Saturday, 28 July 2012

Segelas Kopi Persahabatan

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Perasaan pas kerja tadi tuh waktu berjalan lamaaa banget, hufth panas lagih.  Abis pulang, giliran onlen gini waktu koq jadi cepet ya? ^.^a... Baru aja buka dashboard, buka koment masuk, buka statistik blog, eee lah koq udah jalan 40 menitan. Kalo ga ngapa- ngapain jadi mubadzir nih waktu dan biaya ngenetnya :( Ditengah kegalauan inilah ada Mbak mbak cantik dengan senyuman manisnya nyodorin segelas kopi. "Eh Mbak! lupa ya kalo hari ini masih bulan Romadhon. Saya puasa Mbak... puasaaaa!!! Inniy sho'imun!" Tapi keknya si Mbak mbak tadi gak menggubris deh, cuek banget dengan teriakan yang kupendam dalam hati barusan.


Dengan senyum manis semanis brownies yang ditaburi kacang mete, si Mbak tadi malah ngajak ngobrol, "Manusia ibarat gelas kosong. Dituang kopi isinya menghitam, dituang air putih menjadi beninglah ia. Tetapi segelap apapun gelas kopi itu, ia akan kembali bening jika terus menerus dituang air putih, begitupun sebaliknya.... Hmm.. setujukah? Kemukakan pendapatmu dalam sebuah postingan yaa..."

Enggaaak setujuuuu...!!! 
Buat sebuah postingan? wani piro!!!
Haha... Okey okey... kita skip ajah kejadian fiktif di atas. Ini cuman postingan yang mau diikutkan giveaway-nya Mbak yang tadi nyodorin segelas kopi koq. Kenal kan? namanya Mbak Nurul Fadhilah, Mbak Nufa ini suka banget bikin fiksi, buku karyanya udah banyak loh. Tadinya saya mau ikut kategori yang pertama yaitu bikin fabel, tapi takut ah ama shohibul kontes, takut dikritik abis abisan soal EYD saya yang payah :( Jadinya ya ikut kategori 2 aja deh... kategori analogi segelas kopi sebagaimana di atas. Lah terus kenapa saya gak setuju? ehm ehm... langsung deh saya kasih alasannya.

Satu : Pemubadziran
Tentu kita semua tahu lah ya, maksud dari analogi tersebut. Dimana kopi sebagai simbol karakter yang jahat dan air putih simbol karakter yang baik. Begitu kan? Hanya saja saya gak suka metodenya. Berapa banyak liter air putih yang harus dituangkan agar kopi dalam gelas tadi benar2 tumpah semua dan tergantikan dengan air putih. Segelas kopi yang mungkin bermanfa'at menghangatkan tubuh malah ditumpahkan sia sia?. Kalo menurut saya sih mending pake metode biasa ajah, kopi diminum, gelas dicuci, lalu isi deh dengan air putih.

Dua : Ngajarin jorok.
Yaaa... bisa dibayangkan, metode di atas selain pemubadziran, hasilnya berpotensi jadi acak acakan. Kalo dilakukan di lantai, lantainya jadi kotor, kalo dimeja? mejanya juga kotor. Banyak sekali tumpahan kopi atau air putih tadi. Hiiii... jorok.

Tiga : Diskriminatif.
Kopi simbol keburukan? kenapa? karena hitam?... Air putih simbol kebaikan? karena apa? bening?. Padahal air aki juga bening, alkohol juga bening.

Hihihi.... saya juga bingung sih dengan analogi tersebut, sekilas keknya bagus sih... tapi... auk ah. Lah terus analogi yang bagus gimana Ris?.... yieee, meneketehe. Yang penting kopi persahabatan ini jangan diminum sebelum adzan maghrib berkumandang ya!  :D

Postingan ini diikut sertakan dalam
Giveaway Persahabatan NF

Persahabatan tuh kayak secangkir kopi, ada rasa pahitnya, 
ada rasa manisnya, terkadang juga ada rasa asinnya. 
Tapi beneran deh, mampu menghangatkan koq.
So, jangan langsung dituangin air putih ya. Nikmatin aja :D


Semoga bermanfa'at.

29 comments :

  1. semoga menjadi pemenang dalam GAnya mbak NF.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Kang Affan Ibnu, kan?
      hehe... Makasiiih. ;)

      Delete
  2. ooo jadi ga setuju ya sama analogiku, hmm bagooss etapi ga jadi marah deng, abis sebelumnya udah di puji ya, apa apa? cantik? maksudnya saya gitu?? *ngenyir*

    tapi karena ini negara demokratis jadi.. saya terima pendapatnya, dan lagi saya juga penikmat kopi koq hehe..

    Quote nya ok, kapan2 dipinjem yak :)

    okaayy di cateettt, makasih yaa ris

    'xoxo'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh... cantik... dulu kan pict.profilnya lagi di dalem mobil ntu, kan? saya sempet tahu loh :D... jangan dianggap lagi ngerayu juri loh ini.. wuehehehe... :D

      quote-nya Ok? Asyeeeek, sadaaaf. Tadinya mau ikut fabel juga, sekalian latihan EYD ama Mbak Nufa. Ternyata cuman dibolehin satu thok ya? Haha... alasan. padahal lagi gak punya ide blasss...

      Makasih udah dicatat, Mbak. ;)

      Delete
  3. sruput kopine kang sambil jawil mbake hehehe

    sukses deh GA-nya... menang..menang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senenge njawil njawil... tak kandake Marpu'ngah, loh :p

      Amin... yesss, harus menang.
      Makasih, Kang. :D

      Delete
  4. Kalo udah nampak olehmu benang putih di antara benang hitam maka berpuasalah, karna udah imsak!

    Kalo udah nampak olehmu air putih dan air hitam di atas meja, maka tunggulah karna waktu berbuka masih lama!

    Kayaknya smpeyan menang, kah! Udah tak prediksi pake tafsir mimpi dan wangsitnya aseng!

    Met puasa, kang! Mbok ya jgn posting makanan dan minuman! Bikin mbrebes mili ajah! ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah habis buka puasa, Kang... wisss gak usah mbrebes mili yow. Jangan ngiler loh liat gambar kopi itu :p

      Aseng? emang togel :(
      Do'akan menang dooong, kan lumayan nambah2 te-ha-er entar :D

      Haha... tak posting gambar2 makanan yang bikin ngeces sekalian, kuwapoook... :D Matur suwun, Kang.

      Delete
    2. Ojo ojo tenan, kang! Imanku bengek bin asma! Gak kuat kalo liat hal2 menggiurkan... Huhuhu

      Delete
  5. kalau hanya analogi saja tidak apa-pak nak, semua kopi baik kecuali satu yang tidak baik yaitu kopi paste
    hapy bloging -(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... iya yah... kopi paste emang gak baik, plagiator tuh. Kecuali kalo udah ijin sekedar dijadiin referensi ato inspirasi ya, Pak. Makasih... apresiasinya :D

      Delete
  6. Meski jalannya ajeg, tapi yang namanya waktu terkesan berubah2.
    Kadang terasa lambta, tapi kadang cepet berlalu.
    Semoga kita tergolong yang pandai memanfaatkan waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... koq jadi mbahas yang pemubadziran waktu itu sih, Pak Mars... jadi malyuu akyuu. Soalnya sy juga masih sering tidur2an dan nonton tipi doang nih.. hiks.

      Iya... semoga kita tergolong yg pandai me-manage waktu. Amin. Makasih, Pak Mars. :D

      Delete
  7. Kelihatannya analogi yang saling berseberangan antara mas dan mbak Nufa yaa ..
    cuman kenapa ada analogi seperti "mengajari kejorokan" yaa .. padahal itu kan cuma istilah.. *ini-jadi-saya-yang-bingung* hehehehe :D

    Follow sukses. Foback yah ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ikutan bingung, saya juga binun :D
      Okey... udah difoolback koq. Makasih ya :D

      Delete
  8. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. air aki dan alkohol pun bening ya? kopi yang hitam malah menyegarkan. artinya jangan liat sesuatu dari permukaannya saja kan. tepat banget.

      Delete
    2. Hehe... Pak Zach. Maaf, kemarin salah manggil "mbak" :(
      Iya tuh... alkohol juga ening ya? ^^a

      Delete
  9. satu lagi mas,, ntar orang disebelah mas marah karena kopinya dibuang2.. hahhaaa, kiding :D salam kenal ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh.... bisa bisa melotot dan misuh2 ya.
      Salam kenal juga, kawan. ;)

      Delete
  10. hhhmm... jdi analisax gitu to???
    sebenarnya sih klo menrut saya sobs, mksud "buruk/jahat" disni buka karena airnya itam ato bening tpi keras.. hanya saja yaa memang dimana-mana warna hitam itu uda lekat sama image "buruk/jahat" walopun tdk semua... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus... terussss? Lanjutin dooong.... :)

      Delete
  11. semoga menang mas bro..
    enaknya ikutann nggak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih..., Boy
      Ikutan? Huuu... telat :p

      Delete
    2. aq emang telat mulu dari dulu.
      payah nie.
      kapan bisa menang kalo nggak penah ikut..

      Delete
    3. makanya... gaoool men, gaoool. haha :D

      Delete
    4. gahol om.

      pake "H"

      kalau nggak pake nggak gahul namanya

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...