PR SMP : Ironis, Tragis, Romantis

SHARE:

Bismillahirrohmaanirrohiim. 

daripada ga ada gambarnya,ini aja ya
Keknya ada perubahan dee dengan postingan sy akhir2 ini. Blog yang tadinya kubangun untuk konten Misteri-Agama-Sejarah-Filsafat kini berganti style curhat-curhatan gene,,, hhh ini sih gara-gara U2(Una-Ucrit)holic. Tapi ga papa siee,,, saya pikir apapun itu selama berguna akan saya posting juga, koq. Loh,,, emang apa manfaatnya crita-critaan masa sekolah ? ya jelas nyambung silaturrahmi sesama blogger lah. 

Langsung aja, banyakan basa basi malah bikin lelah pembaca. 5 Hal paling berkesan saat SMP. Okey,,, SMP-ku di SMP Negeri 29 Semarang, bukan sekolah favorit sih,,,yang penting saya-nya yang favorit di sekolah kaaannn... ***yiee ngehibur diri. 





PERTAMA : Disambut dengan "krismon" 
Tumbangnya Orde Baru berdampak krismon "krisis moneter" pada perekonomian Negara waktu itu. Yeahh,,,tahun pertamaku disambut dengan krismon. Harga2 pada menggila,,, uang Rp 100,- yang tadinya bisa untuk foto-copy 4 lembar, saat itu cuman untuk 1 lembar. Pulpen "pilot" ***eh nyebut merk boleh gak ?* yang tadinya Rp 350,- menjadi Rp 1200,-. Naik bis yang tadinya Rp 100,- menjadi Rp 300,-. Mendoan, bakwan, tahu susur, dan macem2 gorengan lain yang tadinya Rp 50,- menjadi Rp 200,-. Prihatin bangeth tauuk. 

KEDUA : Naik bis ga pernah jarang bayar 
Taun pertama masuk SMP, begitupun saya masuk Pesantren tercinta. Jaraknya gak ada satu kilo siee.... Jadi tiap naik bis eee,,, belum sempet bayar ke kondektur sudah turun duluan (ayem sori Pak kondektur, kalo anda di pintu depan saya naik dan bergelantungan di pintu belakang, jika anda berdiri di pintu belakang ya saya naiknya lewat pintu yang depan,,,getoh critanya). Tapi suerrr saya berniat bayar koq. Cuman,,, Bapak aja yang belum sempet nyamperin saya, saya dah turun duluan. Daah... 

KETIGA : Tiap malam mencekam 
Ini masih di tahun pertama, saat itu masih santer2nya isu "Operasi Naga Hijau" dimana para Kiai menjadi TO (target operasi). Para Kiai yang difitnah sebagai "dukun" menjadi incaran para "ninja". Mengingat ini sungguh menakutkan, masalah politik yang selalu mencari2 pengalih perhatian sebagai kambing hitam. Tentu saja saat itu udah ga konsen belajar, santri2 yang masih SD-SMP dikarantina di lantai 3, sementara yang udah usia SMU keatas diperintahkan untuk berjaga. Jangankan malam, siangpun terasa mencekam. Jangan sangka yang berjuluk "ninja" itu pakaiannya kayak ninja gitu, kawan. Tidak,,, mereka berpakaian gelandangan, mereka hanya kurir yang memberikan sign pada sang eksekutor. Ini bukan isapan jempol, kami benar2 menemukan "cat merah" bertanda panah yang mengarah di kediaman "guru" kami. 

Penjagaan di Pesantren kian diperketat, namun kami melakukan aktifitas sebagaimana biasa. Santri2 alumni, yang udah jadi polisi maupun tentara tentu saja sowan di kediaman "guru" kami ikut berjaga, ditambah jama'ah pengajian dari warga ASPOL dekat pesantren ikut andil pula. Keadaan ini berjalan hingga hampir sebulan, tiap malam santri yang besar selalu berjaga di pos masing2, bahkan kami yang di karantina di lantai 3 ikut dipersenjatai dengan batu dan pasir untuk sekedar berjaga. 

Alhamdulillah, seorang alumni santri yang jadi Reserse memberi khabar bahwa biasanya "ninja" itu menyamar jadi gelandangan, ketika mereka kepergok, mereka langsung berpura2 gila. Dan benar,,, suatu malam masak ada 3 gelandangan sekaligus yang jaraknya tidak berjauhan (mungkin sekitar 100 meteran), yang dua ketangkep namun yang satu berhasil kabur. Dialek mereka pake bahasa sunda, aneh bukan masa di Semarang ada gelandangan dari Jawa Barat sana, mulanya mereka berdua emang pura2 gila, pura2 hilang ingatan, di lidah mereka ada semacam tatto (rajah mungkin), apalagi di baju mereka banyak sekali jimat2. Cukup lama juga proses interogasinya, dari jam 10.00 WIB malam hingga jam 03.00 WIB pagi, dari yang semula berpakaian lengkap hingga ditelanjangin bajunya karena banyak jimat. Hingga akhirnya salah satu dari mereka bilang kepada "guru" kami,,, "Maaf,,, dan terima kasih". Itu saja,, yaa itu saja yang diketahui oleh para senior karena Abah yang menginterogasi terakhir, sedangkan saya hanya menonton dari kejauhan. Pagi itu pula mobil patroli polisi menjemput dua "ninja" itu. Kami para santri tentu saja gemess,,, bagh-bugh-bagh-bugh...!!! pukulan2 menghujam keduanya di atas mobil itu juga. Ahh,,, panjang banget kalo diceritakan sampe se detil-detilnya. Biarlah itu jadi kenangan kelam, mencekam namun syarat dengan pembelajaran. 

KEEMPAT : Kaos singlet bolak-balik
Di tahun kedua ada peraturan, siswa putra harus pake kaos daleman, singlet, tiap hari. Begitupun yang putri, harus pake kaos daleman juga selain bra. Tentu saja sy panik, lah wong kaosnya cuman satu, hingga ketahuanlah oleh wali kelasku di suatu hari yg ga pake singlet itu. Hhhh !, Bu Guru pake ngomong lagi, "Kalo kaosnya cuman satu, ya pulang sekolah dicuci tiap hari tho untuk dipake besoknya lagi !". Ya udah kulaksanakan aja sarannya, tapi biar ga cape nyuci tiap hari, sehari kupake normal sehari berikutnya tak pake kebalik, biar ga cape nyucinya,,, dunk.

KELIMA : Ambil beasiswa bareng KPTSD
Hahaayy,,, ikut2an Mbak Shine ah yang nyebut kekasihnya dengan YTBDN (yang tak boleh disebut namanya) ***suit..suitt...prikitiew... Yah, ditahun kedua dan ketiga saya dapet beasiswa warisan Pak Harto "Beasiswa Supersemar", walaupun beliau udah lengser tapi program itu tetep jalan koq. Yang mengasyikkan yah itu, ambilnya bareng KPTSD (kau pasti tahulah siapa dia) di kantor pos terdekat. Naik bis bareng, jalan bareng, antri bareng. Tapi sayang, dia nganggep aku sebagai adik **hhh ! coz saya di kelas yang paling bogel sih. Pernah juga dapet beasiswa dari BAZIS (badan amalan zakat dan shodaqoh),,, eeh KPTSD dapet juga, jodoh gak sih sebenernya. Tapiii.... lupakan ! KPTSD anak yatim, ayahnya veteran. Kalo saya mungkin faqir miskin, jadilah kami selalu dapet jatah beasiswa. Tapi kami tetep berprestasi loh. 

Ditahun ketiga kami masuk kelas unggulan, itu tuh kelas yang ditempatin hanya untuk siswa ranking 1-5 dari tujuh kelas. Menyebalkan ! saya yang tadinya rangking satu-dua kini menjadi enam-tujuh. Di tahun ini tahun yang paling panjang jam pelajarannya, ada jam tambahan sih soalnya. Saat istirahat jam tambahan inilah kisah cinta monyet ini terjadi,,,t.a.r.a.aa... begini ceritanya. Saya menaruh kepala di meja sambil tangan dijulurkan ke depan, tidur setengah badan getu,,, eh KPTSD nyamperin, dianya habis motongin kukunya ndiri, liat kuku tanganku langsung aja nawarin jasa, "kukumu kok yo dowo-dowo seh, tak ketok'ane yo...anteng-o wae ra sah kakehan obah" (transletnya tanyah Una)***ctik..ctik..ctik Huhhh,,,,rasanya... kayak banyak bunga2 berterbangan secara slow motion disekitar saya....***bayangin adegan si Ikal liat kukunya Aling di "laskar pelangi"....Hi,hi,hi,,,,. Tapiii.... lupakan !!! 

Okey,,, sekian dulu. Ambil baiknya, buang buruknya... ***perasaan ga ada yang baek dey...
Saya terusin ke siapa, yah...? ***mikir.... 

Mohon dikerjain Pe-Er SMPnya, kawan... plisss !!!
Kang Usup Supriyadi
Kang Asop
...
...
...

COMMENTS

BLOGGER: 11
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: PR SMP : Ironis, Tragis, Romantis
PR SMP : Ironis, Tragis, Romantis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm4FQFkDmKOibTbbD-BimqgbF6CBppO4BsVdo2tXdQB0GXGNf1AY9WSz2bE8n5l4N1ORia1cHMuAzbC58OVQrkPIrqaAwlZE7uiQP6LmPbtaGqEXsE_Ttd2DqrgGWTYvYG2bnZuK66pD0/s320/santri+ngaji.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm4FQFkDmKOibTbbD-BimqgbF6CBppO4BsVdo2tXdQB0GXGNf1AY9WSz2bE8n5l4N1ORia1cHMuAzbC58OVQrkPIrqaAwlZE7uiQP6LmPbtaGqEXsE_Ttd2DqrgGWTYvYG2bnZuK66pD0/s72-c/santri+ngaji.jpg
Debu Semesta | Just For You
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/11/pr-smp-ironis-tragis-romantis.html
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/
https://debu-semesta.blogspot.com/2011/11/pr-smp-ironis-tragis-romantis.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy