dengan menebalkan huruf yang seharusnya tipis atau sebaliknya.
g)    Qori' membaca dengan melebihkan ukuran Mad Ashliy hingga melewati tiga harokat atau terlalu pendek hingga kurang dari dua harokat.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya bahasan mengenai cara membaca yang dilarang itu, pembaca dapat membaca kitab Nihayatul Qoulil Mufid dan Haqqul Tilawah.

Semoga bermanfa'at.

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Cara Membaca Al Qur’an Yang Dilarang
Cara Membaca Al Qur’an Yang Dilarang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6ctB4Jhjjqcbrzx8qu2lGM75iregIo0gOTJsNEi0APCWT2fvRJvfyjRI88WiZjSX2pUBAnJJXAPwT0z04oLhoH8TD3EHm2ZXO6_3SL63NNd_TTJ665kfsumpRUjHZc9wHGSm2JpkY71M/s320/Qori%2527-bocah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6ctB4Jhjjqcbrzx8qu2lGM75iregIo0gOTJsNEi0APCWT2fvRJvfyjRI88WiZjSX2pUBAnJJXAPwT0z04oLhoH8TD3EHm2ZXO6_3SL63NNd_TTJ665kfsumpRUjHZc9wHGSm2JpkY71M/s72-c/Qori%2527-bocah.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/08/cara-membaca-al-quran-yang-dilarang.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/08/cara-membaca-al-quran-yang-dilarang.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy