Selasa, 21 Februari 2012

About Me : Pentingkah ?

Bismillahirohmaanirrohiim, Alhamdulillah, wassholatu wassalamu 'ala Rosulillah sholallahu 'alaihi wasallam.

Penting nggak sih "about me" ketika kita berkunjung ke sebuah blog pribadi? Ketika menemukan sebuah site, merasa penting nggak mencari2 "tentang kami"?  Kalo menurut saya sih enggak penting *plethak~*** (pada nimpuk pake sandal, kaleee). Jujur, jika saya berkunjung ke sebuah blog atau site, bukan about me atau tentang kami tujuan utama saya, karena about me atau tentang kami bisa saja direkayasa. *su'udzon maneeeh~~***

Entahlah... bagi saya postingan, artikel, komentar, dan cara berinteraksinya lebih jujur dalam menggambarkan "about me" ketimbang about me yang dipajang di blog/ sitenya itu, siapapun itu saya akan belajar hal2 baiknya saja. Tiada manusia yang sempurna.

Tetap Bersyukur

Jika kita merasa wajah kita pas2an maka sah saja jika tidak menampilkan pohto pribadi, namun percayalah masih banyak koq orang yang tidak picik dalam menilai penampilan doang. Jika kita merasa bukan siapa2, tidak punya harta apa2,  tidak punya keahlian apa2 yang patut dibanggakan, percayalah bahwa Allah Ta'ala memberi kelebihan pada kita yang kita sendiri masih belum menyadari. Disinilah letak kejujuran kita dipertaruhkan, disinilah letak rasa syukur kita atas apapun yang kita terima dari-Nya patut dibangkitkan.

Firman Allah Ta'ala, kurang lebih artinya :
QS Ibrohiim, 14:7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." 


Penilaian Subyektif

Kembali ke leptop *emang punya?*** Yeaah, menurut saya sih... jika kita memandang seseorang dari about me, maka bersiaplah terjebak pada subyektifitas. Mungkin dari kita akan langsung mlengos (membuang muka) jika kedapatan bahwa sebuah blog hanya milik anak ingusan. Lain halnya jika setelah kita ngintip about me dan postingan2 pohto kesehariannya dan kita dapati pemilik blog adalah kerabat seorang jenderal, orang2 kaya dan terpandang, yang titelnya sampe ngabisin space KTP, atau mungkin seorang pemuka agama, habib, syeikh, kiai, ustadz, mungkin kita akan sungkan memberi kritikan, kita takut mengingatkan. Lalu... kita menghormati, menghargai seseorang tuh karena apa?

Undzur Ma Qoola, Wa La Tandzur Man Qoola
(Perhatikan apa yang dibicarakan, jangan perhatikan siapa yang bicara)

Ingat, kalimat diatas hanya bagian dari Mahfudhot (niceword/ kata2 mutiara) dari Sayyidina 'Ali karomallahu wajha. Kita harus bisa membedakan mana hadits, mana atsar, atau sekedar kata2 mutiara Arab saja. Jangan terkecoh kawan, sebagaimana kalimat "Man Jadda Wajada" itu juga bukan atsar, bukan hadits, apalagi bagian dari Al Qur'an.


Makna Kredibilitas

Loh, bukankan dalam 'ilmu mustholahul hadits, kredibilitas seseorang itu sangat menjadi bahan pertimbangan untuk menilai derajad hadits? Jika demikian wajar dong kita mempertimbangkan siapa berbicara apa? Masak kita mo ngedengerin tukang becak bicara politik, masak iya kita percaya bakul jamu ngomongin feminisme?

Hhhh,,, gini ya bro! Dalam Islam, status sosial, status agama, maupun status pesbuk sekalipun tidak menjadi bahan penilaian "kredibilitas" seseorang. Para 'Ulama terdahulu sangat bijak dalam merumuskan hal itu, kredibilitas seseorang ditentukan dari kejujuran, yah kejujuran. Itulah yang dinilai dalam menjamin akurasi dan informasi yang ia sampaikan. Bukankah Baginda Rosulullah SAW mendapat gelar Al-Amin (yang dapat dipercaya) bahkan oleh musuh2nya sekalipun. Sekali lagi k~e~j~u~j~u~r~a~n.

Wooiiii,,, trusss mana "about me" mu Ris ? mana ? mannaa~ ? 
Embuhlah... gak tahu saya... apakah jika saya anak seorang pejabat, orang kaya, bangsawan, anak kiai anda mulai mendengarkan. Namun jika saya anak pelacur, anak pencuri miskin, anda mulai mengabaikan?

Yang pasti, Al Qur'an mengajarkan kita untuk jujur dan konsisten. Konsisten dalam berucap dan bertindak, bagaimana kita menyampaikan tidak sekedar mauidhoh hasanah (perkataan yang baik), namun juga mampu menjadi uswatun hasanah (suri tauladan yang baik)

QS Ash Shof, 61:2-3. Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kalian mengatakan apa yang tidak kalian lakukan? Besar sekali kebencian di sisi Allah kalau kalian mengatakan apa-apa yang tidak kalian kerjakan.

Maha Benar Engkau Ya Allah, atas segala firman2-Mu.
Semoga bermanfa'at.

59 komentar :

  1. Ganti about You aja sob :D
    Nice post sobat, dan saya sangat setuju dengan pandangan sobat dalam menilai seseorang :)

    Eh... pertamaxx ya sob (tengok kiri kanan)... nek ora yo ben lah...

    BalasHapus
  2. hihihihi about me khan bukan untuk sombong2an. Ga ada salahnya khan biar lebih mengenal sosok penulis kita.

    apa salahnya kalo saling mengenal trus jadi silaturahim.
    mungkin memang ada beberapa orang yang tidak membutuhkan about me, tapi tetep aja ada beberapa yang butuh itu. Kalo cuma blog mungkin ga butuh itu, tapi kalo buku? itu khan bisa value added.

    about me bisa juga mengedukasi masyarakat tho

    maaf kalo tidak berkenan

    BalasHapus
  3. Wah, aku malah kalau lagi BW, yang pertama aku cari About Me-nya. Lumayan penting kok, seenggaknya buat pengantar. Kalau orangnya menyertakan keterangan bahwa dia masih anak sekolah, misalnya, kita kan jadi bisa maklum kalau isi postingannya kebanyakan galau. About Me nggak usah terlalu banyak, yang penting cukup :)

    BalasHapus
  4. @ Anak Rantau : Haha,,, Mas Sob. Ho'oh, yang merasa bukan siapa2 tentu akan setuju "Gak Pentiiiing !". Emang gak penting, tapi perlu ;)

    @ Nia Angga : Sangat berkenan, itulah mengapa saya masukkan label "mujadalah (diskusi)".

    Ho'oh Mbak. Tapi postingan, artikel dan komentar lebih jujur menggambarkan "about me" seseorang. Jika ada tukang becak bikin puisi, bakul jamu bikin flash-storie saya akan tetap membacanya koq.

    @ Della : Hehe,,, kalo saya suka membaca komentar2 pemilik blognyah, Mbak... "About Me" saya baca setelah kunjungan ke-sekian.

    BalasHapus
  5. saya kalau di blog saya malah "about me" nya sederhana banget..
    yang penting PD aja, hehe :D

    BalasHapus
  6. Bagiku about me hanyalah sebuah attribute semata. Dipasang atau nggak, nggak masalah bagiku. Yang terpenting adalah kualitas tulisannya dan banyaknya ilmu yang dia share ke public. Percayalah, dari banyaknya ilmu, banyak yang berkunjung dan belajar dari sana.

    BalasHapus
  7. jujur, saya juga kurang begitu suka untuk membikin soal about me. soalnya takut besar kepala, atau tepatnya dibesar-besarkan.

    BalasHapus
  8. Lagi-lagi suudzon...
    Emangnya Mas Haris kira kebanyakan suka ngebeda-bedain orang makanya kalau ada about-menya trus kalo ternyata buruk trus bakal mengabaikan? Suudzon! Lagi suka nih ngomong suudzon suudzon ahahaha~

    About me itu penting karena kan katanya tak kenal maka tak sayang. Tapi memang, lewat postingan/tulisannya, kita bisa lebih mengenal orang.

    Kalau aku mengunjungi blog, yang kubaca duluan about me. Nak ra ono yo wis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rodo setuju kulo kalian njenengan :p

      Hapus
    2. nJenengan ?
      njengkang.... :D

      Hapus
  9. punya saya pingin ada about me nya,cuman bingung mau tak kasih apa...
    mending tak kosongin saja about me nya...

    BalasHapus
  10. Sebagai perkenalan, perlu juga. Mau promosi sekalian juga sah2 aja (biasanya promosi suka dilebih2kan, hehe). Penilaiannya ya terserah pembaca ^^

    BalasHapus
  11. penting jg sebenarnya, misalnya untuk menjelaskan beberapa informasi penting tentang penulis blognya. Misalnya alamat rumah, no tlp, dan beberapa identitas lain yang memungkinpan pengunjung tau se cukupnya saja
    Tapi benar juga apa yg anda bilang, banyak blogger yg merekayasa tentang "about me"
    Padahal itu penting untuk pembaca

    BalasHapus
  12. @ SocahFahreza : Iya pede aja tampilkan apa yang ingin ditampilkan, jujur dan bersyukur... Kemana aja Cah Bagoes,,, ujian ? ;)

    @ HPYitno : Mantap... 'Ilmu & informasi yg dishare juga harus kredibel dan terpercaya ya Mas, gak boleh ngasal kan... :7

    @ UsupSupriyadi : Hehe,,, mending masih punya "sesuatu" yang bikin bangga dan besar kepala, Kang. Lah saya apa coba ? *biar dikira rendah hati nih saya*** ;)

    @ Una de La Ambrosia : Wis ben su'udzon... :p. (Dah banyak yang su'udzon kalo sy tukang su'udzon) :D... Eh koq akhir2 ini kamyu sensi gituh sih Na ? Lagi dapet ?. Bacanya yang runut dong Beib, BW nya jangan kayak nguber setoran :p... Gak penting lageee, tapi perlu :D

    @ ProfilGelben : Silahkan dijadikan inspirasi, kita semua saling menginspirasi koq. Namun teteplah ya AL Qur'an sebagai inspirasi utama.

    @ deHopus : dikasih about me Mas, syukuri aja apa yang kita terima hari ini. Hihi... padahal punya sy juga enggak ada... :D Tapi ada koq beberapa "about me" yg bertebaran di postingan saya.

    @ FahriSadah : Betul Mas, semua tergantung konteks sih sebenarnya. Kalo blog jasa/ bisnis masak iya enggak ada profilnya, dikira pembohong entar...

    @ Istighfarin : Aduh ada yg bilang sy ada benernya juga, tersipu akyu... Makasih Mas. Semoga Mas rizqinya lancar, berkah, dan akhirnya khusnul khotimah....

    BalasHapus
  13. Hooh, kukulku banyak. PMS kali ahahaha~
    Nguber setoran?
    Ga runut?
    Yo karepmu mas...

    "Yeaah, menurut saya sih... "

    Yaaa yo wis lah, lakum dinukum waliyadin~ pendapatmu pendapatmu pendapatku pendapatku. :p

    BalasHapus
  14. @ Una : Hiks... kamu suka gitu, selalu membuatku merasa bersalah... :( Menurutmu Beib. Apa yang membuatmu berkenan berkunjung ke gubug deritakyu ini, "about me" kah ?.... Aaah... Lupakan...

    Selamat ya Na, GAnya sukses :D

    Eh, katanya mo pinjemi The Alchemist ? mana mana~ ? Inget loh, orang bodoh tuh yang suka minjemi buku orang, lebih bodoh lagi yang mau mengembalikan... :D :D :D...

    BalasHapus
  15. follback ya
    baguss profilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah koq, dari kemaren. Thak's yah...

      Hapus
  16. Sengaja mas... hahahaha!
    Yang membuatku dateng ke blogmu apa ya... soalnyaaa... alismu kebelah mas.
    Oke, tak kirimnya barengan buat yang menang GA. Ben sisan le ning JNE.

    Aku gak ngerti kenapa balas-nya gak mau.
    Waktu itu punyaku juga diklik balas gak muncul muncul kolom di bawahnya, tapi beberapa waktu kemudian, iso. Lagi error kali, opo komputere njaluk diganti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeee...
      ga usah, ga usaaaah >,< ... cuman guyon, Na.
      Kalo kamu pinjemi, entar sy tanggungan mengembalikan dunk... Enggak perlu peyot, eh, repot. Makasih....

      Hapus
  17. Oh ya mas, kalau mau threaded comments tapi bukan settingan dari blogspotnya koyo nggonaku, ning kene mas tutorialnya: http://artistutorial.blogspot.com/2011/09/threaded-comments-for-blogger-comment.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooow, yo'i.. Makasih Na...
      Tapi, Alhamdulillah ada back-up an templateku yg lama. Sebelum pasang emoticon kemaren kan udah tak contreng tuh expand template widget nyah.... :D

      Hapus
  18. Penting dong.. kalau kita selalu berpatokan About Me itu cuma asal-asalan dan dibesar-besarkan saya pikir bagaimana juga dengan tulisannya.. sebab suatu blog tentu saja artikelnya yang menjadi sebuah kekuatan, bukan pada About Me-nya.

    Intinnya kita sebagai pembaca yang harus pinter memilah mana tulisan yang jujur dan mana yang lebay.. Caranya? ah saya rasa kita masing-masing puya intuisi kok, soale di tiap tulisan itu pasti ada sebuah aura.

    Santai wae kang..

    BalasHapus
  19. owh ya sampean percaya ora kalau saya tukang jaga warnet? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i... sante ayam po santeee kambiiing, Kang? ;)
      Ho'oh,,, intusih dan aura kasih... this point ;)

      Ga percoyooo blasss :D, Sy malah percayanya Kang Loz tuh juragan warnet, dangangan paypall, domain dsb.... :D

      Eh,,, Jangan2 Haris Samaranji, pemilik tunggal tahta kerajaan Debu Semesta ini hanyalah preman terminal yang main comot Al Qur'an digital ?.... :D

      Hapus
    2. hahahaha.. nanya aja Masbro atau Bli Arnaya yang kemarin dah kopdar dengan saya kang..

      ga percoyo,, sampean tak gebuki marine wkwkwk

      Hapus
    3. Weleh, ngapain juga repot tanya2 profilnya Kang Loz pada beliau2nyah, emangnya gueh cowoq apaaaaaan? :D :D

      Mendingan nyari profilnya Aura Kasih, Kang.... :p

      ***eits, tak tangkis... :P :P

      Hapus
  20. Balasan
    1. Hoaaa, Jiah ngenyek aku ketek (munyuk ngono yo ?)

      Iku salah ketek (ketik),
      apa sengaja nulis ketek (monyet)
      apa ketek (ketiak) ???

      #perasaan yang ceweq koq pada sensi sih... :(

      Hapus
  21. hahahaha kena telak XD
    aku gak punya about me khusus~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak May....
      Saya juga belum buat.... ;)

      Hapus
  22. 'About Me' saya kira-kira jujur ngga, Mas Samaranji? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar tak bacanya duluuu...
      Tingkat kejujurannya 85%
      Tapiiii...
      sayangnya....
      watu bilang gini....
      tingkat kejujuran saya cuman 9%
      Haha :D :D

      Hapus
  23. mas samaranji, bagi saya yang tak pasang about me karena satu dan lain hal,,,, yakni apa yang saya mau terangkan... hehehe


    kunjungan pertama
    salam kenal dan foll back juga ya.
    Revolusi Galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulis aja yang ingin ditulis Mas...
      Saya hanya mengajak utk menuliskannya scr Bersyukur dan Jujur, 2 poin itulah yg sy angkat dlm postingan ini koq.

      Makasih ya,,, secepatnya silaturrahmi ke sana, udah tak follback koq.

      Hapus
  24. Mas mas. Cek emailmu yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahai.. ada apa dengan Una???

      Hapus
    2. Ooooh, tuh anak maksa2 terus kang, minta nomor hapekyuu :D Jelas aja sy enggak mau, lah wong hape satu buat berdua ama bidadarikyuuu :P

      Hapus
    3. Najooongggggg...
      Gara gara gak ngasi tau nomer hapemu aku rugi 13500 tau gaaakk!

      Hapus
    4. Haha :D.... emang gueh pikirin :P
      Maap maap...

      Eh koq pake boso honocoroko walikan ? DAGADU artinya apa Na ? :D :D :D

      Mmmmphhh,,, Makasih ya Na...
      Pasti Mbak Prit juga kan, sy tahu koq, Mbak Prit jarang banget koment di tempatmu, sekali koment koq cuman bilang "Makasih, Una..." ;)

      Selamat ya menang ditempatnya di tempatnya Pakdhe, ituh pasti kado terindah utk Budhe...

      Hapus
  25. Ada baiknya dibuat, diisi dengan data yang benar, jika tidak berkenan memberikan data yang panjang, sekedar say hello pun cukup. Intinya isi dengan data yang sebenarnya dan disamarkan penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Om... masukkannya. Sangat bermanfaat bagi kami2 yang masih pemula. Keep posting yah Om (nggaya akyu,,,).

      Kemaren waktu om ngebahas HAM, wuiih sy enggak kepikiran sampe segitu, ternyata penegak HAM pun harus menghormati hak asazi manusia lainnya ya....

      Hapus
  26. Kalau menurut saya ...
    About me itu relatif penting ...
    walaupun tidak menampilkan Nama - Alamat - Foto atau Data-data detil lainnya
    Namun setidaknya ... selayaknya orang berkenalan ...
    kita perlu menyebutkan ...
    Nama sebutan/panggilan kita, sedikit mengenai pekerjaan kita/minat kita, atau paling tidak ... menyebutkan apakah kita ini lelaki atau perempuan ... (supaya ndak salah manggil ...)
    hehehe

    itu saja ...

    itu menurut pendapat saya ...

    Salam saya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Howaaaaa *kaget sy*
      Ada Om NH, Pak Guruuuu...
      Makasih Om telah menambahkan "lelaki apa perempuan?" Haha :D :D. Iya yah Om,,,, emang masih ada yang ga bersyukur kalo diciptakan sebagai pria eh malah menulis profil wanita dan sebaliknya.....

      Sy juga masih inget koq ulasan Om NH pada About Me nya kang Abi Sabila, sy juga inget 3 tipe penulis about me : (1) Tipe Nyablak (2) Tipe Menye2 (3) Tipe apa adanya tapi enggak minder itu, kaan ?

      Makasih yah Om, berkenan berkunjung dimari. Bener2 gak nyangka saya.

      Salam Superrr... ;)

      Hapus
  27. Mungkin ga penting2 bgt ya, tapi perlu he he :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh Teteh... :)
      Senengnya diriku hari ini kedatangan tamu2 istimewa, nyampe berkaca2 mata saya *ambil tisu*
      #Lebaydot_com

      Hapus
  28. saya juga baru mengisi about me setelah sekian lama :D
    alasannya ya macem2
    tapi sejatinya lebih ingin dikenali dari tulisan
    bukan karena saya cerita saya begini dan begitu
    TAPI
    sangat menghargai yang bersedia merinci segala tentang dia di about me.
    HANYA saja pengen dihargai juga klo saya tidak seterbuka mereka hehehehe

    jadi, about me penting tidak? Yo terserah ae :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wewww, Mbak Niq...
      Abis tak kritik malah ngritik postingankyu... Kurang pedesss :P

      Eh... iku kritik, saran, pa opini yaaaa *halagh* yang penting makasih atas kunjungannya. :D

      Hapus
  29. Kadang-kadang about me itu penting, biar pengunjung tau siapa yang dihadapi. Cewek kah, cowok kah, seumuran kah, dah sepuh kah.. Biar pengunjung nggak salah kaprah. Jangan sampai manggil Mbak sama Pakde Cholik, misalnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi,,, Pasti Valeska pernah salah ketik ya Mbak, mo nulis "Mbah" malah jadi "Mbak" kepada Pakdhe, kaaaan ? :p :p

      Makaasih ya, Mbah... eh Mbak :D... sudah kasih masukkan. Bener2 karyawan yang bisa ngatur waktu nih...
      Smoga "rumah putih"nya segera kembali dalam kekuasaan Sang Putri mantan tunangannya Keanu Reves ini... ;)

      Hapus
  30. Saleum,
    Buatku "about me" itu adalah bigrafi yang punya blog. Singkat dan padat, hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesingkat masukkannya ya Pakcik,,, eh Mascik *halah* panggilan Mas untuk daerah Aceh tuh apaan sih Bang ?

      Salam juga, Bang...
      Makasih...

      Hapus
  31. serangan balik, kang!
    sbenernya gk ada yg gk penting di dunia ini. gk penting buat ane, mungkin malah penting buat ente atau sbaliknya! satu kata yg ane ambil dari ente, "subyektif."
    biar nafsi2 yg menilainya! jd jgn ada pertanyaan, "pentingkah?" wa akhowatuh. karna Allah nyiptain sesuatu pasti ada manfaat dan mudhorot-nya. hehehe
    wassalaam

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo diserang balik,
      bolak balik juga gapapa koq :D

      ogah ah nafsi2 terusss, lah kapan jama'ahnya?, kalo merasa belum pantas jadi imam jadi makmum dulu ga papa ah, Kang. Itu saya loh... ;)

      Hapus
  32. sukses sellu gan..
    saya suka blog nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      suka blognya? makasih, bener Mas, kalo suka saya malah takut saya :D

      Hapus
  33. yah kalau menurut saya sih penting....

    penilaian orang terhadap orang lain itu menunjukkan siapa dirinya.. hadeh ribet gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... gak perlu dibikin ribet. selow aja... ini tentang kita, bukan saya bukan anda ;)

      Makasih, Mas... kunjungannya, pake follow segala, makasih ya... :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...